July 19, 2022

Tips Menjalankan Sistem Pre Order Agar Bisnis Online Berjalan Efektif dan Sukses

Seperti yang kita tahu, saat ini sistem pre order dalam bisnis online seringkali digunakan. Namun agar lebih efektif, berikut tips menjalankan sistem pre order dengan benar.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan sistem pre order ketika melakukan belanja online, bukan? Biasanya sistem seperti ini diterapkan bagi bisnis yang baru saja merintis dengan modal tidak terlalu besar. Bagi kamu yang tertarik menerapkannya, berikut kiat-kiat menjalankan sistem pre order secara efektif dalam bisnis online. 

Apa itu Sistem Pre Order?

Sistem pre order
Gambar: freepik.com/tirachardz

Pre order merupakan sebuah sistem pembelian produk yang dilakukan para penjual sebelum stok barang tersedia. Sederhananya, pengertian pre order sendiri adalah aktivitas jual beli yang mana customer memesanan dan membayar produk di awal, dengan estimasi waktu yang telah diinfokan serta disepakati di awal, hingga stok produk tersedia. 

Tips Menjalankan Sistem Pre Order Berjalan Efektif Agar Bisnis Online Laku Keras   

1. Pastikan memahami tugas saat sistem pre order 

Sistem pre order
Gambar: freepik.com/jcomp

Pertama, memastikan bahwa tugas-tugas setiap orang atau karyawan jelas ketika menerapkan sistem pre order. Sebagai pemilik bisnis online, kamu harus mendedikasikan diri dan mengajak seluruh tim untuk berkomitmen pada rencana pre order yang diterapkan. 

Pasalnya, sistem PO juga membutuhkan strategi khusus, mulai dari anggaran, jenis barang yang ditawarkan, hingga mekanisme pemesanannya. Jadi, ada baiknya untuk membagi tugas dengan tim secara jelas agar sistem pre order atau disebut PO ini dapat berjalan lancar. 

2. Persiapkan timeline pre order dengan jelas 

Sistem pre order
Gambar: freepik.com/jcomp

Kedua, mempersiapkan timeline pre order dengan jelas. Sebaiknya jadwal PO dilaksanakan pada akhir bulan dan awal bulan, karena menjadi waktu yang tepat bagi semua orang yaitu saat gajian. 

Sehingga, memicu banyak orang untuk membeli produk di toko online milikmu. Lalu, sebelum periode PO berakhir, kamu juga harus melakukan rekapitulasi pesanan pelanggan. Tujuannya, agar dapat menghindari kesalahan dan komplain konsumen. Takk hanya itu saja, kamu juga perlu mencatat dengan detail setiap pesanan yang masuk agar lebih mudah mengorganisir data pembeli. 

3. Pastikan memilih supplier berkualitas 

Sistem pre order
Gambar: freepik.com/benzoix

Ketiga, memastikan pilih supplier yang berkualitas. Dalam hal ini kamu memang harus sangat selektif, pastikan supplier yang dipilih kredibel dan terpercaya. Jadi, ada baiknya melakukan pengamatan atau riset beberapa supplier terlebih dahulu untuk menjadi bahan pertibambangan.

Selain itu, kamu juga harus mencatat setiap kelebihan dan kekurangan masing-masing supplier. Pilihlah yang dapat memberikan harga kompetitif, jadi nantinya harga jual tidak terlalu mahal. 

4. Buatlah Deskripsi secara Jelas 

Bukan hanya untuk produk digital, semua jenis produk maupun jasa butuh deskripsi. Ini langkah penting, apalagi kamu menjual produk digital. Konsumen tentu ingin mengetahui spesifikasi, deskripsi bahkan kelebihan produk kamu dibanding produk lain. Sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan apa yang dibutuhkan. 

5. Tunjukkan Keunggulan Produk 

Woman in post warehouse
Gambar: freepik.com

Kelima, tunjukkan keunggulan produk bisnis milikmu. Pelanggan tentunya memiliki alasan yang jelas mengapa lebih memilih untuk membeli produk yang kamu tawarkan melalui sistem PO. Jadi, pastikan produk yang kamu hadirkan memiliki nilai plus dan merupakan produk yang tidak mudah ditemukan. 

6. Manfaatkan pemasaran melalui influencer untuk membangun hype secara online 

Sistem pre order
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Keenam, memanfaatkan pemasaran melalui influencer agar bisa terlibat dengan audiens lebih intens secara online. Namun, perlu diingat influencer memiliki kebebasan penuh untuk memberikan pendapat jujur mereka tentang produk bisnis milikmu. Sehingga para pelanggan akan lebih percaya dengan kualitas yang dimiliki.  Lalu, tawarkan juga diskon atau bundel khusus kepada audiens dengan kode unik yang disematkan oleh para influencer

Itulah beberapa tips menjalankan sistem pre order agar bisnis online berjalan efektif dan sukses. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital Youtap POS yang memiliki berbagai macam fitur canggih untuk bantu membuat laporan penjualan, analisis hingga pencatatan transaksi secara otomatis setiap harinya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama