February 28, 2024

Cara Packing Frozen Food untuk Pengiriman ke Luar Kota

Demi terjaganya kualitas produk sampai ditangan pembeli, maka pastikan kamu telah mempelajari cara packing frozen food di bawah ini.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Bisnis frozen food saat ini semakin populer karena peminatnya semakin banyak. Alasan masyarakat lebih memilih beli frozen food karena cukup praktis untuk dimasak serta harganya pun terjangkau. Hal itu pun membuat banyak pelaku usaha terus memperluas jangkauannya dengan mengirimkan produk frozen food ke berbagai kota. Namun salah satu tantangan yang dihadapi dalam bisnis ini adalah bagaimana cara packing frozen food yang aman agar produk tetap segar selama proses pengiriman.

Seperti yang kita ketahui bahwa frozen food merupakan salah satu jenis makanan olahan yang sangat rentan rusak dan tidak begitu terlalu tahan lama jika berada pada suhu ruangan saja. Oleh karena itu, cara packing frozen food yang benar mempunyai peranan penting dalam kegiatan operasional pengiriman bisnis. 

Lalu, bagaimana cara packing frozen food yang aman untuk dikirim ke luar kota? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk! 

Cara Packing Frozen Food untuk Dikirim ke Luar Kota

cara packing frozen food
gambar: freepik.com

Frozen food sendiri adalah jenis makanan yang telah diolah kemudian dibekukan untuk menjaga kesegarannya. Proses pembekuan ini dilakukan untuk menghentikan pertumbuhan mikroorganisme, memperlambat perubahan kimia, dan mempertahankan nutrisi dalam makanan.

Frozen food merupakan jenis makanan yang disimpan pada suhu sangat rendah di dalam freezer. Tujuan penyimpanannya tersebut agar awet dan tahan lama. Umumnya beberapa olahan frozen food sebaiknya disimpan pada suhu -18 derajat Celcius seperti daging, ayam, ikan, dan lain-lainnya. Berikut beberapa cara packing frozen food untuk dikirim ke luar kota:

1. Pastikan Memilih Bahan Kemasan yang Tepat

Pilih bahan pengemas dengan kemampuan isolasi termal yang baik, seperti styrofoam. Bahan ini dapat menjaga suhu di dalam kemasan tetap rendah selama pengangkutan. Kemudian jangan lupa untuk gunakan bubble wrap atau packing khusus untuk melindungi produk dan memastikan tidak ada celah udara yang dapat mempengaruhi suhu di dalam kemasan.

BACA JUGA: 3 Kategori Kemasan Produk Usaha yang Tak Boleh Disepelekan!

2. Penggunaan Kemasan yang Ketat dan Tahan Air

Pastikan produk dibungkus dengan plastik tahan air dan rapat agar dapat membantu melindungi produk dari kondisi cuaca yang mungkin tidak terduga selama pengiriman. Tempatkan produk dalam kantong atau tas khusus dan dibungkus lagi menggunakan kardus yang dirancang untuk produk frozen food

3. Tambahkan Es Kering (Dry Ice) atau Es Gel

Bagi produk yang membutuhkan suhu sangat rendah, coba tambahkan es kering ke dalam kemasannya. Pastikan es kering ditempatkan secara merata di sekitar produk. Jika es kering tidak tersedia, alternatif lainnya bisa menggunakan es gel yang dapat membantu menjaga suhu di dalam kemasan tetap rendah.

4. Atur Posisi Produk dengan Aman

Susun produk secara hati-hati di dalam kemasan, pastikan tidak ada produk yang bersentuhan langsung dengan dinding kemasan. Ini membantu menjaga suhu tetap merata. Apabila memungkinkan, gunakan pembatas atau pemisah untuk menghindari kontak langsung antar produk frozen food yang akan dikirimkan. Hal ini membantu mencegah produk saling mencair selama pengiriman berlangsung. 

5. Beri Label dan Petunjuk Penanganan Produk yang Jelas

Pastikan setiap kemasan diberi label dengan jelas, termasuk informasi produk, petunjuk penanganan, suhu yang harus dijaga, dan tanggal kedaluwarsa. Sertakan instruksi kepada penerima tentang langkah-langkah yang harus dilakukan setelah menerima produk, seperti segera memasukkan produk ke dalam freezer. Hal ini membantu penerima untuk menyimpan dan memproses produk dengan baik.

6. Gunakan Kotak Khusus

Terakhir, gunakan kotak khusus seperti kotak pendingin yang sesuai dengan ukuran dan bentuk produk. Kotak yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mempengaruhi kestabilan produk selama pengiriman. Pastikan kotak diperkuat dengan perekat atau pelindung tambahan untuk mencegah kerusakan selama pengiriman.

BACA JUGA: Manfaat Kemasan Produk dalam Pemasaran Bisnis

Lalu, Bagaimana Tips Menyimpan Produk Frozen Food yang Tepat? 

cara packing frozen food
gambar: freepik.com

Tidak hanya perlu memperhatikan cara packing frozen food, tapi sebagai pelaku usaha pastikan juga untuk melakukan penyimpanan yang benar dengan tips berikut: 

1. Coba Gunakan Kemasan yang Sesuai

Pastikan simpan produk frozen food di freezer dengan menggunakan kemasan yang rapat dan sesuai jenis produknya. Jangan gunakan kemasan yang sudah dibuka atau rusak karena akan memengaruhi kualitas makanan. 

2. Atur Suhu Penyimpanan 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyimpanan produk frozen food minimal berada di suhu -18 derajat Celcius. Tujuannya tentu untuk menjaga kesegaran makanan frozen food

3. Kelola Penempatan Produk

Terakhir, jangan lupa untuk kelola penempatan produk saat disimpan, ya. Hal ini memastikan bahwa produk tidak melewati tanggal kedaluwarsanya sehingga kesegarannya tetap terjaga sampai diterima oleh pembeli. 

Seiring berkembangnya bisnis frozen food, inovasi dalam pengelolaan logistik penting untuk diperhatikan, terutama pada pengiriman produk ke luar kota. Oleh karena itulah, sebelum pengiriman pastikan kamu telah melakukan packing produk dengan benar sesuai dengan aturan agar dapat menjaga kualitas, ya. 

Selain itu, saat ini kamu juga bisa penuhi kebutuhan usaha dengan beli produk-produk frozen food dari supplier ternama dan terpercaya hanya di Youtap BOS.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama