December 12, 2023

6 Strategi Penjualan Akhir Tahun dan Alasannya Ini Jadi Cara Promosi Paling Efektif

Momen akhir tahun banyak dimanfaatkan banyak pemilik usaha untuk meningkatkan penjualan karena dianggap efektif. Berikut beberapa strategi penjualan akhir tahun. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Tanpa terasa, waktu terus berjalan dan akan tiba saatnya penghujung tahun yang hanya tinggal beberapa bulan lagi. Biasanya momen akhir tahun seperti ini banyak dimanfaatkan pelaku usaha untuk meningkatkan omset penjualan dengan gencar menjalankan startegi penjualan, salah satunya melakukan promosi akhir tahun dengan diskon besar untuk menarik minat konsumen. 

Biasanya strategi promosi yang biasa dilakukan adalah mengikuti hype atau trend Harbonal yang biasa diadakan serempak pada 12 Desember 2023. Banyka ecommerce besar seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli hingga brand-brand memanfaatkan promo 12.12.

Alasan Strategi Promosi dan Penjualan di Akhir Tahun Banyak Dipilih?

Promosi menjadi salah satu strategi marketing yang menjadi salah satu faktor penting untuk memperkenalkan merek, brand ataupun produk ke masyarakat dengan tujuan untuk mendapatkan hingga meningkatkan omset. Untuk itu, setiap pemilik usaha harus tahu benar untuk mengenal target pasar sehingga mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen. Tapi apa alasan pemilik usaha atau brand-brand menjadi akhir tahun menjadi pilihan untuk masuk dalam ke strategi penjualan dengan memberikan promo atau diskon besar?  

1. Habiskan Stok Produk yang Belum Terjual

strategi penjualan akhir tahun
Ilustrasi pemilik usaha melakukan packing dan proses delivery. Gambar: freepik.com/tirachardz

Alasan paling umum dan menjadi utama banyak brand atau pemilik usaha menggunakan promosi akhir tahun tujuannya adalah menghabiskan stok produk-produk yang belum terjual. Biasanya diskon atau promo yang ditawarkan sangat besar untuk stok-stok produk lama atau belum habis sehingga mengurangi stok gudang. 

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Alasan keduanya adalah bertujuan meningkatkan penjualan produk-produk yang dijual, mulai dari produk yang laris hingga produk yang kurang diminati. Konsep promo akhir tahun biasanya dengan menawarkan diskon atau potongan untuk setiap produk atau secara keseluruhan di mana angka terbilang cukup besar yang nantinya akan menarik minat calon konsumen dengan demikian akan meningkatkan penjualan produk dan omset bisnis.

Baca Juga: Angka Penjualan Tinggi, Kok Profit Bisnis Tetap Kecil? Ternyata Ini Alasannya

3. Mampu Menarik Konsumen Baru

mendapatkan konsumen baru
Ilustrasi sales yang berhasil mendapatkan konsumen baru. Gambar: freepik.com/pressfoto

Alasan lainnya menjalankan promo akhir tahun sebagai bagian strategi penjualan adalah untuk menarik calon-calon konsumen baru terhadap sebuah produk atau brand. Selain itu strategi ini juga akan membantu dalam menguatkan brand awareness di mana konsumen yang menargetkan konsumen yang memang sudah pernah melihat namun belum tertarik untuk membeli. 

4.  Menjadi Lebih Menarik dibandingkan Kompetitor

Strategi penjualan dengan menjalankan promosi akhir tahun menjadi alasan untuk membuat brand atau produk dapat bersaing dengan merek-merek lain yang juga memiliki dan menawarkan jenis produk yang sama. Dengan adanya diskon besar, tentu ini akan menarik perhatian konsumen untuk melakukan transaksi sehingga mampu meningkatkan penjualan sekaligus memenangkan pesaingan pasar.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Banyaknya Kompetitor Bisnis Kuliner Saat Ini

Strategi Penjualan Akhir Tahun yang Efektif

1. Review Penjualan 

strategi penjualan akhir tahun
Ilustrasi review produk atau layanan. Gambar: freepik.com

Sebagai langkah awal dalam ketika melakukan strategi penjualan dengan promo akhir tahun, step awal pemilik usaha harus mengukur kapasitas yang dimilikinya. Tujuannya agar strategi yang dijalankan tidak berimpact untuk operasional bisnisnya misalnya budget dan modal yang dibutuhkan terlalu besar sehingga keuntungan yang nanti didapatnya tidak maksimal. Sebagai langkah untuk antisipasi, pemilik usaha bisa memulainya dengan cek laporan penjualan, operasional, hingga laba dan rugi bisnis dalam satu tahun terakhir. Dengan melakukan pengecekan laporan bisnis secara keseluruhan tersebut, kamu akan lebih mudah mendapatkan data hingga budget yang bisa dialokasikan pada strategi penjualan baru. 

Baca Juga: Cara Analisis Data Penjualan yang Tepat

Tampilan Fitur Whats App Laporan Harian di Youtap POS. Gambar: Instagram/@youtap.id

2. Mengadakan Promo Akhir Tahun yang Menarik

Selanjutnya, mengadakan promo akhir tahun yang menarik! Selain memberikan nominal potongan/diskon yang besar, pemilik usaha bisa menambahkan promo lainnya untuk menambah minat pada calon konsumen. Sebagai contoh menggunakan voucher dan poin setiap minimal pembelanjaan tertentu. Namun, strategi ini bisa berjalan, jika kamu sudah melakukan perhitungan yang tepat. Perhitungan tersebut wajib dilakukan sebelum promosi untuk menghindari kemungkinan overspend budget untuk keperluan promosi dan diskon saja. 

3. Mengoptimalkan Operasional Bisnis

strategi penjualan akhir tahun
Gambar: freepik.com

Tak boleh dilewatkan kamu juga harus siap menghadapi lonjakan pesanan yang masuk karena banyaknya pelanggan yang tertarik dengan promo akhir tahun tersebut. Tentu saja persiapan operasional harus benar, seperti melakukan pendataan jumlah stok produk hingga membuat alur transaksi di toko dengan baik. Baik secara online maupun offline.   Kamu juga harus memberikan informasi lengkap mengenai promosi dan strategi jualan pada karyawan. Tujuannya agar para karyawan yang bertugas dapat melakukan persiapan dan memberikan pelayanan yang maksimal pada pelanggan. 

4. Gunakan Media Sosial Sebagai Media untuk Promosi

Semakin canggihnya era teknologi saat ini, penggunaan media sosial untuk bisnis menjadi faktor pendukung yang sangat baik. Dengan menggunakan media sosial kamu bisa melakukan promosi secara gratis, namun dampak yang didapatkan juga cukup besar terhadap penjualan. 

5. Perluas Jangkauan Promosi Akhir Tahun Agar Dapat Pesanan Online

strategi penjualan akhir tahun
Gambar: freepik.com/gpoinstudio

Pastikan kamu tidak hanya berdiam diri menunggu pelanggan datang, ketika melakukan sebuah bisnis harus pintar cari cara untuk menjangkau pelanggan dengan kualitas produk dan pelayanan yang maksimal. Salah satunya dengan melakukan metode pemesanan online yang bisa bekerjasama menggunakan platform marketplace tertentu. 

Dengan adanya perubahan perilaku beli yang dimiliki oleh konsumen modern seperti sekarang ini lebih memudahkan kamu mendapat keuntungan melalui usaha online. Hadirnya teknologi dan mitra yang terpercaya, bisa menjangkau pelanggan lebih luas dan memaksimalkan keuntungan di penghujung tahun. 

Baca Juga: 6 Ide Promo Akhir Tahun yang Efektif Tingkatkan Penjualan

6. Bisa Tawarkan Produk Khusus Akhir Tahun

Strategi penjualan di akhir tahun yang terakhir kamu bisa mencoba membuat sebuah produk khusus. Mengeluarkan produk-produk khusus yang hanya bisa didapatkan akhir tahun, mungkin lebih diminati konsumen saat menyambut momen ini.  Beberapa produk spesial yang bisa kamu tawaran adalah agenda dan juga kalender yang mendukung pencatatan dan perencanaan yang rapi.

Itulah beberapa strategi penjualan di akhir tahun agar lebih banyak mendapatkan keuntungan maksimal. Bicara soal penjualan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi usaha Youtap yang dengan fitur-fitur sebagai solusi digital usaha terbaik yang membuat jualan dan membantu pengelolaan usaha menjadi lebih efisien. 

Fitur lengkap yang dimiliki oleh aplikasi usaha Youtap ini dapat memudahkan proses transaksi bisnis di toko. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ciptakan bisnis yang menguntungkan dan lebih efisien hanya dengan menggunakan fitur-fitur dari Aplikasi Usaha Youtap. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama