Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 1, 2024

Macam-Macam Bentuk Apresiasi Karyawan 

Tidak melulu harus berupa uang, namun ada juga bentuk-bentuk apresiasi karyawan lainnya yang sebaiknya tidak lupa untuk dilakukan.

Isi Artikel

Hari Buruh memang menjadi salah satu hari bersejarah di Indonesia yang selalu diperingati di tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Tujuannya untuk mengenang perjuangan para buruh dalam menyuarakan seluruh aspirasi mereka. Menurut penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), buruh sendiri merupakan orang yang melakukan pekerjaan untuk pihak lain dan mendapatkan upah. Tidak hanya orang yang bekerja kasar mengandalkan tenaga, tapi pekerja kantoran pun juga termasuk buruh. Oleh karena itu, pelajari yuk bentuk-bentuk apresiasi karyawan yang benar. 

Bentuk-Bentuk Apresiasi Karyawan 

apresiasi karyawan
gambar: freepik.com/tirachardz

Pengertian apresiasi dalam dunia kerja merupakan sebuah penghargaan, penilaian positif dan juga pengakuan terhadap pekerja berprestasi atau memiliki performa terbaik saat bekerja. Lalu dalam memberikan apresiasi karyawan ternyata ada beragam bentuk mulai dari hal-hal sederhana seperti feedback dengan kata positif, memberikan bonus, hingga cuti. 

Sederhananya, apresiasi karyawan ini bisa diartikan sebagai pengakuan dari perusahaan atas kualitas seorang pekerja yang telah berhasil mencapai target atau bahkan melebihi ekspektasi. Berikut beberapa bentuk apresiasi karyawan: 

1. Apresiasi Karyawan dengan Mengucapkan Terima Kasih 

Bentuk apresiasi karyawan paling sederhana adalah mengucapkan terima kasih. Walaupun pengucapan terima kasih memang menjadi hal dasar yang sudah pasti dilakukan saat di lingkungan kerja, namun ini menjadi tanda bahwa setiap hal kecil yang telah dikerjakan oleh karyawan pasti dihargai dan diakui. 

Kemudian, ada baiknya kamu mengucapkan terima kasih secara langsung di hadapan karyawan yang bersangkutan agar mereka merasa bangga dengan hasil kerja kerasnya. Tanpa disadari bentuk apresiasi satu ini juga bisa jadi motivasi untuk meningkatkan performa kerja dari karyawan lain, lho. 

2. Apresiasi Karyawan dengan Memberikan Tanda Penghargaan

Bentuk apresiasi selanjutnya adalah memberikan tanda penghargaan dengan menggunakan piala, sertifikat, atau plakat. Nantinya tanda penghargaan tersebut bisa diukir dengan nama penerima dan pencapaian kerja mereka. Pemberian penghargaan ini pun bisa dilakukan saat berlangsungnya acara khusus seperti Pegawai Bulan Ini. 

Dengan merayakan atas seluruh pencapaian anggota tim, tentu mereka merasa dihargai dan diharapkan dapat berkontribusi lebih baik lagi pada periode selanjutnya. Hal ini juga akan memicu karyawan-karyawan di tim lain untuk berlomba memberikan kontribusi secara maksimal. 

3. Apresiasi Karyawan dengan Memberikan Employee Benefit

Memberikan employee benefit merupakan salah satu bentuk apresiasi yang paling baik. Pasalnya, dengan cara ini perusahaan dapat menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan karyawannya setelah bekerja keras mencapai target mereka masing-masing. Benefit yang bisa diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya adalah asuransi kesehatan, pembayaran gaji lebih awal, dan training untuk meningkatkan kualitas kerja karyawan. 

4. Apresiasi Karyawan dengan Memberikan Diskon dan Promo

Memberikan voucher diskon dan promo juga jadi salah satu bentuk apresiasi karyawan. Pasalnya dengan potongan diskon tersebut, para karyawan bisa melakukan pembelian barang-barang yang disukai atau dibutuhkan dalam keperluan sehari-hari. 

5. Apresiasi Karyawan dengan Memberikan Wadah Pengembangan Diri

Ketika bekerja, karyawan tentu tidak hanya sekadar ingin mendapatkan upah saja, namun juga butuh meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya. Pengembangan diri ini pun nantinya akan sangat berdampak pada perusahaan karena ilmu-ilmu yang didapat bisa dijadikan dasar untuk menjalankan kegiatan operasional bisnis yang lebih baik. 

Oleh karena itulah dengan memberikan wadah untuk pengembangan diri yang dibiayai perusahaan bisa jadi salah satu bentuk apresiasi bersifat positif. Sebagai contoh, perusahaan bisa buka program mentoring yang dapat menjadi pembelajaran karyawan melalui pengajaran dari pihak senior atau profesional sesuai bidang masing-masing. 

6. Apresiasi Karyawan dengan Memberikan Hari Libur 

Terakhir adalah apresiasi karyawan dengan memberikan hari libur khusus untuk mengistirahatkan pikiran dan fisik setelah bekerja secara terus-menerus. Bentuk apresiasi ini tentunya dapat membantu mengurangi stres dan burnout pada karyawan. Walaupun waktu istirahat diberikan terbilang singkat, namun cara ini bisa membuat karyawan kembali ke tempat kerjanya dengan perasaan lebih tenang dan pikiran yang jernih. Sederhananya bentuk apresiasi ini juga membantu karyawan tetap bekerja secara produktif

BACA JUGA: 6 Tips Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tujuan Apresiasi Karyawan

apresiasi karyawan

Berikut beberapa tujuan pentingnya melakukan apresiasi terhadap para karyawan: 

1. Membantu Meningkatkan Produktivitas

Tujuan pertama dari apresiasi karyawan adalah membantu meningkatkan produktivitas. Pasalnya dengan mengapresiasi hasil kerja keras karyawan, ia akan merasa bahwa pekerjaannya dinilai dan berdampak positif. Perasaan seperti ini tentu mendorong karyawan untuk meningkatkan performa kerja. 

2. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Tujuan kedua adalah menciptakan lingkungan kerja yang positif. Pasalnya dengan menunjukkan secara langsung penghargaan kepada karyawan, maka lingkungan kerja akan jadi lebih menyenangkan. 

3. Menciptakan dan Membangun Loyalitas Karyawan

Perlu diketahui bahwa kurangnya apresiasi dari pihak perusahaan akan membuat karyawan lebih mudah meninggalkan pekerjaannya. Dilansir dari hasil Studi Robert Half menunjukkan bahwa hasil persentase karyawan yang resign karena alasan kurang apresiasi tersebut cukup fantastis, di mana angkanya  mencapai 66%. Jadi, penghargaan atau apresiasi karyawan tentu memainkan peran penting dalam menciptakan budaya organisasi yang positif. Selain itu juga memperkuat hubungan antara karyawan dan pemilik bisnis.

Itulah macam-macam bentuk apresiasi karyawan yang dapat dilakukan di lingkungan perusahaanmu. Selain menjaga lingkungan kerja yang positif, apresiasi karyawan juga dapat mendorong mereka tetap produktif dalam bekerja, dan membangun loyalitas pada perusahaan.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama