Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
March 22, 2024

Ide Program CSR di Bulan Ramadan yang Menarik

Demi meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan menghormati nilai agama, sebuah perusahaan biasanya membuat program CSR selama Ramadan. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Selain menjalankan ibadah puasa, biasanya bulan Ramadan juga menjadi salah satu momen bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan berbagai macam kegiatan sosial. Di mana kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh individu saja, tapi perusahaan bisnis pun ada yang menggelar beberapa program sosial atau yang lebih sering disebut sebagai CSR (Corporate Social Responsibility).    

Sederhananya, CSR ini merupakan sebuah aktivitas di mana perusahaan bertanggung jawab secara sosial kepada masyarakat dan juga pemangku kepentingan tertentu sebagai bentuk perhatian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lingkungan. Bagi kamu yang ingin melakukan program CSR, berikut beberapa kegiatan menarik yang bisa dicontoh. 

Ide Program CSR di Bulan Ramadan

program csr
gambar: freepik.com/partystock

1. Program CSR dengan Memberikan Bantuan Beras dan Sembako

Salah satu program CSR yang paling umum dilakukan oleh suatu perusahaan saat bulan Ramadan adalah memberikan bantuan berupa beras dan sembako. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

Dalam kegiatan ini kamu juga bisa melakukan kerja sama dengan lembaga atau yayasan sosial tertentu dengan menyediakan paket sembako seperti minyak goreng, gula, beras, dan bahan pokok lainnya. Selain itu, perusahaan juga bisa turun langsung dalam kegiatan dengan memberikan bantuan beras dan sembako ke pihak masjid atau didistribusikan ke masyarakat. 

Pembelian beras dan sembako dalam jumlah banyak juga bisa dibeli di Youtap BOS. Kamu bisa temukan berbagai pilihan produk dari supplier yang sudah terjamin kualitasnya. 

2. Program CSR Berupa Pelatihan atau Pendidikan

Kemudian juga bisa program CSR berupa pelatihan atau pendidikan yang fokusnya untuk pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan wirausaha atau menyelenggarakan program beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi namun kurang mampu. 

Tujuan pelatihan atau pendidikan ini tentunya untuk bisa memberikan akses kepada masyarakat agar mampu meningkatkan pengetahuan secara umum serta keterampilannya. Di mana hal itu akan berdampak besar pada kesempatan kerja di masa depan serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi. 

3. Program CSR dengan Melakukan Kegiatan untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan

Seperti yang kita ketika bulan Ramadan, banyak sekali umat Muslim yang akan berbondong-bondong ke masjid untuk melaksanakan ibadah. Melihat hal tersebut, kamu bisa coba untuk membuat program CSR dengan melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Tujuannya agar dapat menjaga kebersihan dan keindahan masjid serta lingkungan sekitarnya. Hal ini pun akan membuat umat Muslim yang akan beribadah jadi lebih nyaman.  

4. Program CSR Berupa Bagi-Bagi Makanan

Aksi nyata lainnya agar bisa membuat masyarakat lebih sejahtera saat bulan Ramadan adalah membuat program CSR dengan berbagi makanan. Ini bisa diterapkan ketika menjelang buka puasa, kamu bisa mempersiapkan macam-macam takjil atau makanan gratis bagi masyarakat yang berpuasa. Pembagian makanan ini bisa diberikan dengan datang ke beberapa tempat secara langsung atau kerja sama lembaga amal yang punya jaringan sosial tertentu.

Kamu bisa belanja grosir online macam-macam produk makanan dari supplier terbaik hanya di Youtap BOS

5. Berdonasi Bersama untuk Sedekah 

Kegiatan lain yang juga bisa jadi ide untuk program CSR selama Ramadan adalah melakukan donasi untuk sedekah. Sebagai contoh sederhananya, perusahaan mengadakan penggalangan dana dengan campaign penjualan tertentu yang di mana nantinya hasil penjualan akan digunakan untuk lembaga amal. 

Selain membantu masyarakat yang kurang mampu, kegiatan donasi ini juga memiliki manfaat bagi perusahaan karena dapat membangun relasi lebih dekat dan hangat dengan komunitas tertentu. Jadi saat program CSR dilaksanakan, cobalah untuk melakukan kerja sama dengan komunitas atau lembaga tertentu agar berpartisipasi secara langsung dalam kegiatan sosial yang dibuat.

BACA JUGA: 7 Perubahan Perilaku Konsumen Selama Ramadan yang Perlu Dipahami

Alasan Program CSR Penting Dilakukan di Bulan Ramadan 

program csr
gambar: freepik.com

Program CSR jadi kegiatan yang penting dilakukan saat bulan Ramadan karena beberapa alasan berikut: 

1. Menghormati Nilai-Nilai Agama

Melakukan program CSR saat bulan Ramadan berarti perusahaan dapat menunjukkan perilaku menghormati terhadap nilai-nilai keagamaan. Hal ini pun juga sebagai bentuk untuk memberikan dukungan secara langsung. 

2. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Komunitas 

Kegiatan program CSR ini juga bisa jadi salah satu kesempatan untuk menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik dengan suatu komunitas. Pasalnya, dengan terlibat langsung dengan berbagai kegiatan amal dan bantuan dapat membangun hubungan dengan masyarakat sekitar secara lebih personal. 

3. Membangun Kredibilitas Perusahaan

Program CSR sebagai kegiatan Ramadan dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas di antara pelanggan, karyawan, dan masyarakat. Kamu dapat membuktikan bahwa bisnismu lebih dari sekadar entitas yang mencari keuntungan finansial. 

4. Membangun Reputasi Bisnis

Alasan terakhir adalah juga dapat meningkatkan reputasi bisnis di mata masyarakat. Apabila bisnis memiliki citra yang cukup baik di pasaran maka secara otomatis loyalitas pelanggan pun akan meningkat. Diikuti dengan beberapa poin lainnya yang juga akan meningkat seperti menarik investor. 

Itulah beberapa ide program CSR bagi bisnis di bulan Ramadan yang bisa dicontoh. Kemudian, bagi kamu yang ingin belanja grosir online untuk kebutuhan kegiatan CSR bisa langsung beli di B2B Marketplace Online Youtap BOS, ya. Temukan berbagai macam produk makanan, bahan pokok, minuman dan lain-lainnya yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena dari supplier-supplier nasional di seluruh Indonesia.  

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama