Tertarik untuk Mulai Bisnis Food Truck? Perhatikan Hal-Hal Dasar Ini Dulu Yuk!

Mulai populer di Indonesia dan punya banyak peminat, berikut beberapa hal dasar yang sangat penting untuk dipersiapkan ketika ingin mulai bisnis food truck.

Tappers, pasti sudah tidak asing lagi dengan bisnis food truck, bukan? Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa bisnis food truck memang mengalami perkembangaan cukup pesat akhir-akhir ini. Selain memberikan pengalaman baru dalam berjualan, food truck juga menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan lho. Bagi Tappers yang tertarik untuk berbisnis food truck, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian Bisnis Food Truck

Food truck sendiri merupakan salah satu jenis bisnis yang umumnya bergerak di industri FnB (makanan dan minuman). Di mana keseluruhan aktivitas dari bisnis food truck dilakukan di sebuah kendaraan seperti mobil dengan ukuran besar. Lalu, food truck juga biasanya banyak dipilih pada saat pebisnis ingin berjualan di acara-acara tertentu. Konsep food truck yang disebut café atau resto berjalan memang terbilang unik. Bahkan food truck juga menjadi hal yang cukup positif karena mampu membawa pengalaman baru bagi banyak orang, yaitu wisata kuliner di tengah-tengah masyarakat. Sehingga sampai saat ini, respon konsumen terhadap food truck juga terbilang cukup baik.

Pada dasarnya food truck sendiri merupakan sebuah kendaraan besar yang terdapat dapur di dalamnya untuk menyajikan makanan yang akan dijual. Awalnya bisnis model seperti ini mulai bermunculan di seluruh Amerika Serikat, namun saat ini menjadi semakin populer bahkan di Indonesia. Tapi sebelum memulai bisnis food truck ini, kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut. 

Perhatikan! Hal-Hal Dasar Sebelum Mulai Bisnis Food Truck

1. Tentukan Ide Makanan Yang Akan Dijual

Multiracial group of young creative people in smart casual wear discussing business brainstorming meeting ideas mobile application software design project in modern office.
Gambar: freepik.com/tirachardz

Pertama, kamu harus lebih dulu menentukan ide makanan apa yang akan dijual. Referensi tentang makanan jualan ini sendiri bisa kamu cari melalui internet, atau bertanya dengan teman sesama pebisnis. 

Selain itu, perlu diingat untuk menjual makanan di food truck pastikan tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu lama saat proses memasaknya. Alasannya, karena food truck pada umumnya tidak menyediakan kursi atau meja untuk menunggu. Kemudian, beri nama food truck yang mudah diingat dan diucapkan.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Jalankan Bisnis dengan Pasangan

2. Hitung Biaya Awal Bisnis Food Truck

Close up woman serving customers
Gambar: freepik.com

Kedua, pastikan kamu menghitung biaya awal untuk memulai bisnis food truck. Beberapa hal yang harus masuk dalam perhitungan seperti membeli food truck itu sendiri, perlengkapan yang dibutuhkan dan lain-lainnya. Biaya awal memang memiliki jumlah sangat besar, jadi kamu harus mempersiapkannya dengan sangat matang.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus memperhatikan biaya berulang lainnya seperti untuk penggajian (jika memiliki karyawan), bahan bakar, hingga bahan baku makanan. Setiap bisnis food truck pasti juga harus mendapatkan lisensi dan izin yang tepat, tergantung pada lokasi berjualan.

3. Sediakan Beberapa Pilihan Pendanaan

Entrepreneur working with bills
Gambar: freepik.com/pressfoto

Ketiga, menyediakan beberapa pilihan pendanaan. Memperoleh dana pasti akan menjadi  tantangan terbesar yang akan kamu hadapi ketika memulai bisnis food truck. Sehingga tujuan pertama adalah menyusun rencana bisnis yang solid.  Bila  perlu kamu dapat memiliki kartu kredit pribadi, karena hal ini akan meningkatkan peluang untuk menerima pinjaman bisnis. Tetapi jika dana yang dimiliki tidak terlalu banyak bahkan pas-pasan, ada cara lain. 

Kamu bisa coba untuk melakukan penyewaan atau membeli food truck bekas yang murah namun kondisinya masih baik serta layak untuk digunakan. Perbaiki juga tampilan truck agar terlihat menarik dengan menata peralatan secara rapi dan bersih.

Baca Juga: 7 Tips Membuka Usaha Warung Makan

4. Pilih dan Tentukan Lokasi Berjualan Yang Tepat

Global communication background, business network design
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Terakhir, memilih dan menentukan lokasi berjualan yang tepat. Kamu harus mencari lokasi strategis untuk bisnis ini. Carilah yang mudah dijangkau oleh orang banyak dengan lahan tidak terlalu besar, setidaknya terdapat tempat untuk mengantre makanan. 

Sehingga saat pelanggan datang untuk membeli makanan bisnis milikmu, mereka akan nyaman bahkan saat antrean sedang penuh. Alasannya karena tempat mengantre tidak terlalu sempit dan berdesakan.  Selain itu, untuk menambah popularitas food truck, cobalah menggunakan media sosial. Nantinya kamu dapat membagikan berbagai macam informasi kepada pelanggan tentang lokasi berjualan, event yang diikuti, menu baru dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Hal Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha UMKM

Kesimpulan

Itulah beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan sebelum mulai bisnis food truck. Bagi kamu yang sudah mempersiapkan hal-hal tersebut, kini saatnya untuk langsung Mulai Usaha apapun dengan aplikasi usaha online Youtap. Di mana kamu akan mendapatkan berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga berbagai macam tips, informasi, promo, hingga event di Blog Youtap

Selain itu, agar bisa mencatat seluruh laporan penjualan bisnis sehari-hari, kamu sudah bisa melakukannya secara otomatis karena telah hadir Youtap POS yang menjadi aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesia. Sebagai aplikasi Point of Sales ini memiliki banyak fitur canggih yang membantu kamu membuat laporan penjualan melalui pencatatan setiap transaksi secara otomatis. Tak hanya itu saja, Youtap POS juga menyediakan berbagai macam fitur canggih untuk membantu mengelola usaha. 

Beberapa fitur yang bisa digunakan seperti POS Kasir, QRISdan semua Cashless, E-menu, Cetak Struk Sekali Tap, Analisa Pintar, Riwayat Transaksi, Kalkulator Digital, Multi Perangkat Terkoneksi, Pembayaran Tunai, Penyesuaian Harga dan Pajak serta Analisa Produk.   

Yuk, kini saat yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

Banner Download Youtap POS

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang