Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
October 26, 2021

5 Ide Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Kini para pelaku usaha berlomba-lomba untuk mencoba jualan online, salah satunya adalah makanan. Berikut ide bisnis makanan online untuk pemula.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Dunia bisnis makanan online saat ini banyak sekali diminati oleh masyarakat. Alasannya karena makanan-makanan online yang dijual, kebanyakan dalam bentuk frozen food atau cepat saji, sehingga orang-orang lebih tertarik. Jadi, dengan adanya makanan cepat saji bisa mempermudah mereka mengolah makanan untuk dikonsumsi sehari-hari. Apalagi kini dalam pemesanannya sudah semakin dipermudah melalui akun social media, franchise hingga platform b2b marketplace.

Ide Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Selain menjadi konsumen, peluang lainnya yang bisa kamu coba untuk dapatkan cuan! Tertarik mencoba memulai bisnis makanan online? Berikut beberapa ide bisnis makanan online untuk pemula yang bisa datangkan kamu cuan.

1. Frozen food 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kesibukan para pekerja saat ini sangat menuntut mereka untuk menyajikan makanan yang sehat tapi harus dengan proses pengolahan cepat. Dengan adanya kasus yang dialami oleh para pekerja tersebut, kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang usaha untuk memulai jualan frozen food yang sehat. Frozen food yang sehat dengan rasa yang lezat tentu akan memiliki pelanggan cukup banyak. Apalagi jika kamu menawarkan harga yang terjangkau sehingga bisa bersaing di pasaran. Sebagai contoh ide bisnis makanan beku frozen food sehat yang bisa kamu jual adalah nugget ayam sayur, bakso, homemade sosis, dan sebagainya.

Frozen Food
Frozen Food - Nugget. Gambar: Freepik/@KamranAydinov

Selain itu, kamu juga bisa membuat snack seperti donat kentang, bakpao mini, atau brulee bomb. Namun, ada beberapa perhatian khusus yang perlu kamu pahami jika ingin memulai jualan frozen food yaitu: 

  • Pastikan pengemasan frozen food yang kamu jual baik agar bisa tahan lama.
  • Pastikan keberadaan freezer atau kulkas berkualitas agar bisa menunjang bisnis ini. 
  • Terakhir, untuk pengiriman jenis olahan makanan ini ke luar kota atau provinsi, pastikan ekspedisi bisa dipercaya. 

2. Jualan kue kering 

Kue Kering Nastar
Kue Nastar. Gambar: Freepik/@Edgunn

Peluang usaha selanjutnya adalah berjualan kue kering sebagai makanan cemilan di waktu senggang. Biasanya jualan kue kering ini jadi buruan ketika menjelang hari-hari raya seperti Idul Fitri dan Natal. Ketika kamu berjualan kue kering, kamu tidak harus yang terlalu unik dan aneh agar masih mudah diterima pasaran. PIlih kue-kue kering yang memang banyak disukai oleh para pembeli seperti nastar, cheese stick, kastangle, kue salju, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Macam Bisnis Makanan Kekinian Paling Populer

3. Makaroni 

Makaroni adalah salah satu camilan yang saat ini paling banyak dicari oleh masyarakat. Biasanya camilan ini makaroni ada 2 jenis yaitu kering dan basah. Makanan ini disajikan dengan berbagai sajian seperti kering, basah, bahkan hingga kuah. Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini karena sudah banyak dijual secara online maupun offline

4. Dessert Box 

Dessert box adalah makanan penutup paling populer saat ini karena dikemas cukup praktis dan memiliki tampilan menarik serta rasa asam manis yang lezat. Contoh dessert box yang banyak dijual dan memiliki peluang besar untuk banyak mendapatkan keuntungan adalah tiramisu, milk bath cake, oreo, mango regal dessert, eclair cake box, dan jasmine tea cake box

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan yaitu ketahanan dari dessert box itu sendiri. Agar bisa tahan lama, lebih baik menggunakan sistem made by order atau kamu hanya membuatkan dessert box sesuai dengan jumlah pesanan. 

5. Salad Buah 

Ide bisnis makanan online untuk pemula yang terakhir adalah salad buah. Saat ini banyak orang mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jadi menu salad buah ini bisa menjadi bisnis yang tepat karena memiliki banyak peminat. Harganya yang terjangkau dan dikemas praktis pun membuat orang bisa mengonsumsinya tanpa harus membeli buahnya satu-persatu, mencuci, mengupas, dan memotongnya.  Tak hanya itu saja, salad dressing yang nikmat juga menjadi keunggulan dari menu bisnis online untuk pemula ini. 

Kamu juga bisa berkreasi dengan menawarkan jenis salad dressing lainnya. Sebagai contoh lemon madu, olive oil dan alpukat. Sama halnya dengan bisnis makanan online lainnya, tentu harus ada hal yang juga perlu kamu perhatikan yaitu komposisi buah dan salad dressing yang tepat untuk mengisi ukuran wadah tertentu.


Itulah beberapa ide bisnis online makanan untuk pemula yang bisa kamu coba. Selanjutnya, kamu tinggal menentukan mana yang paling bisa dilakukan dan sesuai dengan passion. Menjalankan bisnis makanan online memang menjanjikan dan sangat menguntungkan. Namun dibalik hal tersebut, tentu harus ada usaha dan komitmen yang dibutuhkan. Jangan mudah menyerah, dan semoga sukses dalam menjalankan usaha milikmu, ya. Selain itu, kamu juga harus mempromosikan usaha dengan tepat sesuai target pasar.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama