Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 27, 2024

Outing Perusahaan, Strategi Tingkatkan Kesejahteraan Karyawan

Sebagai strategi meningkatkan kesejahteraan karyawan, simak yuk penjelasan outing perusahaan dan manfaat melakukannya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Outing perusahaan adalah salah satu kesempatan bagi para karyawan dan pemilik bisnis untuk bisa berkumpul dan beristirahat bersama-sama di luar jam kerja. Namun, tidak melulu harus dengan acara yang mewah dan meriah, tapi outing perusahaan ini juga bisa dilakukan melalui acara sederhana seperti makan atau mengikuti permainan berhadiah yang telah ditentukan. Poin penting dari kegiatan ini adalah bisa meningkatkan motivasi pekerja sehingga kinerja tim bisa jadi lebih maksimal. 

Pasalnya tidak dapat dipungkiri bahwa bekerja setiap hari dapat membuat tubuh dan otak menjadi kelelahan. Hal itu pun bisa menjadi pemicu karyawan hingga pemilik bisnis merasa stres. Oleh karena itu, outing menjadi solusinya.

Pengertian Outing Kantor 

outing perusahaan
gambar: freepik.com

Outing merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan untuk para pekerja agar bisa mendapatkan kesenangan di luar jam kerja. Ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab dari perusahaan bagi karyawan agar mereka bisa berkembang dengan baik, maksudnya mampu berkomunikasi dan berkolaborasi antar tim yang diharapkan juga mampu diterapkan dalam pekerjaan. 

Umumnya orang-orang memahami bahwa outing, outbound dan gathering adalah kegiatan yang sama. Padahal jika dilihat dari bentuk kegiatannya sangatlah berbeda, karena outing merupakan aktivitas ringan yang dilakukan oleh pihak kantor tanpa melibatkan fisik, pikiran, dan emosional. Meskipun begitu, ketiganya tetap dilakukan tentu karena tujuan yang sama yaitu meningkatkan produktivitas karyawan yang akan berdampak bagi kesejahteraan individu maupun bisnis. 

Manfaat Outing Perusahaan Bagi Karyawan dan Bisnis

outing perusahaan
gambar: freepik.com/jcomp

Melansir dari shiftinc, berikut beberapa manfaat outing perusahaan bagi karyawan dan bisnis: 

1. Waktu untuk Bepergian dan Istirahat

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa outing merupakan kegiatan yang tujuannya untuk memberikan waktu istirahat bagi karyawan dan pemilik bisnis di luar jam kantor. Walaupun tidak harus berlokasi di luar kota, tapi karyawan dapat menikmati bepergian dengan akomodasi yang sudah dijamin oleh pihak perusahaan. 

Outing perusahaan tentunya akan menjadi kesempatan untuk memulihkan tenaga dan pikiran, setelah bekerja keras penuh mencapai tujuan-tujuan bisnis. Sederhananya, ini menjadi salah satu cara untuk apresiasi karyawan bisnis. 

2. Kesempatan untuk Melatih Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi

Aktivitas kelompok dalam outing perusahaan pasti akan membutuhkan kerja sama dalam tim, bukan? Hal itu dilakukan agar karyawan dapat mengasah keterampilan komunikasi serta mendapatkan solusi paling tepat untuk menyelesaikan masalahnya. 

Selain itu, jika karyawan bisnis milikmu sudah banyak maka dengan adanya outing perusahaan akan membuat satu dan lainnya saling kenal serta lebih akrab. Ini tentu sangat penting karena membangun kolaborasi lebih kuat dan meminimalisir terjadinya hambatan komunikasi antar karyawan.

3. Kesempatan untuk Memberikan Apresiasi dan Meningkatkan Loyalitas

Outing perusahaan juga jadi salah satu bentuk apresiasi karyawan yang dapat meningkatkan loyalitas. Secara tidak langsung ini adalah kegiatan yang tujuannya untuk membuat para pekerja merasa dihargai dengan kerja keras mereka dalam mencapai tujuan perusahaan. 

BACA JUGA: Tips Agar Tim Marketing Selalu Produktif Bekerja

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Outing Perusahaan

1. Buat Perencanaan Konsep Outing Perusahaan

Pertama, buatlah perencanaan konsep kegiatan yang ingin dilakukan. Bila ingin lebih mudah, bentuklah panitia inti yang akan membantu mengkoordinasikan kegiatan. Dalam penentuan panitia, kamu bisa adakan rapat dan pilih sesuai dengan kemampuan atau minat masing-masing individu dalam mengurus acara. 

2. Tentukan Lokasi dan Waktu Outing Perusahaan 

Kedua, tentukan lokasi dan waktu acara akan digelar. Dalam penentuan waktu kamu bisa gunakan ketika tanggal merah, akhir pekan, atau bahkan di hari kerja tertentu yang memang sudah mendapatkan persetujuan bersama untuk bepergian. Kemudian, saat memilih lokasi harus disesuaikan dengan kegiatan yang ingin dilakukan, apakah indoor atau outdoor

3. Pastikan Jumlah Peserta yang Ikut Beserta Susunan Rangkaian Acara 

Ketiga, pastikan jumlah peserta yang akan ikut dalam acara outing. Data ini perlu dikonfirmasi karena akan menyangkut dalam penentuan budget. Jika seluruh peserta telah konfirmasi keikutsertaannya, maka tinggal menyusun rangkaian acara. Pastikan membuat jadwal agar pelaksanaan saat hari H bisa berjalan lancar. 

4. Rencanakan Transportasi dan Penginapan yang Akan Digunakan

Keempat, buat perencanaan transportasi yang akan digunakan. Wajib diperhatikan bahwa ini menjadi aspek paling krusial ketika melaksanakan outing perusahaan. Demi mobilitas outing lebih mudah, tak ada salahnya manfaatkan rental mobil atau bus. Gunakan transportasi sesuai dengan kuota penumpang dan lokasi yang akan dilalui. Lalu, jika merencanakan acara lebih dari satu hari, jangan lupa untuk menentukan penginapan yang sesuai dengan budget namun fasilitasnya terjamin. Ini dibutuhkan agar menjaga keamanan dan kenyaman karyawan selama bepergian. 

5. Buat Perencanaan Konsumsi

Kelima, perhatikan juga dalam perencanaan konsumsi. Selain transportasi dan penginapan, konsumsi juga jadi hal paling krusial yang tidak boleh terlewat. Pasalnya ini akan menunjang kesehatan fisik para karyawan selama outing berlangsung. Selain konsumsi makanan utama sebanyak tiga kali dalam sehari, ada baiknya juga menyediakan snack dan minuman. 

Bagi kamu yang ingin beli snack dan berbagai macam minuman segar bisa langsung pilih produknya di Youtap BOS. Tentu akan ada banyak promo menarik ketika melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Jadi, stok konsumsi untuk outing perusahaan pun bisa terpenuhi dengan baik. 

outing perusahaan

6. Pertimbangkan Rencana Cadangan

Terakhir, ada baiknya untuk mempertimbangkan rencana cadangan, ya. Walaupun perencanaan awal sudah matang, tapi tidak ada salahnya mengantisipasi hal-hal tak terduga yang mungkin saja terjadi selama acara berlangsung. 

Jadi, bagi kamu yang ingin menyelenggarakan outing perusahaan pastikan telah mempersiapkan beberapa hal di atas, ya. Kegiatan ini tentu saja tidak hanya sekadar untuk memberikan waktu istirahat di luar kantor, tapi juga sebagai salah satu bentuk apresiasi karyawan, lho. Tentunya akan membantu menjaga produktivitas karyawan dan meningkatkan loyalitas. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama