Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 7, 2024

Ciri-Ciri Mitra Bisnis dan Cara Tepat untuk Memilihnya

Ketika menjalankan sebuah usaha, tidak ada salahnya untuk menjalin kerja sama dalam mengembangkan pasar, salah satunya dengan mitra bisnis. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu kunci keberhasilan sebuah perusahaan juga bisa bergantung pada pemilihan mitra bisnis yang tepat. Oleh karena itulah, pastikan untuk tidak sembarang memilih mitra bisnis agar strategi pemasaran yang telah dilakukan bisa beradaptasi di pasaran dan bertahan dalam jangka panjang. Dalam hal tersebut, pelajari beberapa cara memilih mitra bisnis yang tepat yuk. 

Mudahnya, kamu bisa lihat visi dan misi calon mitra bisnis apakah sama dengan milikmu atau tidak. Apabila sejalan, maka untuk proses pencapaiannya pun akan lebih mudah. Lebih lengkapnya simak tips-tipsnya berikut. 

Apa Itu Mitra Bisnis?

mitra bisnis
gambar: freepik.com

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mitra bisnis merupakan rekan yang bisa diajak bekerja sama ketika menjalankan sebuah usaha untuk bisa mencapai tujuan tertentu. Umumnya ketika memiliki mitra bisnis maka hampir seluruh kegiatan operasional bisnis seperti keola SDM, arus keuangan, persiapan infrastruktur perusahaan, dan hal-hal lainnya dapat dikerjakan bersama. 

Sebagai contoh sederhana, apabila bisnis milikmu bergerak di bidang jasa dan membutuhkan tambahan SDM, maka bisa bekerjasama dengan lembaga outsourcing untuk dapat memberikan suplai SDM sesuai yang dibutuhkan. 

Lalu, Apa Saja Ciri-Ciri Mitra Bisnis yang Baik?

Beberapa ciri mitra bisnis yang baik adalah: 

1. Mampu Menciptakan Hubungan Kerja Sama yang Baik

Ciri pertama dari mitra bisnis adalah mampu menciptakan hubungan kerja sama yang baik antara kedua belah pihak atau lebih. Di mana komunikasi yang terjalin lancar, jelas dan dapat dimengerti dengan mudah. 

2. Harus Saling Menguntungkan

Ciri kedua adalah harus saling menguntungkan. Maksudnya keuntungan yang akan didapat bisa digunakan untuk meningkatkan operasional perusahaan. 

3. Mampu Mengembangkan Usaha Kecil

Ciri ketiga adalah mitra bisnis mampu membantu mengembangkan usaha kecil. Biasanya perusahaan-perusahaan berskala besar yang memiliki rekan bisnis dengan skala lebih kecil bisa bantu mengembangkannya. Salah satunya bisnis berskala kecil akan mendapatkan exposure lebih luas dari pasar. 

Bagaimana Cara Memilih Mitra Bisnis yang Tepat? 

mitra bisnis
gambar: freepik.com/pressfoto

Setelah mengetahui pengertian dan ciri-cirinya di atas, kini saatnya mempelajari tips untuk memilih mitra bisnis yang tepat: 

1. Identifikasi Kebutuhan dan Tujuan Bisnis

Cara pertama adalah identifikasi kebutuhan dan tujuan bisnis, apakah ingin melakukan ekspansi pasar, inovasi produk, atau efisiensi kegiatan operasional. Apabila kamu memiliki keputusan atau gambaran jelas tentang kebutuhan dan tujuan bisnis maka akan lebih mudah mencari mitra yang sesuai. 

2. Bergabung dalam Jaringan Industri

Cara kedua untuk memilih mitra bisnis yang potensial adalah bergabung dengan organisasi tertentu, hadir dalam seminar, konferensi dan acara industri untuk bisa membangun jaringan luas. Hal ini tentu bisa jadi salah satu pintu untuk peluang kerja sama. 

3. Memaksimalkan Penggunaan Platform Online

Cara ketiga adalah memaksimalkan penggunaan platform online untuk memilih mitra bisnis. Melalui platform online ini, kamu bisa mencari dan menghubungi calon mitra yang cocok berdasarkan profil mereka. Selain itu, kamu juga lebih mudah mencari tahu apakah kebutuhan dan tujuan calon mitra, cocok dengan bisnis milikmu.  

4. Cobalah Temui Konsultan Bisnis

Cara keempat adalah melakukan kerja sama dengan para perantara atau konsultasi bisnis. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah menemukan mitra bisnis yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. Umumnya konsultan bisnis memiliki akses jaringan yang lebih luas untuk mencari mitra bisnis dan membantu dalam proses negosiasi.  

5. Lakukan Analisis Kompetitor Potensial

Cara kelima pastikan untuk melakukan analisis kompetitor potensial dan carilah mitra bisnis yang mungkin pernah bekerja sama dengan mereka. Hal ini perlu dilakukan agar bisa memberikan gambaran tentang kemungkinan mitra yang sesuai untuk bisnismu. 

6. Lakukan Riset Pasar

Cara keenam lakukan riset pasar yang tujuannya untuk identifikasi peluang kolaborasi dengan mitra bisnis yang mungkin belum pernah dilakukan sebelumnya. Melalui riset ini tent kamu dapat menemukan segmen pasar atau layanan yang belum terpenuhi di industri bisnis milikmu. 

BACA JUGA: 7 Cara Riset Pasar yang Efektif untuk Pemula

7. Tidak Ada Salahnya Kerja Sama dengan Lembaga Keuangan

Terakhir cobalah kerja sama dengan lembaga keuangan seperti modal ventura atau bank, di mana pihak ini memiliki jaringan bisnis lebih luas untuk bantu menemukan mitra atau investor terbaik. 

Perlu dipahami bahwa dalam memilih mitra bisnis yang tepat membutuhkan strategi yang tepat. Jadi, sebelum menentukannya cobalah untuk identifikasi kebutuhan dan tujuan bisnismu terlebih dahulu. Setelah itu baru manfaatkan sumber daya, riset pasar, lihat peluang paling menguntungkan ketika memutuskan mitra bisnis. Penentuan tersebut tentunya tidak lepas dari visi dan misi yang sama dengan mitra bisnis. 

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan sistem digital ketika ingin menjalin hubungan dengan mitra bisnis. Pasalnya proses pencatatan transaksi, pembuatan laporan hingga analisis penjualan pun akan lebih mudah, praktis dan efektif. Dalam hal ini kamu bisa gunakan Youtap POS Aplikasi Kasir Digital

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama