July 22, 2022

Strategi Promosi Penjualan Terbaru yang Wajib Diketahui oleh Para Pelaku Bisnis Online

Sebagai pelaku bisnis, kamu perlu mengetahui beberapa strategi promosi terbaru agar aktivitas pemasaran dapat berjalan dengan baik. Simak selengkapnya, yuk!

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kegiatan pemasaran produk bisnis pasti akan membutuhkan prosedur dan perencanaan yang matang. Oleh karena itulah, sebagai pelaku bisnis, kamu perlu mengetahui beberapa strategi promosi terbaru agar aktivitas pemasaran mampu berjalan dengan baik. Simak beberapa strateginya berikut, yuk!

Apa Itu Strategi Promosi?

Strategi promosi merupakan salah satu cara memasarkan produk bisnis atau perusahaan pada target pelanggan. Umumnya, penyusunan strategi pemasaran ini dilakukan dengan perencanaan yang matang dan adanya riset pasar. Jad sederhananya, strategi promosi adalah kombinasi beberapa sistem pemasaran yang tersedia lalu disusun sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Strategi Promosi Penjualan Terbaru

1. Cobalah untuk membuat akun marketplace

strategi promosi penjualan
gambar: freepik.com/tonodiaz

Sejak memasuki peradaban digital, e-commerce atau yang saat ini lebih dikenal sebagai marketplace jadi salah satu contoh strategi promosi yang efektif menghasilkan banyak keuntungan. 

Seperti yang kita tahu juga, bahwa kini telah tersedia puluhan marketplace di Indonesia, bahkan memiliki keunggulan serta fitur masing-masing yang mampu membantu mempromosikan produk bisnis milikmu. 

Keuntungan lain yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi belanja online adalah penggolongan jenis barang dagang. Ini tentu akan membantu pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian secara cepat, karena menemukan produk dengan cepat. 

2. Memaksimalkan penggunaan media sosial

Tak hanya marketplace salah satu contoh strategi promosi lainnya yang dapat digunakan adalah media sosial. Pada dasarnya, instrumen satu ini telah banyak diaplikasikan, khususnya bagi bisnis dengan target konsumen kalangan milenial.

3. Pastikan untuk membuat iklan di Youtube

Kemudian, kamu juga bisa membuat iklan di Youtube. Walaupun terkesan kurang familiar bagi bisnis yang  terbiasa menggunakan platform pemasaran dalam bentuk fisik. Tetapi, penting untuk diketahui bahwa membuat promosi di Youtube dapat menjangkau berbagai kalangan masyarakat dengan alokasi biaya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan iklan media cetak.

4. Melakukan kerja sama dengan influencer

Strategi promosi produk lainnya yang terbilang efektif di era digital seperti sekarang adalah kerjasama dengan influencer, content creator  atau Key Opinion Leader (KOL) di media sosial. Pemasaran dengan cara berikut bisa dilakukan dengan sistem endorsement, brand ambassador, atau mengadakan event online.

Baca juga: Pengertian Endorse Influencer dan Tips Memilihnya

5. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas 

strategi promosi penjualan
gambar: freepik.com/8photo

Strategi promosi secara langsung dapat dilakukan dengan bergabung ke komunitas bisnis. Hadirnya rekan yang memiliki pengalaman dalam bidang terkait, tentu dapat membantumu menemukan kiat pemasaran.

Dengan begitu, bisnis bisa dengan mudah mendapatkan insight baru tentang pasar serta pengaplikasian strategi promosi yang tepat.

6. Berjualan menggunakan website

Alat pemasaran lain yang bisa kamu gunakan juga adalah menggunakan website. Media berikut memiliki fungsi dan tujuan yang cukup kontras dengan Instagram atau tools digital marketing lainnya, karena berfungsi sebagai wajah profesional perusahaan.

7. Cobalah untuk membangun relasi dengan media

Kemudian, cobalah untuk membangun relasi dengan media. Pasalnya, saat ini peran media online, maupun pers menjadi salah satu aspek penting dalam penyebaran informasi serta pemasaran produk. 

Sehingga, tak hanya sekadar membangun relasi dengan komunitas bisnis, tapi juga pastikan kamu menjalin kerjasama dengan pihak media. Ini bisa menjadi salah satu solusi bagi perusahaan saat performa promosi masih cenderung dalam tingkat rendah. 

Itulah pembahasan singkat seputar strategi promosi bisnis. Jadi, pastikan untuk menerapkannya sesuai dengan kebutuhan sehingga promosi pun dapat berjalan efektif untuk mencapai target bisnis. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama