Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 1, 2024

22 Ide Bisnis Ramadan 2024, Dijamin Cuan!

Daya beli masyarakat di bulan puasa semakin tinggi karena meningkatnya kebutuhan, memanfaatkan peluang tersebut berikut ide bisnis Ramadan 2024, dijamin cuan!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di bulan Ramadan setiap orang pasti akan berlomba-lomba untuk menambah pahala. Tidak hanya sekedar beribadah wajib dan berbagi, tapi bulan Ramadan juga bisa menjadi salah satu momen terbaik untuk mencari rezeki. Pasalnya ketika umat muslim menjalankan ibadah puasa, hal itu juga menciptakan peluang bisnis untuk berjualan makanan dan minuman. 

Walaupun ibadah puasa di bulan Ramadan hanya dilakukan oleh umat muslim, tapi justru ada banyak sekali jualan makanan dan minuman yang juga laris dibeli oleh orang non muslim, lho. Hal ini terjadi karena perubahan perilaku masyarakat saat puasa yang memengaruhi, kondisi produk yang hanya ada saat Ramadan, sehingga mereka merasa terdesak dengan keadaan dan membelinya. Melihat banyaknya peluang usaha tersebut, maka simak yuk beberapa ide bisnis Ramadan tahun 2024 berikut. 

22 Ide Bisnis Ramadan 2024 

1. Hampers Kue Basah dan Kering 

Berdasarkan hasil survei dari Populix tentang tren bisnis hampers lebaran 2023, ternyata ada sebanyak 51% dari total 1.027 responden yang punya rencana untuk mengirim hampers kepada teman dan keluarga. 

Namun hampers sendiri memiliki berbagai macam bentuk, ada yang berupa barang, makanan, minuman, dan lain-lainnya. Tapi menurut data dari Good Stat selama Ramadan tahun 2023 lalu diketahui bahwa sebanyak 45% konsumen cenderung membeli hampers kue kering. Sebagian orang, ada juga yang mengirimkan kue basah ke orang-orang terdekat yang memang jarak tinggalnya tidak terlalu jauh, sehingga masih segar saat dikonsumsi. 

Seperti yang kita tahu kue-kue ini memang banyak diminati oleh konsumen dari berbagai kalangan karena selain dikonsumsi sendiri bersama keluarga di rumah, makanan ini juga bisa dikirim sebagai parcel atau hidangan untuk menjamu tamu yang berkunjung ke rumah.

Lalu, beberapa jenis kue kering yang paling banyak dicari jelang lebaran adalah kue sagu, putri salju, nastar, kastengel, lidah kucing, dan lainnya. Apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak dari bisnis hampers kue kering ini, maka pastikan resep yang digunakan sudah terbukti enak dan gunakan bahan-bahan dengan kualitas terbaik. 

Bagi kamu yang kesulitan menemukan bahan-bahan untuk membuat kue kering, bisa langsung belanja dalam jumlah banyak untuk stok bisnis melalui Youtap BOS. Selain produk yang dijual sudah terjamin kualitasnya, kamu juga bisa lebih menghemat waktu dan tidak perlu bolak-balik pergi belanja karena akan langsung diantar oleh kurir ke alamat tujuanmu. 

Selain rasa, kamu juga perlu kreativitas agar bentuk-bentuk kue keringnya lebih menarik dan saat akan dijual. Terakhir, perhatikan kemasannya, ya. Cobalah untuk membuat kemasannya unik dan aman saat proses pengiriman, sehingga ketika sampai di konsumen masih dalam keadaan baik. 

2. Jualan Kurma  

ide bisnis ramadan
gambar: freepik.com/azerbaijan-stockers

Melansir Databoks, hasil survei Kurious dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa sebanyak 53,3% responden mengatakan bahwa kurma menjadi salah kudapan yang paling banyak diminati setelah berbuka puasa. Oleh karena itulah, apabila kamu menjual kurma saat bulan Ramadan, maka ada peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak. 

Namun, sebelum berjualan kurma kamu harus memastikan tempat pembeliannya punya izin yang jelas, ya. Apabila hanya mempertimbangkan dari sisi harga murah, ada kemungkinan buah kurma tersebut kualitasnya kurang baik atau bahkan bisa jadi tidak layak untuk dikonsumsi. Selain memperhatikan dari sisi supplier, lihat juga tanggal kadaluarsa kurma, karena buah ini hanya bisa bertahan selama 3-6 bulan jika disimpan dalam suhu ruang. 

3. Es Buah Segar 

Selanjutnya ada es buah yang juga bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi bisnis di bulan Ramadan. Pasalnya jika dilihat dari data Databoks sebanyak 56,9% es buah ini menempati posisi pertama yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia selama bulan puasa. 

Selain karena rasanya yang segar dan manis, es buah juga baik untuk tubuh karena dapat membantu memenuhi nutrisi. 


BACA JUGA: Tren Bisnis Ramadan yang Wajib Dicoba Agar Maksimal Mendapatkan Keuntungan


4. Perlengkapan Ibadah

Selama bulan Ramadan banyak orang juga berbondong-bondong menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Tidak hanya salat wajib, tapi juga solat tarawih bersama di masjid hingga salat Ied nanti saat Lebaran. Dalam hal ini biasanya orang-orang akan membutuhkan perlengkapan ibadah seperti tasbih, Al Quran, sajadah, mukena, kopiah, dan lain-lainnya. 

5. Baju Lebaran 

Selain perlengkapan ibadah, budaya beli baju baru saat Lebaran di Indonesia juga masih sangat diminati. Hal ini tentunya menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan, di mana kamu bisa menjual berbagai macam model baju muslim baik untuk pria, wanita hingga anak-anak. Bahkan kamu bisa menjual bundling baju muslim untuk keluarga. 

Menguntungkannya lagi, apabila kamu berhasil menjual selama Ramadan maka ada peluang mengembangkannya jadi bisnis tetap. Kemudian, untuk memulai usahanya, ada berbagai cara yang dapat dilakukan hanya dengan modal kecil bahkan tanpa mengeluarkan modal sama sekali dengan menjadi reseller atau dropshipper

6. Custom Parsel 

Tidak hanya hampers kue kering dan basah, parsel juga jadi salah satu produk yang paling banyak dicari saat Ramadan. Apabila kamu ingin menjalankan bisnis ini, coba tawarkan beberapa jenis parsel dengan isi yang berbeda-beda sesuai permintaan pelanggan, seperti kue kering, sembako atau perlengkapan ibadah. 

Bagi kamu yang kesulitan menemukan bahan-bahan untuk membuat parsel, bisa langsung belanja dalam jumlah banyak untuk stok bisnis melalui Youtap BOS. Selain produk yang dijual sudah terjamin kualitasnya, kamu juga bisa lebih menghemat waktu dan tidak perlu bolak-balik pergi belanja, lho. Pasalnya, sudah ada kurir kami yang siap selalu antar pesanan ke alamat tujuan.  

7. Ketupat

Salah satu simbol Hari Raya Idul Fitri adalah Ketupat yang seringkali jadi makanan wajib untuk disajikan saat berkumpul lebaran. Bahkan di pertengahan bulan puasa Ramadan, biasanya ketupat juga sudah banyak dikonsumsi bersama opor ayam atau sayur labu siam. Hal inilah yang membuat ketupat jadi makanan paling banyak dibeli oleh masyarakat. Melihat peluang tersebut, tentu kamu wajib untuk mempertimbangkan bisnis ketupat. Bisa menjual ketupat yang sudah jadi atau menawarkan bungkusannya yaitu daun kelapa. 

8. Rental Mobil

Perjalanan mudik atau pulang kampung ke halaman sudah jadi tradisi yang melekat saat Lebaran tiba. Biasanya, mereka akan berangkat bersama dengan keluarga yang sama-sama merantau dengan menggunakan baik itu kendaraan pribadi, transportasi umum, atau ada juga yang sewa mobil. 

Kamu bisa memanfaatkan kondisi tersebut untuk mulai berbisnis rental mobil. Namun, perhatikan beberapa hal penting berikut apabila mulai bisnis rental mobil: 

  • Pastikan membuat surat perjanjian sebelum penyewa tandatangan. 
  • Pastikan surat yang ditandatangani dengan materai oleh kedua belah pihak
  • Cobalah untuk tahan KTP selama masa penyewaan berlangsung. 
  • Mintalah informasi lengkap terkait data pribadi penyewa. 
  • Demi keamanan, kamu bisa pasang alat pelacak GPS pada mobil. 


BACA JUGA: 6 Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

9. Cuci Kendaraan

Selain rental mobil, Ramadan juga jadi momen terbaik karena memiliki potensi untuk berbisnis cuci kendaraan. Pasalnya, tidak semua orang melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, ada juga mereka yang menggunakan transportasi seperti pesawat, kereta dan bus. Hal itu yang membuat orang-orang meninggalkan kendaraannya di rumah. Namun, karena tidak ingin repot saat kembali pulang dari mudik, biasanya orang-orang mencuci kendaraan mereka terlebih dahulu sebelum berangkat. 

Selain itu, ada juga sebagian orang yang ingin terlihat kendaraannya bersih saat kumpul bersama keluarga, sehingga mencari tempat cuci kendaraan. 

10. Penitipan Kendaraan

Lalu, untuk sebagian orang yang khawatir meninggalkan kendaraan pribadi mereka di rumah akan mencari tempat penitipan terbaik. Sebenarnya, tidak hanya di bulan Ramadan saja, tapi di hari biasa pun tempat penitipan kendaraan juga banyak dibutuhkan, lho. Apalagi melihat minimnya lahan parkir publik saat ini, tentu bisa jadi potensi bisnis dengan keuntungan cukup besar. 

11. Jasa Tukar Uang 

Tradisi lain yang juga masih melekat di masyarakat Indonesia adalah memberikan amplop untuk sanak saudara dengan jumlah nominal berbeda-beda. Tapi biasanya, menggunakan uang dengan pecahan kecil seperti Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Momen ini pun bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis jasa tukar uang. 

12. Amplop Design Khusus  

ide bisnis ramadan
gambar: freepik.com

Selain jasa tukar uang, kamu juga bisa menjual amplop dengan design unik bertema lebaran. Biasanya, untuk membagikan kepada sanak saudara agar lebih menarik banyak orang menggunakan amplop berwarna warni dengan design unik. Tujuannya agar lebih berkesan bagi penerima. Jadi, cobalah untuk memanfaatkan momen ini dengan berbisnis custom amplop

13. Penyaluran Asisten Rumah Tangga Selama Lebaran

Bagi orang-orang yang biasanya menggunakan Asisten Rumah Tangga (ART), biasanya akan kewalahan jika jelang lebaran. Pasalnya, banyak ART yang akan izin pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itulah, kamu bisa coba buka bisnis penyaluran ART selama lebaran, di mana membantu orang-orang yang mencari infal atau ART sementara untuk membantu. 

14. Gorengan 

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan jajanan gorengan, bukan? Makanan ini memang paling banyak dicari untuk menemani buka puasa. Selain karena permintaan pasar yang sangat besar, jualan gorengan juga lebih mudah dilakukan karena beberapa faktor seperti bahan-bahannya mudah ditemukan serta modalnya cukup terjangkau. 

15. Penitipan Hewan 

Tidak hanya penitipan kendaraan, tapi bagi sebagian orang yang memiliki hewan peliharaan juga membutuhkannya, lho. Mereka pasti akan membutuhkan perawatan hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, burung dan sebagainya selama ditinggal mudik oleh pemiliknya. Jadi, ide bisnis satu ini tentunya akan sangat menguntungkan, namun pastikan kamu memiliki pengalaman serta cara perawatan yang sudah sesuai dengan aturan ya. 

16. Katering Makanan Rumahan 

Katering makanan rumahan juga bisa menjadi ide bisnis yang cukup menarik, nih. Pasalnya,  orang-orang akan membutuhkan konsumsi dalam jumlah besar ketika mengadakan acara-acara di momen Ramadan dan Lebaran. 

Selain untuk acara, kamu juga bisa menawarkannya kepada anak kost atau pekerja kantoran karena seringkali mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan menu buka puasa atau sahur. Tapi cobalah melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk menentukan harga yang sesuai, ya. Buat pilihan paket katering menarik dengan harga terjangkau sesuai target market. 

17. Jasa Laundry Kilat 

Banyaknya ART yang pulang ke kampung halaman saat lebaran, ternyata membuat beberapa urusan rumah jadi terbengkalai. Salah satunya baju kotor yang menumpuk. Melihat hal itu, kamu bisa memaksimalkan peluang untuk menawarkan jasa laundry kilat. Bahkan mereka yang pergi mudik pun akan membutuhkan jasa ini agar tidak perlu repot mencuci pakaian kotor ketika pulang ke rumah setelah mudik. 

18. Oleh-Oleh Khas 

Bisnis pembuatan oleh-oleh khas daerah di mana kamu tinggal juga bisa jadi salah satu yang paling menjanjikan, lho. Bagaimana tidak, biasanya orang-orang yang akan pergi mudik atau bahkan pulang mudik akan mampir ke toko oleh-oleh terdekat untuk diberikan kepada tetangga atau teman-teman terdekat. Jadi, cobalah untuk menyediakan beragam produk makanan yang bisa dibawa untuk oleh-oleh, ya. 

19. Berjualan Bahan Pokok Online

Setelah merekomendasikan beberapa ide bisnis makanan di atas, tidak ketinggalan kamu juga bisa mulai usaha berjualan bahan-bahan pokok. Biasanya para pelaku bisnis makanan akan mencari supplier terbaik untuk stok bahan-bahan masakan, lho. Apabila kamu ingin menjualnya secara online, maka jadilah supplier di Youtap BOS dan dapatkan jangkauan pasar yang cukup luas hampir di seluruh Indonesia. 

Tapi perhatikan pengemasan dan jenis produk untuk menyesuaikan proses pengirimannya, ya. Tujuannya agar produk yang kamu jual bisa memiliki kualitas terbaik ketika sampai di pembeli.  

20. Jasa Pijat 

ide bisnis ramadan
gambar: freepik.com/jcomp

Bagi kamu yang punya keterampilan dalam pijat, hal ini bisa jadi salah satu bisnis jasa yang menguntungkan. Namun, untuk buka usaha ini kamu harus mendapatkan sertifikasi yang diperlukan agar memiliki kredibilitas yang baik di pasaran. Jika punya sertifikasi, maka kini tinggal promosikan layanan pijatmu secara lokal. Umumnya, orang-orang yang pulang dari mudik akan membutuhkan pijat agar tubuh lebih rileks setelah berjam-jam di perjalanan. 

21. Produk Kecantikan

Selain menjaga kebugaran tubuh, hal lain yang juga penting bagi wanita saat Lebaran adalah menggunakan serangkaian produk kecantikan, baik itu skin care atau make up. Tujuannya agar penampilan tetap menarik di hari lebaran. Sebagai langkah awal yang mudah kamu bisa menjadi seorang reseller produk kecantikan terlebih dahulu, dan jual secara online

22. Jasa Jahit

Terakhir adalah jasa jahit, karena kebanyakan orang ingin tampil beda saat lebaran. Jadi mereka berlomba-lomba membuat pakaian khusus yang sama untuk sekeluarga, sehingga ketika dalam acara foto-foto terlihat serasi. Bayaran jasa jahit di hari lebaran biasanya cenderung tinggi, karena harus menyesuaikan dengan minat pelanggan dan ada batas waktu tertentu. 

Setelah melihat beberapa ide bisnis Ramadan 2024 di atas, kini saatnya kamu mulai mempertimbangkan mana yang paling cocok dengan target pasar. Apabila ingin menjalankan bisnis makanan, maka pastikan kamu bekerja sama dengan supplier terbaik. Kamu bisa temukan berbagai produk makanan dari supplier terbaik di Youtap BOS, ya!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama