August 11, 2022

Tips Agar Tim Marketing Selalu Produktif Bekerja

Demi menghindari penurunan kinerja pada karyawan yang berdampak pada bisnis, maka penting melakukan tips berikut agar tim marketing tetap produktif dalam bekerja.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Sudah menjadi hal yang biasa ketika terjadi penurunan produktivitas dalam bekerja khususnya pada tim marketing. Namun parahnya, jika kondisi tersebut tidak cepat diatasi dapat menimbulkan depresi dan menurunkan kinerja karyawan. Sehingga kamu perlu mengetahui tips jitu untuk tim marketing agar selalu produktif berikut. 

Tips Agar Tim Marketing Selalu Produktif

1. Pastikan kamu memahami posisi dan jobdesc setiap divisi 

tim marketing
gambar: freepik.com

Tips pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memastikan posisi dan jobdesc masing-masing divisi di tim marketing. Ada baiknya kamu membuat batasan pekerjaan yang jelas bagi para karyawan. 

Pasalnya peran dan tanggung jawab yang tidak ditentukan dengan jelas akan menyebabkan banyak hal terjadi di luar batas, seperti penambahan beban pekerjaan yang tak perlu, kesalahan alur koordinasi, dan lain-lainnya.

2. Memaksimalkan kelebihan dan kekuatan tim marketing

Tips kedua memaksimalkan kelebihan dan kekuatan tim marketing. Walaupun tergabung dalam satu tim yang sama, namun pada kenyataannya setiap karyawan akan tetap memiliki tingkat keahlian dan jenis skill yang berbeda.

Sehingga ada baiknya untuk mencari tahu skill apa saja yang belum dimiliki oleh tim dan pikirkan solusi terbaik agar tetap bisa mencapai target. Dengan begitu, tentu dapat memaksimalkan kinerja tanpa membebani siapapun.

3. Apresiasi hasil kerja dengan memberi tambahan insentif

Menambah insentif atau upah pada karyawan yang berhasil mencapai target juga menjadi salah satu cara menjaga kualitas kinerja. 

4. Pastikan menerapkan jam offline dan memprioritaskan tugas

Mengerjakan pekerjaan terus-menerus tentu dapat membuat pikiran jenuh dan berakhir pada burn out. Oleh karena itulah, pastikan kamu menerapkan “jam offline” serta memprioritaskan tugas agar para karyawan dapat mengelola waktu bekerjanya semaksimal mungkin. 

5. Hindari kebiasaan multitasking

Free photo sad female workaholic keeps hands under chin, busy making project work, studies papers, wears elegant white shirt, sits at desktop, unknown people stretch hands with notes, alarm clock, smartphone
gambar: freepik.com/wayhomestudio

Tips keenam, hindari kebiasaan multitasking atau mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Walaupun pekerjaan lebih cepat selesai, namun hal ini akan memberikan beban di luar kapasitas dan dapat membuat karyawan merasa kelelahan. Risiko terburuknya pekerjaan tersebut juga tidak mencapai hasil yang maksimal. 

6. Mengutamakan kesejahteraan bersama

Tips ketujuh atau yang terakhir adalah mengutamakan kesejahteraan bersama dengan melakukan beberapa hal berikut: 

  • Menyediakan camilan. 
  • Memberikan jeda istirahat yang cukup, termasuk jam makan siang.
  • Menyediakan pilihan jam kerja yang fleksibel. Alternatif lain bisa kerja remote. 
  • Memberikan fasilitas ruangan kerja yang nyaman. 
  • Membangun lingkungan kerja yang tenang, positif dan supportif.

Itulah beberapa tips jitu untuk tim marketing agar selalu produktif dalam bekerja. Kemudian, agar dapat menunjang kemajuan bisnis, pastikan juga kamu menggunakan sistem berbasis digital dalam pengelolaannya, ya. Di mana kamu dapat menggunakan Youtap POS yang merupakan aplikasi kasir digital dari Youtap Indonesi

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama