Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
August 12, 2022

Wajib Tahu, Ternyata Ini Perbedaan Ecommerce dan Ebusiness

Sama-sama bergerak di bidang bisnis, namun nyatanya aktivitas yang dilakukan sangat berbeda, dan ternyata berikut perbedaan ebusiness dan ecommerce yang wajib diketahui.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini bisnis digital memang mulai banyak dilirik, sehingga sebagian masyarakat pasti sudah tidak asing lagi ketika mendengar ebusiness dan ecommerce. Meskipun keduanya sama-sama bergerak di bidang bisnis, namun nyatanya memiliki perbedaan pada bagian aktivitasnya, lho. Bagi kamu yang perlu terlalu paham, simak perbedaan ebusiness dan ecommerce berikut, yuk. 

Pengertian Ecommerce dan Ebusiness

perbedaan ecommerce dan ebuiness
Gambar: freepik.com/storyset

1. Pengertian Ecommerce

Ecommerce merupakan kependekan dari electronic commerce atau toko digital, yang kegiatan bisnisnya adalah transaksi jual beli baik untuk barang maupun jasa. Lalu, tugas pelaku ecommerce sendiri memang cukup sederhana, yaitu menerima pesanan dan pembayaran dari konsumen.

2. Pengertian Ebusiness

Sedangkan, ebusiness merupakan singkatan dari electronic business atau bisnis digital. Di mana kegiatan bisnisnya tidak secara langsung mengarah pada proses transaksi online saja, tetapi cakupannya cukup luas seperti: 

  • Mempromosikan usaha melalui internet.
  • Mengedukasi target konsumen. 
  • Memproses transaksi hingga pengiriman.
  • Melakukan pengembalian atau refunding.

Lalu, Apa Saja Perbedaan Ecommerce dan Ebusiness

perbedaan ecommerce dan ebusiness
Gambar: freepik.com/jcomp

1. Prosedur dan juga fokus pekerjaannya

Seluruh tugas ebusiness berorientasi pada cara mengedukasi, mempromosikan, atau menjalin relasi baik dengan target konsumen. Sedangkan ecommerce merupakan lanjutan atau kegiatan promosi ebusiness yang lebih spesifik. Di aman fokusnya ecommerce adalah menjual produk atau jasa, menerima pesanan dan juga pembayaran dari pembeli.

2. Waktu pencapaian target

Ebusiness dan ecommerce memang sangat berbeda dari segi waktu pencapaian tujuan. Ebusiness lebih menargetkan tujuan yang bersifat jangka panjang. Sedangkan ecommerce lebih banyak mencari goals jangka pendek. 

3. Komponen-komponen utama bisnis

Perbedaan terakhir adalah komponen-komponen utama bisnisnya. Pada ebusiness, komponen utama yang berperan yaitu aplikasi manajemen pengelola bisnis. Sedangkan ecommerce, kamu hanya akan perlu tempat atau platform untuk mengupload katalog serta menerima pesanan. 

Baca juga: 3 Manfaat Penggunaan E Commerce untuk Bisnis Kecil

Kesimpulan

Itulah perbedaan antara ebusiness dan ecommerce yang perlu kamu ketahui. Walaupun keduanya sama-sama bergerak di bidang bisnis, namun seperti yang sudah dijelaskan bahwa ebusiness dan ecommerce memiliki kegiatan yang berbeda. 

Lalu, agar bisa menunjang kemajuan bisnis, pastikan menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, yaitu Youtap POS. Di mana dalam satu aplikasi ini sudah tersedia macam-macam fitur canggih seperti pencatatan laporan keuangan, E-menu, QRIS dan semua Cashless, Riwayat Transaksi, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Multi Perangkat Terkoneksi, Kalkulator Digital, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk. 

Yuk,  buruan gabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama