Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 12, 2024

Ide Bisnis Iduladha yang Cuannya Dijamin Mengalir Deras!‍

Bagi kamu yang ingin mendapatkan banyak keuntungan walaupun usahanya hanya musiman, simak yuk beberapa ide bisnis Iduladha berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Menjelang Hari Raya Iduladha, biasanya para umat Muslim melaksanakan ibadah kurban yaitu menyembelih hewan ternak dan dagingnya akan dibagikan kepada orang-orang membutuhkan seperti keluarga atau tetangga terdekat. Namun, momen Iduladha ini tidak hanya semata-mata tentang ibadah, tapi juga bisa menjadi kesempatan bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnis Iduladha dan meraup keuntungan. Walaupun hanya usaha musiman, tidak dipungkiri berbisnis di momen Iduladha juga mendatangkan pemasukan yang besar, lho. Bagi yang tertarik berikut ini beberapa idebisnis Iduladha. 

Ide Bisnis Iduladha

Berikut beberapa bisnis Iduladha yang keuntungannya cukup menjanjikan walau dijalankan secara musiman: 

1. Bisnis Hewan Kurban 

ide bisnis iduladha hewan kurban
gambar: freepik.com/jcomp

Apabila kamu memiliki relasi atau akses dengan peternak hewan terbaik di berbagai daerah, maka tidak ada salahnya coba menjalankan bisnis hewan kurban. Selain menjualnya secara langsung ke masyarakat, kamu juga bisa menjadi pemasok hewan kurban kepada penjual. Apabila kamu jadi pemasok hewan kurban, maka pemasukannya tentu akan lebih besar karena langsung transaksi dalam jumlah banyak. 

2. Bisnis Jasa Pemotongan Hewan Kurban 

Kemudian, bisnis jasa pemotongan hewan kurban juga jadi yang paling banyak dicari saat Iduladha. Pasalnya dalam memotong dan mempersiapkan daging kurban setelah hewan dikorbankan ternyata perlu memiliki orang yang ahli dibidangnya. Melihat peluang tersebut tentu membuat bisnis jasa pemotongan hewan kurban ini cukup menjanjikan. 

3. Bisnis Katering Olahan Daging 

Ketika Iduladha, bisnis katering olahan daging juga banyak diminati. Namun sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki keahlian atau keterampilan mengolah daging kurban dengan benar dan lezat. Sehingga bagi kamu yang mahir dalam memasak, maka buka jasa katering olahan daging bisa jadi salah satu bisnis yang menguntungkan, lho.  

Nantinya, olahan-olahan daging kurban tersebut dapat dijadikan berbagai produk jualan seperti  dendeng, sosis, bakso, atau makanan lainnya. Jadi, kamu bisa memaksimalkan pengolahan daging kurban yang tersedia untuk dijual kembali ke masyarakat. 

BACA JUGA: Budget Terbatas? Ini Ide Usaha Modal 2 Jutaan, Dijamin Untung!

4. Bisnis Bumbu Siap Pakai

ide bisnis iduladha
gambar: freepik.com

Peluang bisnis lainnya adalah menjual bumbu siap pakai yang nantinya bisa mendukung cita rasa olahan daging kurban. Seperti yang kita tahu bahwa kebanyakan orang tidak memiliki cukup waktu membuat bumbu sendiri, bukan? Sehingga banyak yang lebih memilih menggunakan bumbu siap pakai termasuk saat memasak daging kurban. Oleh karena itulah, berbisnis bumbu siap pakai ini sangat menguntungkan saat Iduladha, namun bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang karena setiap makanan pasti membutuhkan bumbu-bumbu tertentu. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini, maka ada baiknya untuk menggunakan sistem pemesanan terlebih dahulu atau lebih dikenal dengan Pre-Order agar bumbu bis disediakan dalam keadaan segar. 

5. Bisnis Peralatan Masak 

Bisnis peralatan dan perlengkapan masak juga menjanjikan dari segi keuntungan karena dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang. Pada saat momen Iduladha banyak orang mungkin akan mencari berbagai peralatan seperti arang, tusuk sate, arang, kipas, batok kelapa dan lain-lainnya. Melihat ukuran daging kurban yang biasanya cukup besar dan jumlah porsinya banyak, maka banyak orang pasti akan membutuhkan peralatan masak yang kualitasnya baik. 

6. Bisnis Baju Muslim   

ide bisnis iduladha
gambar: freepik.com/garetsvisual

Ide bisnis menjelang Iduladha yang juga tidak kalah menggiurkan adalah menjual baju muslim. Sama seperti momen lebaran Idulfitri, banyak juga umat Muslim yang ingin tampil menawan di hari tersebut karena akan bertemu banyak orang, keluarga hingga teman atau tentangga terdekat. 

Apabila kamu memiliki modal besar, cobalah untuk memborong dari pedagang grosir, sehingga lebih mudah mendapatkan diskon jika melakukan pemesanan dalam jumlah banyak. Tapi jangan khawatir jika modal yang kamu miliki tidak terlalu besar, karena bisa juga dengan menjadi reseller, lho. 

BACA JUGA: 8 Cara Memulai Bisnis Baju dengan Desain Sendiri

7. Bisnis Jasa Fotografi dan Videografi

Terakhir adalah membuka bisnis jasa fotografi dan videografi. Kamu bisa coba menawarkan dokumentasi untuk momen-momen spesial, salah satunya saat Hari Raya Iduladha. Di mana gambar atau video yang diambil akan lebih fokus pada momen sembelih hewan kurban, pemotretan keluarga, dan lain-lainnya. 

Dari beberapa rekomendasi ide bisnis Iduladha di atas, mana nih yang paling sesuai dengan perencanaanmu? Namun, pastikan sebelum mulai usaha, kamu memiliki modal serta perencanaan yang cukup matang dan kuat, ya. Lalu, jangan lupa untuk mulai menggunakan Aplikasi POS Youtap karena mampu mendukung pengelolaan seluruh kegiatan operasional bisnis. Di mana pencatatan transaksi, pembuatan laporan keuangan dan analisis penjualannya pun dapat dilakukan secara otomatis dan real time

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama