January 7, 2022

6 Cara Memulai Bisnis Rental Mobil

Kebutuhan transportasi yang semakin tinggi, ternyata bisa jadi peluang bisnis cukup menjanjikan. Bagi kamu yang tertarik, berikut cara membangun bisnis rental mobil.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Semakin meningkatnya kebutuhan transportasi saat ini termasuk Indonesia, tentu bisa menjadi peluang bisnis rental mobil yang cukup menjanjikan. Hal itu karena, bisnis rental mobil ini selalu memiliki peminat di pasaran. Dan bagi kamu yang tertarik, berikut beberapa cara membangun bisnis rental mobil. 

Cara Memulai Bisnis Rental Mobil 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa bisnis rental mobil ini memang terbilang cukup menjanjikan karena selalu memiliki peminat di pasaran. Hal itu pun tentunya akan menghasilkan banyak keuntungan. 

Dan modal yang dibutuhkan untuk membangun bisnis rental mobil pun tidak terlalu besar. Bahkan, bisa dikatakan bahwa bisnis rental mobil modal kecil sangat bisa dilakukan. 

Apabila dilihat dari perhitungannya, kamu hanya membutuhkan modal awal untuk uang muka membeli mobil sewaan. 

Dan setelahnya, kamu dapat menggunakan penghasilan dari sewa mobil untuk membayar angsuran dan perawatan secara berkala. Dan berikut ini beberapa cara memulai bisnis rental mobil:

1. Memiliki Izin Usaha 

Cara mulai bisnis rental mobil yang pertama adalah memiliki izin usahanya terlebih dahulu. Dengan adanya izin usaha, tentu mobil yang disewakan lebih terjamin dari segi hukum. Apabila kamu memiliki rental mobil yang sudah terdaftar secara sah dari pemerintah, tentu akan bisa menjalankan bisnis ini dengan aman dan nyaman. Tak hanya untuk pemilik bisnis tetapi juga penyewa mobil. 

2. Mempersiapkan Target Pasar 

Jika sudah mengantongi izin usaha, cara memulai bisnis rental mobil selanjutnya adalah menentukan target pasar. Target pasar yang dimaksud yaitu, menentukan kepada siapa bisnis rental mobil milikmu akan ditawarkan, bisa jadi perorangan atau perusahaan. 

Keperluan penyewaan mobil untuk perorangan dan perusahaan biasanya akan sedikit berbeda. Sebagai contoh, penyewaan mobil untuk perorangan lebih suka yang kapasitas penumpangnya banyak dan memiliki kesan mewah. 

Namun, berbeda dengan sewa mobil untuk perusahaan karena umumnya cenderung memilih mobil yang bahan bakarnya irit. Hal ini menjadi pilihan untuk perusahaan karena mereka akan memiliki banyak destinasi yang dituju. 

3. Pilih Lokasi Tempat Penyewaan yang Strategis

Cara memulai bisnis rental mobil
Gambar: freepik.com/macrovector

Kemudian, pilihlah lokasi di tempat strategis. Meskipun terlihat sepele, tetapi lokasi sangat menentukan maju atau tidaknya sebuah usaha. 

Dengan lokasi yang strategis, tentu akan membuat usaha lebih mudah dijangkau oleh para penyewa dan berdampak pada peningkatan keuntungan. 

4. Tawarkan Mobil-Mobil yang Banyak Diminati Orang

Kamu juga harus memilih mobil yang tepat agar bisa membangun bisnis ini. Pastikan saja bahwa mobil yang dapat disewakan dapat memenuhi kebutuhan para penyewa atau sesuai dengan kebutuhan mereka untuk bepergian. 

Contohnya seperti membeli mobil keluarga dan SUV, ini menjadi pilihan tepat karena  sangat diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Upayakan agar tidak membeli mobil bekas dengan asal, kamu harus tahu betul seperti apa kondisi terakhir kali. 

5. Buatlah Peraturan Penyewaan Mobil dengan Jelas

Peraturan, syarat sampai dengan harga sewa mobil tidak boleh dilupakan. Kamu harus membuatnya dengan rinci agar tidak terjadi kendala antara pihak pemilik dan penyewa mobil. 

Pastikan saja, kamu memiliki data diri penyewa mobil secara jelas. Selaku pemilik sewa mobil, kamu wajib mengetahui secara detail tentang  calon penyewa mobil. Dibutuhkannya identitas diri dari penyewa secara jelas untuk menghindari penyalahgunaan atau penggelapan unit. 

6. Daftarkan Asuransi Mobil

Cara memulai bisnis rental mobil
Gambar: freepik.com/prostooleh

Selain itu, kamu juga perlu asuransi mobil karena risiko terjadinya mobil lecet saat disewa memang sangat besar bisa terjadi. 

Itulah beberapa cara membangun bisnis rental mobil. Poin penting selain keadaan dan jumlah unit mobil yang dipunyai, kamu juga harus memperhatikan faktor lain seperti peraturan penyewaan, asuransi bahkan hingga lokasi strategi agar lebih mudah dijangkau. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama