February 14, 2022

Pengertian Supply Chain Management dan Cara Kerjanya

Berikut ini tentang pengertian supply chain management dan cara kerjanya yang sering digunakan oleh perusahaan berskala besar. Simak penjelasan selengkapnya, yuk.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Perusahaan-perusahaan dengan skala besar biasanya memiliki satu divisi khusus untuk supply chain management agar seluruh rantai pasokan bisa berjalan efektif dan efisien. Lebih lengkapnya, berikut ini penjelasan tentang pengertian supply chain management dan cara kerjanya. 

Pengertian Supply Chain Management (SCM)?

supply chain management
Gambar: freepik.com/dashu83

Supply chain management (SCM) atau manajemen rantai pasokan adalah manajemen aliran barang dan jasa yang mencakup semua proses untuk mengubah bahan mentah menjadi produk akhir. 

Kegiatan rantai pasokan ini melibatkan perampingan aktif aktivitas sisi penawaran bisnis untuk memaksimalkan nilai pelanggan dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar.

SCM mewakili upaya pemasok untuk mengembangkan dan menerapkan rantai pasokan yang efektif dan efisien.

Jadi, sederhananya SCM ini mencakup segala hal mulai dari produksi, pengembangan produk hingga sistem informasi yang diperlukan untuk mengarahkan usaha.

Cara Kerja Supply Chain Management

supply chain management
Gambar: freepik.com/vectorjuice

Umumnya, SCM untuk mengontrol atau menghubungkan produksi, pengiriman, dan distribusi produk secara terpusat. 

Dengan adanya pengelolaan rantai pasokan, perusahaan dapat memangkas biaya berlebih dan mengirimkan produk ke konsumen lebih cepat. 

Kegiatan pengelolaan rantai pasokan ini dilakukan dengan menjaga kontrol yang lebih ketat atas persediaan internal, produksi internal, distribusi, penjualan, dan persediaan vendor perusahaan. 

Dalam pelaksanaan SCM sendiri,  biasanya akan mengkoordinasikan logistik semua aspek rantai pasokan yang terdiri dari lima hal, yaitu: 

  • Rencana atau strategi. 
  • Sumber (bahan mentah atau jasa). 
  • Manufaktur (fokus pada produktivitas dan efisiensi). 
  • Pengiriman dan logistik. 
  • Sistem pengembalian (untuk produk cacat atau tidak diinginkan). 

Itulah pengertian dari Supply Chain Management (SCM) dan cara kerjanya. Lalu, pengelolaan stok juga lebih mudah dikontrol, karena perhitungan jumlah ketersediaan produk akan secara otomatis melalui sistem Belanja Stok Youtap. Tak lupa untuk menunjang kemajuan bisnis, pastikan untuk menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya dengan Youtap POS, ya! Kamu bisa juga dapatkan informasi selengkapnya, tips, hingga promo menariknya lainnya di Blog Youtap

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama