January 6, 2022

Cara Mulai Usaha Gerobakan yang Menguntungkan

Cara mulai usaha gerobakan dengan menerima transaksi non tunai yang paling praktis adalah dengan menggunakan aplikasi usaha Youtap. Dengan fitur QRIS

Keterbatasan tempat usaha, tak menghalangi langkah untuk memulai suatu usaha. Cara memulai usaha dapat dilakukan dengan skala usaha gerobakan atau booth, namun tetap bisa menguntungkan, asalkan tahu bagaimana mengelolanya. 

Saat ini berbagai  booth tampil dengan desain yang menarik dan unik, sekaligus fungsional, untuk digunakan dalam memulai usaha gerobakan di berbagai lokasi yang strategis. Ada yang terbuat dari kayu, juga ada yang terbuat dari bahan alumunium dan seng, atau bahan kontainer. 

Berikut ini tips cara usaha gerobakan yang menguntungkan yang dapat kamu pertimbangkan. 

  1. Usaha jajanan angkringan   

Usaha angkringan merupakan usaha kuliner yang cepat laris diminati oleh pembeli. Konsumennya beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan kelompok lansia. Dengan menu khas seperti nasi kucing atau sego kucing, susu jahe hangat, gorengan, sate usus ayam, ati ampela, dan menu tertentu, seperti ketan bakar; usaha gerobakan angkringan dapat menjadi pertimbangan peluang usaha.  

Cara memulai usaha angkringan dapat diawali dengan memilih lokasi yang strategis, yang ramai dikunjungi orang pada malam hari. Selain itu, tempatnya juga memungkinkan para pelanggan bisa duduk lesehan beralaskan tikar di dekat gerobak angkringan. 

Lokasi seperti itu, biasanya merupakan pelataran parkir atau pelataran bangunan ruko atau tempat usaha yang hanya buka sampai sore hari, sehingga pada malam harinya bisa dimanfaatkan untuk jualan angkringan. 

Gerobak angkringan 

Gerobak angkringan memiliki ciri khas tersendiri, yang berbeda dari gerobak bakso atau mie ayam. Yakni terbuat dari kayu mahoni, dengan warna cat coklat muda, serta tempat kompor yang terpisah dari gerobak. Fungsi gerobak ini adalah untuk menaruh makanan yang dijual, serta pada bagian lacinya untuk  menyimpan piring, gelas, dan perlengkapan makan lainnya.  

Gerobak angkringan bisa dibeli secara online, dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 1,7 jutaan hingga Rp 5 jutaan, tergantung ukuran dan kualitas material kayunya.  Sedangkan untuk bahan makanan, mungkin dengan modal Rp100-200 ribu sudah bisa untuk mulai jualan angkringan.  Keuntungan yang diperoleh dari usaha angkringan per harinya mulai dari puluhan ribu rupiah, hingga jutaan rupiah. Hal itu tergantung dari lokasi usaha, dan jumlah menu yang terjual. 


Baca Juga: 8 Inspirasi Usaha Untung Besar Yang Patut Dicoba 

  1. Warung kopi premium gerobakan  

Kebutuhan minum kopi dengan bahan baku biji kopi arabika maupun robusta dengan kualitas yang baik sudah menjadi suatu kebutuhan utama bagi generasi milenial (mereka yang lahir pada tahun 1980 – 1996), dan Gen Z yang lahir setelahnya. 

Berbeda dengan generasi–generasi sebelumnya yang terbiasa dengan kopi instan dan kopi sachet, cara seduh kopi generasi milenial jauh lebih ribet, tapi berkelas, dan membutuhkan beberapa peralatan khusus. Kamu bisa manfaatkan itu sebagai peluang usaha kopi dengan konsep gerobakan, tanpa perlu menyewa tempat usaha yang mahal dan luas. 

Dibandingkan usaha angkringan cara memulai usaha gerobakan kopi ini memang agak sedikit rumit, karena selain menyiapkan gerobak, juga perlu menyiapkan berbagai peralatan lainnya. Peralatan yang diperlukan, minimal adalah timbangan, coffee grinder untuk menggiling biji kopi, drip coffee maker, moka pot, mesin kopi espresso, dan peralatan memasak, serta wadah untuk memasak. 

Dengan warung kopi gerobakan, penggemar kopi premium tidak harus datang ke kedai kopi yang mahal untuk menikmati segelas kopi yang enak. Seorang barista dengan warung gerobakan, selama dia paham cara menyeduh kopi yang enak, tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial yang gemar kopi, dengan harga kaki lima. 

  1. Usaha ayam goreng  

Ayam goreng dengan lapisan tepung yang tebal dan krispi, merupakan salah satu menu yang cukup banyak diminati orang. Untuk membuka bisnis ini, cara memulai usaha dapat dilakukan dengan menggunakan gerobak atau booth, dan menyewa sedikit lahan parkir di depan toko atau ruko. 

Berbagai  desain booth yang menarik dan fungsional dapat dipesan melalui berbagai pembuat gerobak secara online. Banyak juga yang menjual ayam goreng atau goreng-gorengan menggunakan gerobak kayu berlapis alumunium, dengan dinding kaca sebagai etalasenya.

Terserah kamu, mau menggunakan jenis gerobak yang mana. Namun yang pasti, hal terpentingnya adalah kualitas ayam goreng yang kamu jual tidak kalah dengan yang dijual di restoran cepat saji, namun harganya lebih murah. 


Baca Juga : 7 Ide Usaha Dengan Modal Kecil Untung Besar 

  1. Usaha minuman dingin teh boba dan Thai tea 

Berbagai minuman dingin dengan bahan dasar teh susu telah menjadi minuman yang disukai banyak orang. Minuman jenis ini berasal dari Taiwan dan Thailand, seperti misalnya  teh boba dan Thai tea. Kedua minuman tersebut sangat diminati karena rasanya yang manis dan disajikan dalam keadaan dingin.  

Cara memulai usaha minuman teh susu dingin dengan berbagai variasi topping dapat dimulai dengan gerobak. Cara ini akan lebih menguntungkan, karena kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa ruangan atau tempat jualan. Selain itu, gerobak bisa dipindahkan dengan mudah ke tempat lain. 

Berjualan minuman dingin di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, yang hanya mengenal dua musim (musim panas dan musim hujan)  tentunya akan lebih besar peluangnya menghasilkan cuan, dibandingkan dengan negara yang memiliki empat musim. Di sini, kamu bisa jualan minuman es hampir sepanjang waktu dalam setahun. 

Jadi, minuman dingin dengan konsep jualan pakai gerobak atau booth  bisa dipertimbangkan sebagai peluang usaha gerobakan yang menguntungkan. 

Bagaimana agar usaha gerobakan omset penjualannya meledak? 

Strategi meningkatkan penjualan makanan dan minuman saat ini, selain melakukan penjualan di tempat, juga dengan pemasaran online melalui aplikasi layanan pesan antar makanan dan minuman. Kamu bisa bergabung dalam kemitraan dengan Go Food, Grab Food, dan Shopee Food.   

Selain itu, strategi yang tak kalah pentingnya,   dalam meningkatkan omzet penjualan adalah dengan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran. Saat ini, transaksi digital atau pembayaran non tunai (cashless) telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam  kehidupan masyarakat, khususnya pada generasi milenial dan gen Z. Maka tak ada salahnya jika warung gerobakan mu juga bisa melayani pembayaran non tunai.  

Apalagi selama masa pandemi, banyak orang yang merasa tidak tenang dengan penggunaan uang tunai kertas dalam pembayaran, dikarenakan kuatir dapat membawa virus COVID-19. 


Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipelajari dari Aplikasi Kasir Online 

Menggunakan aplikasi kelola usaha Youtap 

Cara mulai usaha gerobakan dengan menerima transaksi non tunai yang paling praktis adalah dengan menggunakan aplikasi usaha Youtap. Dengan fitur QRIS yang ada di dalamnya, kamu bisa menerima semua transaksi digital dari berbagai dompet digital yang berbeda dari pelanggan. Dengan semakin fleksibel dalam menerima jenis transaksi pembayaran, tak hanya transaksi tunai, maka warung gerobakan kamu akan semakin meningkat penjualannya.  

Aplikasi usaha Youtap memiliki banyak fitur yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan bisnis yang kamu rintis. Mulai dari menu kasir online, kalkulator digital, pencatatan seluruh transaksi penjualan tunai, pembayaran QRIS dan cashless dari semua dompet digital, cetak struk, dapat kamu lakukan dalam satu aplikasi usaha. 

Tunggu apalagi, kamu hanya perlu waktu satu menit untuk  mulai usaha dengan Youtap. 


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang