July 18, 2022

Pengertian Supplier dan Jenis-Jenisnya

Bertanggung jawab memasok bahan baku mentah untuk produksi sebuah bisnis, berikut pengertian supplier, jenis-jenis dan juga fungsinya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Supplier merupakan sebuah komponen krusial yang berada dalam kegiatan operasional pada proses bisnis. Perusahaan atau pihak perorangan yang menjadi pemasok akan menjual bahan mentah ke individu dan juga kelompok usaha untuk selanjutnya diolah menjadi produk siap jual.

Oleh karena itulah, kamu harus memilih pihak yang tepat untuk menjadi pemasok atau supplier, agar bisnis bisa berjalan sukses dan lancar. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis dan tugas supplier

Pengertian Supplier

pengertian supplier
gambar: freepik.com

Perlu kamu ketahui bahwa peranan supplier dalam kegiatan bisnis sangatlah penting. Lalu, seperti yang sudah disebutkan secara singkat sebelumnya, supplier ini merupakan pemasok atau penyuplai bahan-bahan mentah yang memang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis. 

Sederhananya, menjadi supplier itu berarti menyediakan bahan baku untuk keperluan usaha lain. Sehingga banyak juga proses produksi barang tersebut dilakukan oleh pihak pemasok sendiri. 

Kemudian, saat menjalankan sebuah bisnis, kamu pasti akan membutuhkan bahan mentah yang baik agar menghasilkan produk berkualitas, jadi pastikan memilih supplier terpercaya untuk menjaga mutu, ya. 

Jenis-jenis Supplier

1. Supplier Jasa

Pertama adalah supplier jasa, di mana akan memasok bahan mentah dalam kegiatan produksi jasa atau layanan. Bahan mentah dalam jenis supplier jasa ini bisa berbentuk fisik. Kemudian barang supply sendiri diberikan kepada pihak produsen, dengan tujuan untuk mengubahnya menjadi bentuk jasa atau layanan yang nantinya dikirimkan ke konsumen.

2. Supplier Barang

Kedua adalah supplier barang. Biasanya ada juga produsen yang membutuhkan supplier bahan-bahan tertentu. Sehingga, pemasok bahan mentah masih dibagi lagi menjadi dua macam. 

Ini biasanya akan berdasarkan dengan jenis material dari barang bersifat fabrikasi dan non fabrikasi. Barang fabrikasi membutuhkan waktu untuk mengolah bahan terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke produsen. 

Sedangkan, supplier barang non fabrikasi sendiri menyediakan bahan mentah tanpa harus menjalani proses lagi oleh pemasok lainnya. Sehingga bahan-bahan ini bisa langsung dikirimkan ke produsen untuk diolah. 

Tugas Supplier

pengertian supplier
gambar: freepik.com/DCStudio

Menjadi pihak supplier berarti memiliki sebuah kewajiban dalam menyediakan bahan mentah yang harus dilaksanakan dengan tepat. Supplier ini sendiri memiliki peran penting dalam siklus persediaan bahan baku ketika proses produksi sebuah bisnis. 

Oleh karena itulah, terdapat beberapa tugas yang wajib dilakukan oleh supplier sebagai pemasok bahan mentah untuk kegiatan produksi bisnis. Berikut beberapa tugasnya: 

  • Supplier membantu mengawasi ketersediaan pasokan. 
  • Supplier membantu memastikan kualitas bahan mentah yang akan dikirimkan. 
  • Supplier membantu menyimpan barang di gudang agar lebih aman. 
  • Supplier akan bertanggung jawab atas kerusakan pasokan bahan. 
  • Supplier ini membantu mengirimkan pasokan sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan bersama dengan pihak produsen. 

Fungsi Supplier

Sudah disebutkan juga sebelumnya, pemasok bahan baku atau supplier berfungsi dalam menyediakan keperluan utama produsen, sehingga harus dijalankan dengan tepat dan sistematis.

Kemudian, dalam menjalankan fungsinya, supplier adalah pihak yang akan bertanggung jawab secara penuh atas kualitas bahan baku keseluruhan. Jadi, secara tidak langsung, daya saing bisnis antara kompetitor satu dan lainnya juga akan terjaga sehingga kualitas produk pun akan bersaing pula.

Itulah pengertian supplier, jenis-jenis, dan fungsinya. Jadi, ketika memilih supplier, pastikan memilih yang tepat agar kegiatan bisnis dapat berjalan sukses dan juga lancar. Bagi kamu yang tertarik dengan hal ini, bisa langsung menjadi supplier dengan mudah dan praktis di Belanja Stok Youtap, lho. Berawal dari merchant, bisa langsung jadi supplier. Yuk, jual produkmu ke ratusan ribu merchant Youtap sekarang juga!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama