Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 25, 2024

Tips Promosi Bisnis Pasca Lebaran, Laris Manis!

Selain mulai memperbanyak varian produk sesuai kebutuhan sehari-hari konsumen, jangan lupa lakukan promosi bisnis pasca lebaran sebagai berikut. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Hampir semua pelaku bisnis pasti menyukai momen bulan Ramadan dan Idul Fitri, pasalnya omzet penjualan akan cenderung meningkat drastis karena permintaan pasar yang bertambah.  Namun sayangnya setelah lebaran, aktivitas belanja tersebut kembali pada kondisi normal, dan membuat penjualan menurun. Tapi jangan khawatir, daripada hanya terus mengkhawatirkan omzet penjualan yang akan menurun, ada baiknya mulai merencanakan strategi baru agar keuntungan bisnis tetap stabil. Berikut beberapa tips promosi bisnis pasca lebaran yang bisa kamu lakukan. 

Tips Promosi Bisnis Pasca Lebaran

1. Analisis Tren Pasar

Langkah awal lakukan terlebih dahulu analisis tren pasar, agar bisa melihat faktor-faktor apa saja yang mendorong penjualan naik atau turun. Kemudian, berdasarkan data analisis tersebut kamu bisa membedakan kategori produk yang dijual, sehingga dapat lebih mudah menemukan ide baru untuk membuat strategi promosi atau bahkan peningkatan kualitas produk.

2. Buat Promosi Flash Sale

promosi bisnis pasca lebaran
gambar: freepik.com

Kemudian, coba untuk tetap melakukan promosi flash sale setelah momen lebaran. Kamu bisa buat program flash sale ini pada saat akhir bulan ketika momen gajian di mana biasanya aktivitas belanja akan meningkat. Ini jadi salah satu program promosi yang berpotensi menguntungkan karena kebanyakan pembeli suka dengan diskon, sehingga akan menarik pembeli lama maupun baru. 

Namun pastikan kamu tidak hanya sekadar membuat program flash sale biasa ya, tapi pastikan juga dikemas dengan kreatif dan berbeda dari yang lain. Pasal mengemas program promosi dengan cara yang menarik tentu akan lebih mudah mencuri perhatian calon pembeli.

BACA JUGA: Jadi Jurus Jitu Tingkatkan Penjualan Akhir Tahun, Apa Arti Flash Sale?

3. Buat Giveaway

Selain program flash sale, buat giveaway juga bisa dipertimbangkan sebagai cara promosi pasca lebaran, lho. Cobalah untuk melakukan giveaway secara rutin, kamu bisa tentukan momen paling tepatnya. Dalam setiap program giveaway yang diadakan pastikan untuk menyertakan syarat dan ketentuan yang akan menguntungkan dan menghasilkan penjualan pada bisnismu. Sebagai contoh, konsumen boleh mengikuti giveaway yang diadakan asalkan mereka telah mengikuti beberapa akun media sosial bisnis atau adanya syarat lain. 

4. Buat Program Rewards

promosi bisnis pasca lebaran
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Apabila program-program tadi sudah dilakukan, jangan lupa untuk memaksimalkan promosi dengan memberikan rewards. Selain fokus untuk mendapatkan pelanggan baru, kamu juga perlu mengelola dan mempertahankan pelanggan lama. Jadi, cobalah untuk melakukan pendataan pelanggan agar bisa melihat mana saja yang aktif belanja di toko milikmu, dan berikan mereka rewards. Demi menarik pelanggan untuk tetap belanja di toko milikmu, tidak ada salahnya untuk mengumumkan program khusus pelanggan ini di media sosial.

BACA JUGA: Pengertian Giveaway dan Tips Melakukannya

5. Buat Produk Baru atau Sediakan Varian yang Lebih Banyak

Lalu, upayakan juga untuk memiliki produk terbaru yang dapat menarik pelanggan. Apabila ingin mengeluarkan produk baru, kamu bisa lakukan riset terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan atau tren saat ini di pasaran. Jika hal-hal tersebut telah dilakukan maka lakukan promosi khusus dengan contoh sederhana program beli satu gratis satu. Di mana produk gratis yang akan didapatkan oleh pelanggan merupakan produk terbaru untuk memperkenalkannya. 

6. Buat Promo Paket Bundling

Terakhir, menawarkan promo paket bundling. Program seperti ini bisa kamu lakukan apabila terdapat stok lama yang selama Ramadan tidak terlalu diminati. Sehingga kamu bisa melakukan mix produk mana saja yang paling laris dan barang lama. Hal itu tentunya tidak hanya sekadar membantu meningkatkan keuntungan tapi juga mengurangi stok lama agar tidak terjadi kerugian pada bisnis. 

Itulah beberapa tips promosi bisnis pasca lebaran yang bisa dilakukan. Seperti kita tahu bahwa penurunan omzet setelah lebaran memang tidak bisa dihindari, hal itu karena adanya perubahan aktivitas belanja konsumen yang di mana kembali pada kondisi normal. Namun hal tersebut bisa disiasati dengan tips-tips promosi di atas yang tentunya akan bantu penjualan tetap stabil. Jadi, selain fokus pada peningkatan kualitas produk, pastikan juga kamu melakukan strategi promosi yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis, ya. 

Jangan lupa gunakan sistem digital Aplikasi Kasir Youtap POS yang akan bantu kamu mengelola bisnis mulai dari pencatatan transaksi, analisis penjualan, hingga pembuatan laporan keuangan sehingga semua kegiatan jadi lebih praktis, mudah dan efektif.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama