August 2, 2022

Tips Mengelola Stok Barang yang Tepat

Pengelolaan stok barang dalam bisnis memang menjadi hal penting yang tidak boleh disepelekan, namun agar lebih praktis saat melakukan hal tersebut, simak tipsnya, yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Pengelolaan stok barang adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika sedang menjalankan bisnis. Tujuan dari pengelolaan stok barang ini tentu untuk mengetahui jumlah sisa bahan atau produk yang masih serta menjaga kualitasnya. Agar bisa berjalan lebih praktis, berikut ini beberapa tips mengelola stok barang yang tepat.

Tips Mengelola Stok Barang

1. Buatlah Daftar Stok Barang 

stok barang
gambar: freepik.com

Dalam menjalankan bisnis di bidang apapun, data akan selalu menjadi hal penting yang harus dimiliki khususnya saat proses pengelolaan stok barang. Dengan adanya data stok tersebut kamu bisa melakukan pengontrolan hingga membuat keputusan untuk mengambil tindakan bisnis. 

Namun, pencatatan daftar stok barang kini bisa lebih mudah karena telah hadirnya aplikasi Youtap. Kamu bisa mencatat stok barang secara digital, sehingga proses pengelolaan pun bisa lebih praktis dan akurat. 

2. Berikan kode pada setiap produk

Bagi kamu yang menyediakan banyak barang dengan bermacam warna, motif atau model pastikan untuk memberikan kode pada setiap produknya. 

Dengan memberikan kode ini akan membantu kamu mengenali dan menyebutkan jenis barang secara spesifik. Selain itu, penggunaan kode juga mempermudah kamu mengelompokkan peletakan barang di gudang.

3. Membuat jadwal stok dan perkiraannya

Selanjutnya adalah forecast persediaan, di mana kamu harus membuat perkiraan jumlah barang yang akan ditambah untuk stok di gudang. 

Lakukan perkiraan berupa jumlah persediaan yang dibutuhkan serta yang harus dikeluarkan pada periode ini. Kemudian, kamu bisa membuat jadwal untuk menentukan kapan melakukan pembelian. 

4. Pastikan memisahkan stok lama dan baru

stok barang
gambar: freepik.com/pressfoto

Sama halnya seperti mengelola keuangan bisnis, kamu juga tidak boleh mencampur aduk stok barang lama dan baru. Upayakan untuk memisahkan stok lama dan baru. Tujuannya untuk mempermudah perhitungan jumlah stok lama yang terjual dan belum terjual. 

5. Lakukan pengecekan sebelum menyimpan barang 

Terakhir, kamu harus lakukan pengecekan barang sebelum menyimpannya ke gudang. Tujuan dari pengecekan ini untuk mencegah bercampurnya barang yang tidak sempurna atau mengalami kesalahan produksi. 

Itulah beberapa tips mengelola stok barang yang tepat. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia

Pasalnya, dengan Youtap POS ini kamu akan mendapatkan berbagai macam fitur canggih yang dapat membantu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. 

stok barang
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama