August 12, 2022

3 Manfaat Penggunaan E Commerce untuk Bisnis Kecil

Agar dapat beradaptasi dengan baik di era digital seperti sekarang, berikut ini beberapa manfaat penggunaan ecommerce untuk mendukung bisnis kecil semakin berkembang.

Bisnis kecil di era digital seperti sekarang ini memang harus terus berjuang untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru konsumen di pasar. Di mana banyak orang lebih nyaman melakukan belanja secara online karena dianggap praktis dan mudah. Apalagi sejak adanya pandemi, seluruh aktivitas jual beli mulai beralih ke online. Sehingga ada baik bisnis kecil milikmu mulai menggunakan ecommerce sebagai platform jualan online. 

Manfaat Penggunaan Ecommerce untuk Bisnis Kecil

Pada Desember 2020, World Bank bersama Shopee melakukan survei pada lebih dari 15.000 bisnis kecil online di Indonesia, dan hasilnya terbukti bahwa keberadaan ecommerce memang menjadi kunci jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. 

Dari hasil survei tersebut juga diketahui bahwa seluruh responden mengaku adanya kenaikan omset setelah beralih memasarkan produk dagangannya secara online. Tak hanya itu saja, mereka juga lebih mampu menghadapi persaingan pasar di tengah pandemi, karena transaksi lancar dan aman meskipun secara daring. Dan berikut beberapa manfaat penggunaan ecommerce untuk bisnis kecil:

1. Membantu Pemulihan Usaha

manfaat penggunaan ecommerce
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selama pandemi pedagang ecommerce memang jauh lebih tangguh bertahan, sekaligus memulihkan dampak negatif dari luar lebih cepat. Dalam hal ini sebenarnya tidak hanya sekadar ecommerce saja, tetapi juga online shop yang berkembang di sosial media, atau memiliki aplikasi sendiri.

Meskipun sudah memiliki ecommerce, kamu harus tetap mendukung bisnis dengan faktor pendukung lainnya, seperti:

2. Membantu Meningkatkan Omset dan Peluang Pekerjaan Baru

Manfaat penggunaan ecommerce
Gambar: freepik.com

Penjualan melalui ecommerce juga membantu menambah omset sekaligus ladang pekerjaan baru di Indonesia, lho. Pasalnya orang-orang yang diberhentikan dari pekerjaan lama mereka akibat pandemi cenderung beralih ke bisnis online kecil-kecilan di ecommerce.

3. Berjualan di eCommerce Dapat Dimulai Tanpa Modal

Manfaat yang ketiga adalah bisa memulai berjualan di ecommerce tanpa modal. Nantinya para user atau pengguna mampu beradaptasi dengan kebutuhan konsumen secara cepat hanya dengan menggunakan ecommerce.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat penggunaan ecommerce untuk bisnis kecil. Jadi, ecommerce itu sendiri adalah salah satu cara bertahan bagi para pebisnis lokal dalam menghadapi dunia digital dan juga masa pandemi ini. 

Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia.

Selain itu, dapatkan juga macam-macam promo, tips, informasi, hingga event di Blog Youtap. Buruan! Tunggu apalagi? Kini saat yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang