Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
November 24, 2021

Tak Boleh Asal Saat Merekrut Karyawan, Simak Deretan Kriterianya di Sini!

Demi kelancaran operasional bisnis setiap harinya, maka kamu harus memiliki kriteria yang tepat saat merekrut karyawan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Isi Artikel

Memiliki karyawan dengan keahlian tertentu sesuai bidang pekerjaan merupakan aset penting dalam menjalankan bisnis. Apalagi jika bisnis yang kamu jalankan adalah sebuah restoran atau kafe, hal ini menjadi utama karena berhubungan langsung dengan pembeli. 

Keberadaan karyawan tersebut tidak hanya dianggap sebagai salah satu representasi bisnis, tetapi juga mampu memengaruhi kepuasan pelanggan. Jadi, apa saja kriteria utama yang perlu diperhatikan saat mencari karyawan? 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Agar Dapat Merekrut Karyawan Berkualitas untuk Bisnismu

merekrut karyawan
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Demi mengembangkan bisnis yang maksimal, tentu sebagai pemilik harus memperhatikan beberapa faktor sebelum menerima karyawan. Dan berikut ini beberapa kriteria karyawan berkualitas yang bisa kamu pertimbangkan untuk bekerja di bisnis milikmu: 

1. Calon Karyawan Harus Memiliki Rasa Percaya Diri yang Tinggi 

Pastikan karyawan memiliki rasa percaya diri dan wajib dibarengi dengan karakter atau personality yang baik. Rasa percaya diri dan karakter yang baik pada karyawan tersebut bisa membantu mereka memberikan pelayanan terbaik saat bertugas di toko. Cara melihat karakter dari calon karyawan sebenarnya bisa kamu ketahui saat sesi interview berlangsung.  

Kamu cukup ajukan beberapa pertanyaan pribadi atau yang sifatnya personal agar dapat mengetahui karakter dan tingkat percaya diri calon karyawan. Dengan adanya pertanyaan personal ini, juga dapat membantu kamu melakukan pendekatan lebih dalam pada calon karyawan.  

2. Calon Karyawan Mudah Mempelajari Hal Baru atau Fast-Learner

merekrut karyawan
Gambar: freepik.com/katemangostar

Memiliki rasa percaya diri dan karakter yang baik menjadi dasar paling utama yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Selanjutnya, dalam hal keahlian kamu juga membutuhkan karyawan yang cepat belajar atau beradaptasi dengan perubahan. Apalagi jika kamu mencari karyawan untuk bekerja di restoran atau kafe. 

Kemampuan belajar yang cepat tersebut, akan membantu mereka menghadapi perubahan atau penambahan produk di toko. Dengan begitu tentu mereka akan lebih percaya diri saat melayani pelanggan di toko. 

Hasil dari memiliki karyawan yang cepat mempelajari hal baru adalah pelayanan bisa semakin efektif dan efisien. Dan kualitas bisnis atau perusahaan milikmu juga akan semakin meningkat. 

3. Pastikan Calon Karyawan adalah Orang yang Jujur 

Meskipun terlihat sepele tetapi kejujuran sangat dibutuhkan dalam bekerja. Memang sifat jujur ini tidak bisa langsung kamu ketahui pada awal perjumpaan, jadi cara untuk mengetahuinya kamu bisa memanfaatkan masa percobaan atau probation

Apabila kamu memiliki restoran atau kafe, hal-hal kecurangan yang mungkin dilakukan oleh karyawan bisa kamu cegah dengan menggunakan Aplikasi Kasir Youtap di mana semua pencatatan transaksi bisa dilakukan secara digital.  

4. Calon Karyawan Memiliki Rasa Tanggung Jawab Pada Pekerjaan

merekrut karyawan
Gambar: freepik.com/pressfoto

Kemudian kriteria tanggung jawab juga harus dimiliki oleh calon karyawan. Apabila memiliki karakter seperti ini mereka tidak akan ragu jika terjadi kesalahan dan bisa mencari solusi untuk menyelesaikan masalah. 

Agar karyawan bisa tanggung jawab dengan pekerjaannya, sebaiknya berikan mereka jobdesk dan hak akses yang jelas. Dengan adanya peran dan hak yang jelas, tentu para karyawan pasti bisa melakukan kewajibannya dengan penuh bertanggung jawab.

5. Calon Karyawan Memiliki Rasa Loyalitas yang Tinggi 

Adanya rasa cinta dan loyalitas yang tinggi pasti akan membuat karyawan bisa bekerja dengan senang hati dan tanpa tekanan. Jadi, pastikan kamu merekrut karyawan tidak hanya sekadar berkualitas, tapi juga tepat untuk bisnis. Proses pengelolaan karyawan pun harus juga harus dilakukan dengan optimal dan tidak boleh sembarangan. 

Lalu, bagi kamu yang sudah merencanakan untuk membangun bisnis sendiri yuk mulai usaha bersama Youtap sekarang juga, agar pengelolaan dan hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama