Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 14, 2024

Franchise Warteg: Rekomendasi dan Tips Sukses Memulainya

Memiliki target pasar yang luas dan dapat memberikan keuntungan menjanjikan, ini rekomendasi franchise warteg dan tips sukses memulainya.

Isi Artikel

Warung Tegal atau lebih sering disebut warteg merupakan tempat makan yang menyediakan menu rumahan dengan harga cukup murah dan porsi banyak. Warteg sendiri memiliki ciri khas yaitu tempatnya yang tidak terlalu besar dan pilihan makanannya akan diletakkan dalam lemari kaca, sehingga pelanggan lebih mudah melihatnya. Warteg sendiri menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan serta stabil, karena setiap orang akan membutuhkan minuman dan makanan setiap harinya. Bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis ini, simak yuk rekomendasi franchise warteg dan tips sukses memulainya dari nol. 

Target pasar bisnis warteg pun juga cukup banyak dan luas, karena disukai oleh hampir seluruh pekerja luar ruangan, kantoran bahkan hingga mahasiswa. Banyak dari mereka yang lebih memilih beli makanan di warteg karena harganya murah, porsi banyak serta menunya cocok di lidah hampir semua orang. 

Bisnis Franchise Warteg

franchise warteg
gambar: freepik.com/fxquadro

Bisnis warteg memang memiliki target pasar yang luas karena hampir seluruh masyarakat dari berbagai kalangan baik itu pekerja kantoran, keluarga, hingga mahasiswa membutuhkan makan dan minum setiap hari. Biasanya orang-orang lebih memilih beli makanan di warteg karena berbagai alasan seperti, harganya terjangkau, ada yang sibuk sehingga tidak sempat masak di rumah atau memang lebih cocok konsumsi menu rumahan. 

Menurut Youtap, bisnis warteg akan menjadi usaha yang bisa dilakukan dalam jangka waktu panjang karena akan tetap banyak diminati. Meskipun kini sudah banyak pelanggan yang tidak makan langsung di tempat, tapi mereka tetap membeli produknya dengan pesan melalui kurir dan diantar langsung ke tempat masing-masing. 

Bagi kamu yang tertarik menjalankan bisnis ini, Youtap punya rekomendasi franchise warteg terbaik nih, yaitu Warteg Impian Bahari di Youtap BOS. Salah satu merek bisnis franchise warteg ini sukses memiliki lebih dari 20 outlet yang lokasi sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan menyediakan 100 menu makanan. Berikut beberapa paket kemitraan yang ditawarkan oleh franchise Warteg Impian Bahari (WIB)

  1. WIB Paket Standart, menawarkan fasilitas renovasi, peralatan, perlengkapan, bahan baku, hingga pengelolaan SDM. 

           WIB Pelunasan Paket Standart, menawarkan fasilitas pengerjaan renovasi, PO peralatan, dan persiapan karyawan. 

  1. WIB Paket Eksekutif, menawarkan fasilitas renovasi, peralatan, perlengkapan, bahan baku, hingga pengelolaan SDM dengan sistem semi autopilot.

            WIB Pelunasan Paket Eksekutif, menawarkan fasilitas pengerjaan Renovasi, PO peralatan, hingga persiapan karyawan. 

  1. WIB Paket Catering, menawarkan fasilitas renovasi, peralatan, SDM, makanan di supply dari warteg WIB. 

            WIB Pelunasan Paket Catering, menawarkan fasilitas pengerjaan Renovasi, PO peralatan, hingga persiapan karyawan.

      4. DP (Tanda Jadi), ini menjadi harga untuk mengikat kerjasama antara pihak WIB dan pelanggan, pencarian lokasi (Jabodetabek) serta jangan lupa lakukan survey di           tempat sekitar kamu berjualan.  

Tips Sukses Memulai Bisnis Franchise Warteg

franchise warteg
gambar: freepik.com/jcomp

Apabila kamu ingin memulai bisnis franchise warteg, simak beberapa tips suksesnya berikut yuk: 

1. Cari Tahu Informasi Franchisor 

Semakin banyaknya pilihan franchisor yang buka kemitraan untuk bisnis warteg, tentu membuat kamu perlu mempertimbangkan banyak hal sehingga mencari tahu informasi seputar brand yang ingin dipilih jadi hal paling penting. Salah satunya adalah Warteg Impian Bahari. Lakukanlah riset mendalam seputar franchisor agar kamu memahami seluruh syarat dan ketentuannya sehingga bisnis dapat berjalan lancar. 

Bila penentuan franchisor warteg telah selesai, kamu bisa langsung menghubungi pihak terkait atau manajemennya untuk mengetahui jumlah modal yang dibutuhkan agar bisa bermitra dan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan selanjutnya.

2. Pelajari dan Pahami Seluruh Produk Serta Cara Pengelolaannya

Kemudian, pastikan untuk mempelajari dan memahami dengan detail seluruh produk serta cara pengelolaannya. Walaupun bisnis franchise memang lebih mudah untuk memulainya, namun agar usaha mampu bertahan di pasaran dalam waktu yang lama maka perlu dipelajari secara detail faktor pendukung sukses lainnya. 

Umumnya, bila kerjasama telah resmi dilakukan dari pihak franchisor akan memberikan pembekalan product knowledge serta bimbingan pengelolaan bisnis. Selain itu, akan ada juga pelatihan untuk menyusun laporan keuangan agar finansial bisnis dapat tercatat dengan baik. Bahkan kini pencatatan transaksi, pembuatan laporan hingga analisis penjualan bisa berjalan lebih mudah, praktis dan efektif dengan Aplikasi Kelola Usaha Youtap POS

3. Buat Pilihan Menu yang Menarik

Biasanya sebagai pembeda dari kompetitor, setiap warteg memiliki menu andalan yang paling banyak diminati oleh konsumen. Oleh karena itulah, cobalah untuk buat pilihan menu yang unik dan menarik. Sebagai contoh sederhana, apabila di tempat makan lain hanya menyediakan tahu goreng biasa, maka kamu bisa menambahkan pilihan seperti tahu isi atau tahu bulat. 

Namun, jangan lupa bahwa kualitas rasa makanan juga perlu dipertimbangkan, ya. Jadi, jangan sampai hanya fokus pada pilihan menu unik, tapi pertimbangkan juga apakah rasanya cocok dengan lidah pelanggan. Pasalnya, bila kamu hanya memperhatikan menu unik tanpa kualitas rasa, maka peminatnya pun juga sedikit. 

Selain itu, pertimbangkan saat menentukan harga jual. Cobalah lakukan riset harga pada warteg-warteg yang lokasinya berdekatan dengan tempat usahamu. Tidak ada salahnya memberikan harga yang kompetitif, agar bisa membuat pelanggan merasa menu yang dipesan cukup setara dengan uang yang harus dikeluarkan.

4. Sediakan Fasilitas yang Bersih dan Nyaman

Memberikan fasilitas yang bersih dan nyaman juga tidak boleh disepelekan, karena akan memengaruhi bisnis warteg milikmu. Contoh fasilitas yang sebaiknya disediakan di warteg adalah tisu, tempat cuci tangan, colokan listrik dan lain-lainnya.  

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan karena akan berdampak pada pengalaman pelanggan selama makan di warteg milikmu. Ini yang juga jadi faktor apakah pelanggan akan merasa nyaman atau tidak. 

5. Gunakan Bahan Baku Berkualitas

Terakhir perhatikan penggunaan bahan baku karena akan memengaruhi cita rasa masakan. Pilihlah bahan baku yang masih segar, sehingga makanan semakin lezat. Dalam penggunaan bahan baku yang berkualitas kamu bisa temukan berbagai macam produk sesuai kebutuhan di Youtap BOS

Selain mempertimbangkan bahan baku yang murah, namun lihat juga apakah kualitasnya cukup baik atau tidak. Apabila kamu kesulitan menemukan supplier secara langsung, maka bisa langsung pilih di Youtap BOS karena kami menyediakan supplier terbaik yang tentu kualitas dan harga tidak perlu diragukan lagi. 

Itulah penjelasan mengenai rekomendasi franchise warteg dan tips sukses memulainya dari Youtap. Sebagai tips terakhir, sebaiknya hindari untuk memanaskan kembali makanan yang sudah ada, ya. Hal ini akan membuat menu yang kamu jual terlihat tidak segar dan membuat pelanggan tentu ragu untuk membelinya. Apabila kamu tidak ingin membuang-buang makanan, maka ada baiknya sisa jualan disumbangkan kepada yang membutuhkan. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama