May 15, 2024

Gaya Hidup Sehat Bisa Dilakukan dengan Langkah Sederhana Ini

Selain melakukan olahraga, pastikan kamu juga menerapkan langkah gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dengan cara sederhana berikut. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Hidup sehat menurut penjelasan dari Kemkes merupakan sebuah kondisi di mana seseorang tidak memiliki masalah mental atau jasmani, artinya tubuh dalam keadaan sehat secara keseluruhan. Hal itu tentunya bisa dicapai oleh setiap orang jika mulai menerapkan gaya hidup sehat dan bersih sehingga tubuh otomatis akan terhindar dari berbagai penyakit. Oleh karena itu mulai lakukan beberapa gaya hidup sehat berikut yuk. 

Langkah Sederhana Menerapkan Gaya Hidup Sehat

gaya hidup sehat
gambar: freepik.com

Dalam menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya bisa dimulai dengan langkah-langkah sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti dilansir dari Healthline

1. Konsumsi Sayuran

Hasil dari analisis studi prospektif tahun 2010 menunjukkan bahwa konsumsi sayur dan buah lebih banyak dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker. Kemudian, menurut penjelasan dari Kemkes, masyarakat Indonesia khususnya balita dan anak-anak usia sekolah yang paling dianjurkan untuk konsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 300-400 gram per orang per hari. Lalu, untuk para remaja dan orang dewasa dianjurkan konsumsi sayur serta buah sebanyak 400-600 gram per orang per hari.  

2. Konsumsi Biji-Bijian

Konsumsi biji-bijian utuh memang memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Menurut penelitian dengan skala kecil dilansir dari American Journal of Clinical Nutrition tahun 2017, sebanyak 81 pria dan wanita yang sudah masuk dalam masa pasca menopause dibagi menjadi dua kelompok yaitu: 

  • Sebagian mengikuti pola makan yang mengandung biji-bijian utuh
  • Dan sebagiannya lagi mengikuti pola makan yang kalorinya sama tapi mengandung biji-bijian olahan

Setelah 6 minggu, diketahui bahwa kelompok yang konsumsi gandum utuh ternyata menunjukkan peningkatan pada Resting Metabolic Rate (RMR). Ini adalah hitungan jumlah kalori yang telah berhasil dibakar oleh tubuh saat sedang waktu istirahat. 

Kemudian, penelitian dari tahun 2016 (PubMed) dan 2020 (BMJ) memperlihatkan bahwa konsumsi biji-bijian dapat menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung koroner dan kardiovaskular, serta kanker. Biji-bijian utuh yang baik untuk dikonsumsi adalah: 

  • Gandum utuh
  • Roti gandum utuh dan pasta
  • Nasi merah dan nasi liar
  • Soba
  • Gandum bulgur
  • Jawawut
  • Jelai
  • Biji gandum
  • Farro

Gandum yang juga jadi salah satu biji-bijian paling baik untuk dikonsumsi kini juga hadir dalam bentuk Susu Oatside yang merupakan susu oat Asia terbuat dari bahan alami yaitu oat dan kakao (di mana tidak menggunakan pemanis, pengawet, dan perasa buatan). Kamu bisa temukan produk Susu Oatside hanya di Youtap BOS

gaya hidup sehat

3. Pastikan untuk Lebih Aktif dalam Beraktivitas 

Selain konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah dan biji-bijian, pastikan juga harus diimbangi dengan aktivitas yang cukup yaitu olahraga. Kamu bisa lakukan olahraga sederhana setiap harinya seperti berjalan kaki, bersepeda, bela diri, atau kelas olahraga online. Pastikan saja bahwa ada aktivitas tubuh, disarankan untuk melakukan olahraga yang kamu suka agar bisa berjalan secara rutin dan konsisten. 

Lalu, ingatlah bahwa kamu tidak melulu harus melakukan aktivitas olahraga dalam durasi yang lama. Sebagai langkah awal bisa dicoba selama 10 menit dalam sehari. Bila tubuh sudah terbiasa dengan aktivitas olahraga yang baru maka coba tambahkan lagi selama 5 atau 10 menit. Jadi, dapat konsisten melakukan olahraga sampai setidaknya 30 menit setiap hari dalam seminggu.

4. Hindari Stres 

Terakhir, hindari terlalu stres. Pasalnya kondisi di mana kamu mengalami stres kronis maka akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti: 

  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Masalah pencernaan
  • Depresi
  • Tekanan darah tinggi
  • Kecemasan
  • Kesulitan tidur

Oleh karena itu, pastikan kamu rutin berolahraga karena aktivitas tersebut dapat membantu mengurangi stres. Aktivitas lainnya juga bisa meditasi, pernapasan dalam, menulis jurnal, atau menghabiskan waktu di alam terbuka. 

BACA JUGA: 4 Inspirasi Bisnis Makanan Sehat yang Punya Peluang Untung Lebih Besar

Apa Saja Manfaat Gaya Hidup Sehat? 

gaya hidup sehat
gambar: freepik.com/lifestylememory

Berikut beberapa manfaat dari menjalankan gaya hidup sehat melansir penjelasan Kemkes

Memiliki Perasaan yang Lebih Bahagia

Menjalankan gaya hidup sehat mampu meningkatkan suasana hati yang tentunya akan membuat kamu lebih bahagia. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat ini juga mampu meningkatkan rasa percaya diri, karena membantu menstimulasi produksi hormon endorphin yang ada dalam tubuh. Jadi tubuh akan lebih rileks dan bahagia. 

Bantu Meningkatkan Energi Tubuh

Kemudian, gaya hidup sehat juga membantu meningkatkan energi tubuh sehingga mampu menunjang aktivitas sehari-hari. Tapi pastikan untuk diimbangi juga dengan menjalankan pola makan sehat seperti sayur, buah dan makanan yang tinggi protein. 

Mengurangi Risiko Penyakit

Terakhir, tentu gaya hidup sehat akan membantu kamu terhindari dari berbagai macam penyakit. Pasalnya dengan menjalankan gaya hidup sehat maka otomatis kamu akan mendapatkan banyak asupan protein, vitamin hingga nutrisi akan terpenuhi. 

Setelah penjelasan mengenai gaya hidup sehat di atas, yuk mulai menerapkan beberapa langkah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Selain olahraga rutin, perbaiki juga asupan makan dan minum agar lebih bergizi. Salah satunya mengonsumsi Susu Oatside yang bisa kamu temukan dengan harga termurah dan tersedia varian rasa lengkap hanya di Youtap BOS.

gaya hidup sehat
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama