Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 21, 2024

Tips Membuka Bisnis Toko Bangunan

Termasuk salah satu jenis usaha yang cocok untuk jangka panjang dan menguntungkan, berikut tips membuka bisnis toko bangunan yang tepat.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu jenis usaha yang memiliki peluang cukup menjanjikan dan tergolong untuk jangka waktu panjang adalah bisnis toko bangunan. Alasannya karena jenis usaha ini mampu menghasilkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya, apabila dilakukan dengan benar dan memiliki strategi tepat. Apalagi jika dilihat dari sisi kebutuhan banyak orang saat ini, pembangunan pasti akan terjadi yang setiap tahunnya. 

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai bisnis toko bangunan ini, maka coba untuk pelajari terlebih dahulu kelebihan, kekurangan serta tips-tips yang perlu dilakukan untuk membuka bisnis toko bangunan berikut. 

Tips Memulai Usaha Toko Bangunan

membuka bisnis toko bangunan
gambar: freepik.com

1. Tentukan Lokasi Usaha yang Strategis

Hampir sama dengan tips memulai usaha lainnya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan lokasi strategis. Pastikan kamu memilih lokasi strategis yang memang mudah diakses oleh hampir semua orang seperti jalan raya. Selain itu, pastikan bahwa bisnis toko bangunan milikmu memiliki lahan parkir yang luas, sehingga kendaraan customer atau bahkan pengangkut berukuran besar mudah untuk menjangkaunya. 

Bila kamu memiliki lahan pribadi yang dapat dipergunakan untuk membuka toko bangunan maka lebih baik karena dapat menghemat budget bisnis. Namun, jika harus sewa, pastikan memilih ruko yang tepat.

2. Pilih Barang dan Fasilitas yang Akan Dijual 

Kemudian, pilih jenis barang dan fasilitas seperti apa yang akan dijual ke konsumen. Bagi kamu yang masih bingung dengan produk-produknya, berikut beberapa rekomendasi material yang bisa dijual di bisnis toko bangunan milikmu: 

  • Pasir
  • Batako 
  • Batu bata 
  • Triplek 
  • Besi beton 
  • Cat
  • Kayu
  • Semen
  • Paku 
  • Pipa 
  • Keramik
  • Seluruh alat-alat listrik

Selain memperhatikan jenis-jenis produk yang akan dijual ke konsumen, kamu juga perlu menyediakan lemari atau rak untuk menyimpan seluruh material berukuran kecil seperti cat atau paku. Lalu, untuk material berukuran besar umumnya akan diletakkan pada bagian halaman toko atau bisa rak yang posisinya di luar ruangan sehingga terlihat lebih rapi dan tidak menumpuk. 

Jangan lupa untuk mulai memikirkan fasilitas yang bisa kamu berikan untuk para calon pelanggan seperti parkir hingga lokasi untuk bongkar pasang muatan, minuman gratis dan toilet yang bersih. Apabila kamu mempersiapkan bahan material yang lengkap dan aman, maka dengan begitu customer dapat dipastikan memiliki pengalaman baik dan akan berdampak pada nilai tambah usaha toko bangunanmu. 

3. Wajib Memiliki Modal Usaha yang Cukup Sesuai Kebutuhan 

Selanjutnya, bisnis toko bangunan juga akan membutuhkan modal yang cukup besar, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Besaran modal yang dibutuhkan tentu akan didasarkan pada besar kecilnya bisnis toko bangunan. Kebutuhan material untuk jualan pun juga termasuk dalam perhitungan modal seperti pasir, batu, semen, keramik dan yang lainnya. Pasalnya, bila kamu berjualan maka perlu beli material dalam jumlah besar sehingga memiliki persediaan stok produk. 

BACA JUGA: Laporan Perubahan Modal Pada Bisnis

4. Kerja Sama dengan Supplier Terbaik

bisnis toko bangunan
gambar: freepik.com/

Demi mendukung bisnis toko bangunan yang berjalan lancar, kamu perlu lakukan kerja sama dengan supplier terbaik. Tujuannya agar seluruh persediaan toko lengkap sehingga tidak menjadi kendala saat adanya peningkatan permintaan dari konsumen. Namun, dalam pemilihan supplier kamu harus berhati-hati, cobalah memperhatikan kualitas material dan reputasi yang baik. Bagi kamu yang masih pemula di industri bisnis satu ini dapat meminta rekomendasi kepada sesama rekanan toko bangunan senior, sehingga informasinya lebih valid. Cara alternatif lainnya, kamu bisa memanfaatkan relasi dengan kontraktor dan mandor untuk mendapatkan informasi tentang supplier. 

5. Tentukan Harga Jual yang Terjangkau

Dalam penentuan harga jual kamu juga harus lakukan perhitungan dengan tepat karena akan dapat memengaruhi pendapatan bisnis. Walaupun perbedaan harganya kecil, tapi jika kompetitor memiliki harga yang lebih kompetitif maka konsumen akan lebih memilihnya. Oleh karena itu, melakukan riset harga jual dengan kompetitor sangatlah penting. Selain itu, faktor yang juga memengaruhi harga jual adalah harga-harga material dari supplier.

6. Berikan Pelayanan yang Terbaik

Selain melengkapi seluruh faktor penunjang bisnis toko bangunan di atas, kamu juga tidak boleh melupakan soal bagaimana melayani para konsumen. Umumnya, akan ada banyak sekali konsumen yang memang masih baru tentang bahan-bahan material, sehingga dalam kasus ini kamu harus bisa untuk tetap memberikan pelayanan terbaik dengan menginformasikan sedetail mungkin terkait produk. 

BACA JUGA: 8 Cara Tepat Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bisnis

7. Ajukan Penawaran Menarik ke Proyek Pembangunan

Tips terakhir, ajukan penawaran ke proyek pembangunan yang sedang berjalan. Kamu bisa coba tawarkan untuk menjadi pihak pemasok bahan-bahan material pembangunan yang dibutuhkan. Cobalah untuk menghubungi secara langsung kontraktor yang bertanggung jawab dalam pembangunan proyek agar proses negosiasi atau penawarannya lebih mudah dan detail. 

Kelebihan Usaha Toko Bangunan

Setelah memahami seluruh tips-tips membuka toko bangunan di atas, ketahui bahwa ada beberapa kelebihan bisnis ini yang bisa jadi pertimbanganmu: 

  • Tingginya peluang bisnis toko bangunan karena bisa menjadi penyedia bahan material untuk pembangunan proyek. 
  • Umumnya, keuntungan bisnis toko bangunan ini relatif besar. 
  • Memiliki peluang dan pasar yang sangat luas.
  • Membuka bisnis toko bangunan tidak membutuhkan keahlian khusus. 
  • Bisnis lebih mudah dijalankan untuk pengusaha yang masih minim pengalaman. 

Kekurangan Usaha Toko Bangunan

Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan bisnis toko bangunan yang perlu diwaspadai agar terhindar dari kerugian:

  • Bisnis toko bangunan ini memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. 
  • Harga bahan material sangat fluktuatif, sehingga kamu perlu mempersiapkan modal cukup banyak. 
  • Kegiatan pemasaran untuk bisnis toko bangunan terbilang monoton, sehingga kamu harus pintar mencari momen agar penawaran tetap bisa dilakukan secara konsisten. 
  • Tidak semua kategori bahan material cepat laku terjual. 

Itulah beberapa tips membuka bisnis toko bangunan beserta kelebihan dan kekurangannya. Kemudian, untuk mendukung seluruh kegiatan operasional bisnis kamu bisa gunakan sistem berbasis digital Aplikasi Youtap POS yang memiliki fitur-fitur canggih seperti pencatatan transaksi, pembayaran cashless, pembuatan laporan hingga analisis seluruh penjualan sehingga lebih praktis. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama