Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 20, 2024

Ide Bisnis Roti dan Cara Tepat Memulainya 

Memiliki jangkauan pasar yang luas karena diminati oleh hampir semua kalangan, intip beberapa ide bisnis roti dan cara tepat memulainya berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Roti memang jadi salah satu makanan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat karena termasuk menu pengganti nasi, khususnya saat di pagi hari. Selain itu, roti juga bisa dinikmati oleh semua orang hampir segala usia baik untuk anak-anak hingga orang dewasa. Hal itulah yang membuat bisnis roti cukup menjanjikan. Dalam proses pembuatannya pun beragam bisa kamu sesuaikan dengan keahlian masing-masing, serta bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah dicari. 

Dalam artikel ini, Youtap akan membantu para pemula menemukan ide bisnis serta cara memulainya dengan tepat. 

Ide Bisnis Roti Kekinian 

ide bisnis roti
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Berikut beberapa ide bisnis roti kekinian yang bisa kamu coba: 

1. Bisnis Roti Panggang Isi Daging dan Sayuran

Seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak sekali bisnis franchise roti panggang atau lebih sering disebut toast. Namun sedikit berbeda dengan menu roti panggang sebelumnya, kini lebih banyak orang menikmati dengan isian daging, sayuran, mayones dan saus. Banyak orang menikmati roti panggang isi daging dan sayuran ini karena memiliki rasa gurih sehingga dapat membantu mengurangi rasa lapar. Ini bisa menjadi ide bisnis roti kekinian yang cocok untuk pemula karena pembuatannya sangat mudah untuk dipraktekkan. Sebagai menu tambahan, kamu juga bisa tawarkan minuman-minuman kekinian, salah satunya es coklat susu. Di mana bahan baku utamanya yaitu Susu bisa ditemukan langsung di Youtap BOS.

2. Bisnis ROMIE (Roti Bakar & Indomie)  

Siapa sih yang akan nolak kalau disuguhi roti bakar atau indomie? Hampir semua orang pasti menyukai kedua makanan ini, bukan? Oleh karena itulah, Youtap kini hadir dengan Paket Usaha ROMIE yaitu Roti Bakar dan Indomie. 

Adanya target pasar yang luas karena hampir semua kalangan bisa konsumsi mie instan dan roti bakar, Youtap melihat hal itu bisa jadi peluang keuntungan yang besar karena pelaku usaha bisa mendapatkan pelanggan dengan cepat. 

Lebih menariknya, modal yang dibutuhkan untuk membeli Paket Usaha ROMIE sangat terjangkau mulai dari harga Rp4.999.000 dan sudah termasuk seluruh perlengkapan, booth, beserta aplikasi kasir digital Youtap secara lengkap. Bahkan untuk seluruh penyediaan bahan bakunya juga akan didukung secara langsung dari Sari Roti (Indosari Food Solution) dan Indofood. Hal itu tentunya akan membantu kualitas serta dan kehalalan produknya jadi lebih terjamin. Bagi kamu yang tertarik bisa juga langsung lihat ulasannya dari konsumen yang sudah konsumsi ROMIE dengan klik di sini.

BACA JUGA: Gaya Hidup Sehat Bisa Dilakukan dengan Langkah Sederhana Ini

Cara Memulai Bisnis Roti untuk Pemula 

ide bisnis roti
gambar: freepik.com/topntp26

1. Pelajari Ilmu Seputar Bisnis Roti 

Sebagai langkah langkah awal, pastikan kamu sudah mempelajari ilmu seputar bisnis roti dan teruslah untuk meningkatkan pengetahuan tersebut sesuai dengan perkembangan tren. Lakukan pemahaman secara menyeluruh tentang berbagai aspek seperti teknik pembuatan roti, jenis tepung dan lain-lainnya. 

2. Utamakan Kualitas Produksi Roti

Dalam berbisnis roti, pastikan kamu tidak hanya fokus pada penjualannya saja, tapi juga perlu menjaga kualitas di mana cita rasanya tetap sama atau bahkan adanya inovasi yang sesuai tren sehingga tetap bisa menarik minat konsumen-konsumen baru. Hal ini menjadi kunci untuk mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis roti milikmu. 

3. Sediakan Beragam Produk 

Kemudian, sediakan beragam produk roti agar menarik minat pelanggan. Cobalah untuk berinovasi dengan varian produk yang mencerminkan kearifan lokal. Hal ini sebenarnya juga salah satu cara untuk memperkenalkan produk lokal ke pasar internasional, dan membantu memperluas jangkauan pasar. 

4. Mengikuti Perkembangan Tren Bisnis Roti 

Apabila bisnis roti yang berjalan dengan konstan, maka hal itu dapat membuat pelanggan merasa bosan. Sehingga pastikan untuk mengikuti tren bisnis roti yang terbaru, agar mampu menyediakan varian produk sesuai dengan minat konsumen di pasar. 

BACA JUGA: Diprediksi Sukses Hasilkan Cuan Berlimpah, Ini Deretan Tren Bisnis 2024!

5. Perhatikan Pelayanan dan Penentuan Harga Produk 

Selain menjaga kualitas produk, pelayanan juga menjadi prioritas yang tidak boleh dilewatkan ya. Memberikan pengalaman yang baik pada konsumen ketika mereka melakukan pembelian di toko roti milikmu, maka akan membuatnya kembali lagi setelah mendapatkan rasa puas baik dalam hal kualitas produk maupun pelayanannya. 

Lalu, pastikan juga bahwa penentuan harga produk memang sudah sesuai dengan target pasar. Apabila kamu terlalu mematok harga terlalu tinggi maka akan membuat pelanggan justru membuat pilihan lain dan menjadikan tokomu alternatif terakhir. Sehingga sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kualitas layanan dan penentuan harga kompetitif agar tetap menarik banyak konsumen. 

6. Buatlah Kemasan yang Menarik

Kemasan juga jadi salah satu faktor untuk bisa menarik minat konsumen. Sehingga pastikan untuk membuat kemasan primer yaitu plastik pembungkus roti yang aman bagi makanan. Selanjutnya, kemasan sekunder yaitu kotaknya dan kemasan tersier adalah plastik belanja. Apabila bisa menciptakan ide menarik untuk kemasan, maka hal ini akan membantu memberikan kesan mewah pada bisnis roti milikmu. 

7. Lakukan Pemeliharaan Keberlanjutan Bisnis Roti

Langkah terakhir adalah melakukan pemeliharaan keberlanjutan bisnis roti yang mencakup label halal, izin dari Pusat Industri Rumah Tangga (PIRT) serta memenuhi regulasi lainnya. Tujuan pemeliharaan ini adalah memperkuat fondasi bisnis roti agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen karena seluruh izin secara legal telah didapatkan. 

Melihat penjelasan ide bisnis roti hingga cara tepat untuk memulainya di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa kesuksesan dalam usaha ini bisa dicapai apabila adanya kombinasi antara pengetahuan tentang produk, inovasi dalam variasi hingga kualitas, kemasan, dan pelayanan bagi pelanggan. 

Kemudian untuk mendukung pengelolaan bisnis roti yang lebih mudah, cepat dan efektif gunakan sistem Aplikasi Kasir Digital Youtap POS. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mencatat otomatis seluruh transaksi sehingga tidak perlu repot melakukannya secara manual. Tidak hanya itu saja, tapi juga membantu dalam pembuatan laporan keuangan hingga analisis penjualannya. 

Bahkan kini belanja kebutuhan bisnis jadi lebih mudah karena adanya Youtap BOS yang bisa jadi tempat bagi kamu untuk temukan beragam produk makanan, minuman dan lain-lainnya.  

ide bisnis roti

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama