Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 8, 2022

10 Ide Usaha Minuman Segar di Bulan Puasa yang Banyak Peminat

Menjelang bulan suci Ramadhan, momen puasa menjadi peluang usaha yang baik. Dan berikut ini beberapa ide usaha minuman segar yang bisa dicoba.

Isi Artikel

Menjelang bulan suci Ramadhan, momen puasa dan lebaran tentu menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Ada banyak sekali pilihan ide usaha minuman segar yang bisa kamu coba jual karena memiliki banyak peminat. Dan berikut ini beberapa ide usaha minuman segar di bulan puasa. 

Ide-Ide Usaha Minuman Segar di Bulan Puasa

1. Es Kolak

Siapa sih yang tidak tahu kolak, tentu hampir seluruh masyarakat Indonesia sangat suka dengan menu buka puasa yang satu ini. 

Banyak orang menyediakan kolak untuk takjil di bulan puasa. Kolak ini pun sangat bermacam-macam jenisnya, lho. 

Beberapa macam jenis kolak yaitu kolak pisang, singkong, durian, kacang hijau, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa membuat variasi resep kolak sendiri dengan bahan-bahan yang tidak pernah digunakan orang lain sebelumnya. 

Cita rasa khas dari menu buka puasa kolak ini terletak pada kuahnya yang terbuat dari santan, gula, dan gula merah. 

2. Sop Buah

ide usaha minuman
Gambar: freepik.com/lifeforstock

Ide usaha minuman segar di bulan puasa selanjutnya adalah sop buah. Ini jadi salah satu pilihan minuman untuk buka puasa. 

Paduan buah yang segar bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan meningkatkan daya tahan tubuh. Umumnya, sop buah dibuat dengan memadukan macam-macam buah seperti stroberi, anggur, semangka, kiwi dan lain-lainnya. 

Kemudian akan ditambahkan sirup manis, susu kental manis sebagai penyedap. Agar rasa manisnya bisa pas sebaiknya tambahkan air dan es batu. Ada juga sebagian orang yang menambahkan jelly sebagai varian rasa.

3. Es Campur

Es campur juga menjadi salah satu ide usaha minuman segar di bulan puasa yang sayang untuk dilewatkan. 

Adanya campuran nangka, kelapa muda, dawet, kolang-kaling, cincau, dan alpukat dalam balutan sirup manis ternyata mampu menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian.

4. Es Pisang Ijo

Es pisang ijo yang merupakan salah satu minuman tradisional khas Makassar ternyata juga banyak disukai oleh masyarakat khususnya di waktu berbuka puasa. 

Bahan-bahan minuman segar satu ini pun cukup mudah ditemukan yaitu membutuhkan pisang yang dibungkus dengan tepung berwarna hijau. 

5. Es Pisang Cokelat

Sedikit berbeda dengan jenis minuman segar lainnya, es yang satu ini layaknya konsumsi es krim batangan. Bahan-bahan yang digunakan pun cukup sederhana, yaitu pisang, minyak goreng, keju parut, dan cokelat. 

Baca juga: 5 Strategi Pemasaran Usaha di Bulan Puasa Ramadan yang Paling Jitu!

6. Es Teler

Sekilas memang hampir mirip dengan es campur, namun es teler sangat berbeda karena terbuat dari serutan nangka dan alpukat. 

Umumnya, es teler juga dicampurkan dengan sirup rasa melon dan tambahan keju sesuai selera masing-masing individu. 

7. Es Dawet

Dawet sendiri terbuat dari tepung tapioka, pandan dan tepung beras. Cita rasa paling khas dari menu minuman segar satu ini adalah sopnya yang merupakan campuran santan, gula merah ditambah es.

8. Es Kelapa Muda

ide usaha minuman
Gambar: freepik.com/jcomp

Seperti yang kita tahu bahwa es kelapa muda adalah ide usaha minuman segar yang bisa laku setiap harinya. 

Jadi, tidak hanya di momen bulan puasa saja. Proses pembuatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memanen buah kelapa muda dan menambahkan gula serta es 

9. Es Cincau

Buat kamu yang tidak mau repot-repot membuat resep minuman buka puasa untuk dijual, es cincau bisa jadi ide usaha yang boleh dicoba. 

Cincaunya sendiri bisa kamu dapatkan dengan mudah di supermarket saat ini, kemudian untuk membuat sopnya cukup mencampurkan air dan gula jawa. 

10. Es Blewah

Terakhir yang tidak kalah segarnya adalah es blewah. Ide usaha minuman es blewah termasuk mudah untuk dibuat. 

Kamu hanya perlu membeli satu buah blewah segar dan menyerutnya, kemudian tambahkan sirup strawberry atau vanilla sesuai selera. Tak lupa susu dan juga gula.

Itulah beberapa ide usaha minuman segar di bulan puasa. Kemudian, agar pengelolaan usaha semakin mudah untuk dilakukan, maka ada baiknya kamu mulai menggunakan sistem berbasis digital seperti Youtap POS.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama