Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 16, 2024

Wajib Tahu, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Organik

Selain melakukan olahraga secara rutin, kamu juga perlu tahu beberapa manfaat konsumsi makanan organik berikut yang baik untuk kesehatan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika kamu pergi ke supermarket, pasti sudah tidak asing lagi ketika melihat beberapa bagian produk akan dilabeli makanan organik, bukan? Hal itu merupakan tanda bahwa makanan tersebut hanya sedikit atau bahkan tidak sama sekali menggunakan bahan kimia serta residunya. Makanan yang masuk dalam kategori organik juga memang dianggap orang-orang lebih sehat untuk kesehatan tubuh. Namun, apakah hal itu benar adanya? Agar lebih jelas, simak penjelasan mengenai konsumsi makanan organik secara lengkap yuk. 

Apa Itu Makanan Organik?

konsumsi makanan organik
gambar: freepik.com

Produk makanan organik ini merupakan sebuah istilah pada bagaimana makanan tersebut diproduksi melansir dari Healthline. Makanan organik telah ditanam atau dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia buatan, antibiotik dan Genetically Modified Organisms (GMO). Jadi, tanaman yang ditanam secara organik berarti menggunakan pupuk alami dalam proses pertumbuhannya. Begitu juga pada hewan yang juga tidak diberikan antibiotik atau hormon. 

Biasanya untuk bisa diberikan label organik pada produk makanan, harus ada hasil uji coba bahwa telah terbebas dari bahan-bahan seperti yang disebutkan sebelumnya termasuk pemanis buatan, pengawet, pewarna, penyedap rasa, dan monosodium glutamat (MSG). jenis makanan organik yang paling sering ditemui adalah sayuran, buah-buahan, biji, produk susu bahkan daging. 

BACA JUGA: Gaya Hidup Sehat Bisa Dilakukan dengan Langkah Sederhana Ini

Lalu, Apa Manfaat Konsumsi Makanan Organik?

konsumsi makanan organik
gambar: freepik.com

Jika dilihat dari beberapa data memang menunjukkan adanya manfaat kesehatan dari makanan organik jika dibandingkan dengan makanan yang ditanam melalui proses konvensional. Berikut beberapa manfaat konsumsi makanan organik bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari berbagai sumber: 

1. Kandungan Nutrisi yang Lebih Tinggi

Menurut penjelasan dari Mayo Clinic terdapat sebuah hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan beberapa nutrisi dalam produk organik. Produk organik mungkin memiliki lebih banyak antioksidan dan jenis flavonoid tertentu sehingga terdapat sifat antioksidan yang tentunya dapat membantu tubuh terhindar dari beberapa penyakit serius. 

2. Kandungan Asam Lemak Omega-3

Kemudian, kebutuhan pakan pada hewan ternak organik biasanya menyebabkan kadar asam lemak omega-3 lebih tinggi. Apabila kandungan asam lemak omega-3 itu lebih tinggi maka akan menyehatkan jantung dibandingkan lemak lainnya. Asam lemak omega-3 yang lebih tinggi ini ditemukan dalam daging organik, susu, dan telur.

3. Tingkat Residu Pestisida Lebih Rendah

Jika dibandingkan dengan produk yang ditanam dengan metode konvensional, produk organik memiliki tingkat residu pestisida lebih rendah. Biasanya, untuk bisa mengendalikan hama, pemilik bisnis akan melakukan beberapa cara alami seperti pencabutan, rotasi tanaman, atau bisa juga memelihara hewan yang mampu mengonsumsi hama. 

4. Bahan Makanan Organik Disebut Lebih Ramah Lingkungan

Selain menguntungkan untuk kesehatan, konsumsi makanan organik ini ternyata juga sangat ramah lingkungan karena karena dapat menjaga kelestarian tanah dan air dari polusi bahan-bahan kimia. 

5. Mengurangi Risiko Alergi dan Obesitas

Menurut sebuah tinjauan dari European Parliament Research Service pada tahun 2016, telah tercatat bahwa beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan erat antara konsumsi makanan organik dan risiko alergi anak lebih rendah. Selain itu, juga dapat membantu mencegah penyakit diabetes hingga obesitas. 

6. Mengurangi Terjadinya Paparan Antibiotik

Terakhir sebuah penelitian yang dilakukan pada Desember 2016 untuk European Parliamentary Research Service menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik dalam pertanian tetap menjadi pendorong utama meningkatnya prevalensi resistensi antibiotik yang dapat menyebar dari hewan ke manusia. Sedangkan pada makanan organik, proses penanamannya tidak menggunakannya, sehingga dapat mengurangi terjadinya paparan antibiotik. 

Setelah melihat beberapa manfaat konsumsi makanan organik yang ternyata cukup baik bagi kesehatan tubuh, apakah kamu mulai mempertimbangkannya? Jika iya, maka mulailah untuk mencoba konsumsi atau mengolah makanan dari bahan-bahan organik yang sudah terpilih, salah satunya dari foodganic

Foodganic menyediakan berbagai macam bumbu masakan dari bahan-bahan organik terbaik seperti bumbu dasar (merah, putih, dan kuning), ayam goreng, minyak ayam, minyak bawang putih, dan masih banyak lagi. Kamu bisa temukan pilihan produknya hanya di Youtap BOS

konsumsi makanan organik

BACA JUGA: Pentingnya Gunakan Kemasan Ramah Lingkungan Bagi Bisnis

Referensi: 

  1. Harvard Health Publishing (2015) diakses pada 16 Mei 2024. Should you go organic?
  2. Healthline (2021) diakses pada 16 Mei 2024. What Is Organic Food, and Is It Better Than Non-Organic Food?
  3. European Parliament (2016) diakses pada 16 Mei 2024. Human health implications of organic food and organic agriculture
  4. Kemenkes (2023) diakses pada 16 Mei 2024. Manfaat Konsumsi Makanan Organik Bagi Kesehatan
  5. Mayo Clinic (2022) diakses pada 16 Mei 2024. Organic foods: Are they safer? More nutritious?
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama