Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 17, 2024

Minum Susu Kedelai Setiap Hari Baik Bagi Tubuh Lho! 

Tidak hanya baik dikonsumsi untuk diet atau saat menderita kondisi medis tertentu, berikut manfaat minum susu kedelai setiap hari bagi tubuh.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Seperti kita ketahui bersama, bahwa susu kedelai memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan juga sangat baik dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam masa diet atau menderita kondisi medis tertentu, seperti alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Namun, apa saja manfaat minum susu kedelai setiap hari bagi tubuh dan berapa takaran yang aman untuk konsumsinya? 

Susu kedelai ini terbuat dari kacang kedelai yang telah direndam, lalu dihaluskan dan direbus. Kemudian hasil dari rebusannya tersebut akan disaring dan menghasilkan susu kedelai. Jadi bila dibandingkan dengan jenis susu nabati lainnya, minuman dari kedelai ini ternyata memiliki kandungan nutrisi lebih baik karena mirip dengan susu sapi namun lemaknya rendah. 

Apa Itu Susu Kedelai?

minum susu kedelai setiap hari
gambar: freepik.com/jcomp

Melansir penjelasan dari Everyday Health, susu kedelai merupakan alternatif pengganti susu sapi yang paling populer karena memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin D, kalsium, mineral, omega-3 esensial dan flavonoid (adanya sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardio protektif). 

BACA JUGA: Gaya Hidup Sehat Bisa Dilakukan dengan Langkah Sederhana Ini

Manfaat Minum Susu Kedelai Setiap Hari 

Berikut beberapa manfaat minum susu kedelai setiap hari menurut penjelasan dari Healthline

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat pertama minum susu kedelai setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan salah satu faktor pemicu penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, sebanyak 40 peserta dengan tekanan darah tinggi diarahkan untuk minum sekitar 16 ons (1 L) susu kedelai atau susu sapi setiap hari selama 3 bulan. Kemudian di akhir penelitian, diketahui bahwa tingkat tekanan darah mengalami penurunan pada kedua kelompok.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah mekanisme penyembuhan secara alami dari tubuh terhadap cedera dan infeksi tertentu. Namun, bila peradangan dalam kondisi yang cukup parah maka dapat merusak dan meningkatkan timbulnya penyakit lain seperti diabetes, jantung, kanker, dan rheumatoid arthritis. Dalam hal ini pola makan sangat memengaruhi timbulnya peradangan kronis dalam tubuh. 

Salah satu makanan nabati seperti kedelai telah terbukti menawarkan efek anti-inflamasi dan menurunkan risiko penyakit kronis. Bahkan menurut tinjauan terhadap tujuh penelitian menemukan bahwa mengonsumsi susu kedelai secara rutin dapat mengurangi dua protein inflamasi utama yang dikenal sebagai protein c-reaktif dan Tumor Necrosis Factor (TNF). lalu, ditambah dengan adanya kandungan isoflavon dalam susu kedelai juga mampu menghambat proses yang menghasilkan protein inflamasi. 

3. Menurunkan dan Menjaga Berat Badan 

minum susu kedelai setiap hari
gambar: freepik.com

Kemudian minum susu kedelai juga dapat membantu menurunkan dan menjaga berat badan. Bila ingin menurunkan berat badan, maka jumlah kalori yang dikonsumsi pun harus lebih rendah, bukan? Tujuannya agar asupan makanan dapat mendukung fungsi dan aktivitas tubuh dalam batas normal. Meskipun penelitian belum menunjukkan efek konsisten susu kedelai terhadap berat badan, namun dengan minum 1 cangkir (240 mL) susu kedelai tanpa pemanis hanya mengandung 80 kalori, hal itu tentu bisa menjadi menjadi pilihan susu rendah kalori yang sangat baik. Selain rendah kalori, ini juga merupakan sumber protein yang baik.

Protein sendiri memiliki manfaat utama untuk menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mempertahankan massa otot. Keunggulan lainnya adalah kualitas protein susu kedelai yang tinggi mengandung asam amino esensial, juga dikenal sebagai bahan penyusun protein. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Organik

Takaran yang Aman untuk Minum Susu Kedelai Setiap Hari

Mengikuti pedoman dari American Institute for Cancer Research (AICR) melansir Everyday Health, untuk konsumsi kedelai dalam jumlah sedang yaitu sebanyak satu hingga dua porsi makanan utuh setiap hari, termasuk susu kedelai, edamame, dan kacang kedelai. Sebagai contoh, apabila kamu membuat tumis tahu untuk makan malam, maka tetap bisa minum 1 cangkir susu kedelai yang dicampurkan ke dalam smoothie saat pagi hari.

Melihat manfaat minum susu kedelai setiap hari bagi tubuh cukup banyak, apalagi dalam membantu mencegah dari penyakit-penyakit kronis, maka pastikan kamu mengonsumsinya yuk. Kini susu kedelai juga tersedia dalam bentuk yang lebih praktis yaitu V-Soy Multi Grain Soy Milk UHT. Selain itu, kamu bisa temukan juga berbagai macam produk susu, bumbu dan lain-lainnya langsung dari supplier terbaik Sukanda Djaya di Youtap BOS

minum susu kedelai setiap hari

Referensi: 

  1. Everyday Health (2022) diakses pada 16 Mei 2024. All About Soy Milk: Nutrition, Benefits, Risks, and How It Compares With Other Milks
  2. Healthline (2023) diakses pada 16 Mei 2024. What’s in Soy Milk? A Closer Look at Ingredients and More
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama