December 26, 2021

Tips Jitu Mengelola Keuangan Usaha dan Rumah Tangga dengan Cerdas

Bagi yang masih kesulitan atau baru memulai usaha, simak tips mengelola keuangan usaha dan rumah tangga di webinar Kelas Pak Untung Youtap berikut ini

Ketika menjalankan sebuah usaha, mengelola keuangan penting untuk dilakukan oleh setiap pemilik baik itu laki-laki maupun perempuan. Apalagi saat ini banyak perempuan yang memutuskan untuk mendirikan dan menjalankan usahanya sendiri. 

Dan bagi kamu yang masih kesulitan atau baru ingin mulai usaha, bisa ikuti beberapa tips cerdas mengelola keuangan usaha dan rumah tangga melalui webinar Kelas Pak Untung Youtap berikut ini.

Kelas Pak Untung Youtap Indonesia dan Rumah BUMN

Dalam rangka memaknai Hari Ibu, Youtap ingin memaksimalkan peran perempuan dalam pengelolaan usaha dengan memberikan berbagai macam tips manajemen keuangan yang baik. Hingga saat ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa hampir semua perempuan pasti bisa dan memiliki peran strategis dalam melakukan perencanaan keuangan. 

Namun, nyatanya tidak semua perempuan memiliki tingkat literasi yang cukup untuk mengelola keuangan rumah tangga maupun usaha. Oleh sebab itu, Youtap Indonesia bersama Rumah BUMN Bandung ingin memberikan edukasi pentingnya manajemen keuangan yang tepat, sekaligus memberikan penjelasan lengkap terkait pemanfaatan platform digital seperti Youtap.

Webinar Special Hari-Ibu, Semua Perempuan Bisa

Melalui program Kelas Pak Untung, Youtap Indonesia bersama Rumah BUMN mengadakan webinar spesial Hari Ibu dengan tema “Semua Perempuan Bisa, Cerdas Mengelola Keuangan Usaha dan Rumah Tangga” yang telah digelar pada 22 Desember 2021. Diharapkan para pelaku usaha khususnya perempuan bisa meningkatkan pengetahuan tentang cara mengelola keuangan yang lebih tepat. Lalu, bagaimana caranya? 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Online dengan Untung Besar

Tips Cerdas Mengelola Keuangan Usaha dan Rumah Tangga


Gitta Amelia selaku Pakar Bisnis membagikan tips-tips yang dimilikinya tentang management keuangan dalam mengelola usaha. Gitta sendiri memulai karirnya sebagai investor di bidang start up pada umur 22 tahun. Ia telah berhasil membuat sebuah perusahaan investasi atau saat ini lebih dikenal sebagai modal ventura yang bernama Everhaus.

Kemudian, berdasarkan pada pengalaman pribadinya selama menjadi investor, Gitta menyadari bahwa masih banyak sekali yang mengalami kesulitan dalam hal mengelola keuangan.  Hal itu pun akan sangat berpengaruh pada perkembangan usaha karena tidak memiliki cash flow yang benar.  Banyak dari pemilik usaha yang sebenarnya pandai mendapatkan pelanggan, namun sayangnya tidak diimbangi dengan keahlian untuk mengelola keuangan.

Tips Cerdas Mengelola Keuangan Usaha dan Rumah Tangga  dari Gitta Amelia
Tips Cerdas Mengelola Keuangan Usaha dan Rumah Tangga dari Gitta Amelia


Sebagai solusi paling tepat dan terpercaya, Gitta kemudian menjelaskan bahwa penggunaan aplikasi digital Youtap akan sangat membantu semua pelaku usaha untuk mengatur berbagai macam aktivitas termasuk pengelolaan keuangan.  “Menurut saya aplikasi Youtap menarik karena, ada banyak sekali fitur-fitur seperti pembelian stok, penerimaan payment dari beberapa channel. Dan menurut saya, ini sangat one stop solution banget,” jelas Gitta Amelia pada webinar kelas Pak Untung, Rabu (22/12).  

Kemudian dalam penjelasannya, Gitta juga memaparkan bahwa usaha online menjadi salah satu peluang terbaik untuk bisa memperluas pasar pembeli khususnya bagi pelaku UMKM. “Online itu benar-benar kayak melebarkan pasar, melebarkan jalan untuk bisnis UMKM. Karena kita sebenarnya cuma jualan satu dua produk, tapi bisa memasarkannya dengan baik lewat digital online. Dan untuk pengelolaan finance kita juga memakai aplikasi digital,” sambungnya dalam penjelasan tersebut.  

Gitta melanjutkan penjelasannya terkait dengan tips mengelola keuangan usaha yang dibagi menjadi tiga langkah utama. 

  1. Langkah pertama, ketika membangun sebuah usaha harus membuat perencanaan atau mapping. Melalui perencanaan ini kamu akan mengetahui proses usaha seperti apa yang akan dijalankan. Pastikan kamu mengetahui dengan rinci sistem dan infrastruktur usaha. Dari perencanaan inilah kamu bisa mengetahui pemasukan dan pengeluaran uang usaha. 
  2. Kedua, kamu juga membutuhkan investasi usaha di mana hasil keuntungan atau pemasukan yang didapat setelah melakukan penjualan ditabung dalam bentuk aset seperti deposito, stock market, obligasi, ataupun money market
  3. Dan terakhir atau langkah yang ketiga adalah mulai melakukan digitalisasi usaha. Apapun bidang usaha yang kamu jalankan, pastikan melakukan digitalisasi. Khususnya di era teknologi seperti sekarang ini, banyak orang lebih memilih untuk belanja online daripada harus datang ke toko offline. Melalui digitalisasi ini, usaha milikmu juga bisa lebih fleksibel dalam bertransaksi. Pelanggan akan lebih mudah membayar cashless karena saat ini sudah ada berbagai macam sistem transaksi online.  
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UMKM

Tips Memaksimalkan Teknologi Digital untuk Mengatur Keuangan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa digitalisasi usaha saat ini menjadi hal penting karena hampir semua orang telah menggunakan HP (handphone) untuk segala aktivitas jual beli. Mulai dari pesan produk atau jasa hingga melakukan transaksi online.  Lalu, apakah teknologi digital juga mampu mengatur keuangan usaha? Jawabannya adalah iya. Dengan pemanfaatan teknologi digital seperti Youtap kamu bisa lebih mudah mengelola kegiatan usaha. Mulai dari laporan keuangan, aplikasi kasir, e-menu, riwayat transaksi hingga fitur canggih lainnya. 

Mila Fatma sebagai pelaku usaha yang memiliki toko Mitufaya juga memberikan tips memaksimalkan teknologi digital untuk mengatur keuangan. Toko Mitufaya sendiri sudah berdiri sejak tahun 2018, namun baru memutuskan untuk fokus berjualan di bidang make up dan skincare pada tahun 2019. Belum lama berjalan sukses, awal tahun 2020 sayangnya Mila harus menghadapi tantangan usaha akibat adanya pandemi.

Tips Memaksimalkan Teknologi Digital untuk Mengatur Keuangan - Mila Fatma
Tips Memaksimalkan Teknologi Digital untuk Mengatur Keuangan - Mila Fatma

Tidak kalah dengan keadaan, Mila ternyata berhasil melewati tantangan tersebut dan mampu mempertahankan usahanya sampai saat ini bahkan memiliki offline store. Bahkan saat ini, sudah ada sekitar 120 brand yang melakukan kerja sama bersama toko Mitufaya. Selain tantangan akibat pandemi, ternyata Mila juga pernah melewati kesibukan yang cukup padat karena harus membagi waktu untuk keluarga, kuliah dan usahanya. Belum lagi dulu dirinya masih mengelola usaha secara manual. 

“Waktu mulai usaha itu aku sudah nikah, dan waktu itu aku juga masih kuliah jadi agak padat. Tantangannya pasti yang pertama itu bagi waktu antara suami, kuliah bahkan untuk usaha juga. Tapi berjalannya waktu Alhamdulillah kuliah sudah selesai, mungkin lebih ke prioritas aja,” ungkap Mila.  Mila juga mengungkapkan bahwa saat ini dirinya telah mengelola keuangan usaha menggunakan aplikasi Youtap.  “Sejak aku fokusin di digital Alhamdulillah semuanya jadi lebih mudah.” 

Kemudian ia juga mengungkapkan strategi khusus dalam pengelolaan keuangan usaha dan rumah tangga yaitu dengan pemisahan rekening. Hal itu dilakukan agar pemasukan atau pengeluaran usaha dan pribadi tidak tercampur. Jika keduanya berada di dalam rekening yang sama, tentu kamu akan kesulitan menghitung keuntungan atau pemasukan usaha. Sehingga, perkembangan usaha pun akan sulit dilakukan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya baik untuk mengembangkan usaha dan rumah tangga pengelolaan keuangan itu sangat penting dilakukan. Melihat pentingnya pemanfaatan teknologi di era seperti sekarang ini, aplikasi usaha Youtap hadir sebagai solusi usaha yang memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha dengan menyediakan berbagai macam fitur canggih seperti pencatatan transaksi hingga pengelolaan keuangan, penerimaan pembayaran, hingga analisa pintar. 

Yuk, jangan ragu untuk mulai usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi usaha terlengkap dan terpercaya. Tertarik daftar menjadi teman Youtap? Daftar langsung di https://mulaiusaha.youtap.id/ sekarang juga! 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang