Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 3, 2023

Cara Jitu Mengetahui Produk Paling Laris Sesuai Tren Pasar

Demi mendapatkan banyak keuntungan ketika sedang menjalankan bisnis, kamu perlu mengetahui cara untuk menemukan produk paling laris sesuai tren pasar seperti berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Tentu menjadi impian semua pelaku usaha untuk membuat seluruh produk jualannya laris manis, bukan? Apabila kamu menginginkan hal tersebut, maka penting sekali untuk mengetahui cara untuk mencari produk paling laris sesuai tren pasar, nih. 

Alasan wajib tahu tentang tren pasar, tentu agar bisa menjual produk-produk sesuai dengan apa yang disukai dan diminati oleh para konsumen. Maka dengan begitu kamu tidak hanya mampu menarik minat pelanggan, tapi juga sekaligus menjangkau pembeli-pembeli baru karena sedang populer atau tren di pasaran.

Apa Itu Tren Pasar dalam Bisnis?

Melansir penjelasan dari laman IGI Global, tren pasar ini menginformasikan tentang produk apa yang perlu dikembangkan untuk pelanggan, membutuhkan biaya berapa banyak, distribusi harus dilakukan melalui saluran mana saja, sehingga dapat mengurangi ketidakpastian atau kerugian bisnis saat dalam proses pengembangan produk atau layanan baru.

Jadi, sangat penting untuk terus update dengan tren pasar bisnis, agar para BOS dapat terus tumbuh dan tetap bisa bersaing secara kompetitif. Namun, perlu diketahui bahwa pelacakan tren ini tidak selalu membutuhkan waktu penelitian hingga berjam-jam setiap minggunya, lho. Ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan memanfaatkan beberapa tools yang telah tersedia seperti Google Trends, Media Sosial dan lain-lainnya. 

Cara Efektif Mengetahui Produk Laris Sesuai Tren Pasar

Berikut ini beberapa cara paling efektif untuk mengetahui produk-produk apa yang paling laris sesuai tren pasar: 

1. Cobalah untuk Menggunakan Google Trends

tren pasar
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Cara pertama, cobalah untuk memaksimalkan penggunaan Google Trends. Tak hanya sebagai mesin pencarian biasa, melalui tools ini kamu juga bisa mencari seberapa populer suatu produk dengan menggunakan layanan Google Trends. Bagi yang belum pernah menggunakan tools ini, kamu cukup mengunjungi situs Google Trends dan ketik nama produk atau keyword yang memang berhubungan dengan produk. 

Nantinya, akan langsung keluar hasil pencarian sesuai dengan keyword yang ingin dicari, lalu Google Trends juga menunjukkan data tentang minat masyarakat terhadap produk tersebut dalam bentuk grafik. Menariknya lagi, kamu dapat dengan mudah mengatur jangka waktunya ataupun lihat dari segi geografisnya. 

2. Pastikan untuk Selalu Update dengan Tren di Media Sosial

Cara kedua dengan mengikuti tren di media sosial. Sebenarnya, tanpa sadar banyak orang saat ini selalu melakukannya setiap hari, bukan? Di mana, banyak sekali informasi tersebar tentang produk yang sedang tren di media sosial dari berbagai macam komunitas, influencer atau lingkup orang-orang biasa. 

Bagi kamu yang ingin coba memantau tren pasar lebih mudah, bisa coba lakukan pencarian melalui tagar atau hashtag. Melalui hashtag tersebut kamu dapat menemukan banyak sekali produk apa saja yang banyak digunakan oleh influencer, artis, atau bahkan masyarakat baru-baru ini. 

3. Lakukan Pengamatan Performa Terhadap Kompetitor

tren pasar
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Cara ketiga adalah melakukan pengamatan performa terhadap kompetitor bisnis. Perlu diingat bahwa pada dasarnya, kompetitor tidak hanya sekadar jadi saingan di pasar saja, tapi juga bisa menjadi pembelajaran agar tidak mengulangi kesalahan. 

Selain itu, kamu juga bisa belajar dari kompetitor ketika mereka telah berhasil meraup penjualan yang baik dari suatu produk. Jadi, cobalah untuk lakukan pengamatan performa kompetitor, agar bisa mengamati jenis produk seperti apa yang laris hingga cara menjual, dan juga strategi pemasaran yang sesuai. 

4. Lakukan Komunikasi dengan Konsumen

Cara keempat, pastikan juga kamu tetap melakukan komunikasi dengan konsumen, ya. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat kuesioner atau bahkan berinteraksi secara langsung melalui media sosial. Maka, dengan begitu kamu dapat menyesuaikan produk apa yang memang sedang dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen di pasaran. 

5. Cobalah untuk Mencari Produk Paling Laris di Marketplace

tren pasar
Gambar: freepik.com/tonodlaz

Cara kelima atau yang terakhir adalah mencari produk paling laris di marketplace. Seperti yang kita tahu bahwa saat ini marketplace memang menjadi tempat jual beli barang yang banyak digunakan di ranah online, sehingga lebih mudah untuk mengamati barang atau produk apa yang sedang populer dan banyak diminati. 

Dalam hal ini, para BOS bisa mencari kategori produk terlaris ataupun melihat ranking penjualan dalam jangka waktu tertentu untuk melihat tren yang sedang ada di pasar.

Itulah beberapa cara mencari produk paling laris sesuai tren pasar, agar para BOS bisa menyediakan barang yang memang dibutuhkan atau diminati oleh konsumen. Cara-cara di atas tidak hanya dapat membantu kamu meningkatkan penjualan bisnis, tapi juga membuat para pelanggan puas karena mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan mereka. 

Lalu, sebagai penunjang transaksi pembayaran selama bisnis berjalan, para BOS tentunya akan membutuhkan Aplikasi Youtap POS. Selain dilengkapi berbagai fitur, aplikasi satu ini juga kompatibel dengan berbagai macam printer struk. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama