February 25, 2022

Mengenal Sistem Inventory, Manfaat dan Tips Pengelolaannya

Berikut ini penjelasan lengkap apa itu sistem inventory dalam sebuah usaha, manfaat, dan tips mengelolanya.

Ketika membicarakan aktivitas logistik sebuah perusahaan, pasti harus paham dengan sistem inventory atau singkatnya pengaturan persediaan stok barang dan bahan baku. Demi kelancaran proses produksi atau permintaan pelanggan, berikut ini penjelasan lengkap apa itu inventory dan tips mengelolanya. 

Pengertian Inventory

Barang yang dikelola dengan tujuan untuk dijual adalah inventory. Dengan kata lain, barang yang dikelola ini merupakan persediaan atau stok milik perusahaan. Umumnya, sistem managemen stok berupa bahan mentah yang dibeli dan diolah menjadi sesuatu yang baru. Tujuan perusahaan mengolah bahan-bahan tersebut, agar bisa menciptakan suatu barang yang dapat dijual ke konsumen di pasaran. 

Namun, bisa juga berupa produk yang diuraikan menjadi bagian-bagian penyusunnya dan jual secara terpisah. Persediaan atau stok barang ini juga bisa tidak berwujud misalnya seperti perangkat lunak.

Manfaat Sistem Inventory

Dengan melakukan sistem inventory kamu dapat menentukan jumlah persediaan yang optimal dengan biaya minimal. Tetapi tak hanya sekadar menentukan jumlah persediaan, melakukan sistem inventory ini juga memiliki beberapa manfaat yaitu: 

1. Menghindari terjadinya kekurangan bahan

Apabila kamu selalu mengalami kehabisan barang dagangan ketika pelanggan mencarinya, tentu saja itu berarti perusahaan tidak memiliki sistem inventory yang baik. Ketika kamu gagal memenuhi kebutuhan atau permintaan dari pelanggan, maka perusahaan akan kehilangan kesempatan memperoleh keuntungan dari penjualan.

Oleh sebab itu, perusahaan harus mempunyai persedian barang yang terkontrol. Salah satu caranya dengan melakukan restock sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Tips Pengelolaan Bisnis Agar Untung Besar

2. Meningkatkan pelayanan

Selanjutnya adalah soal ketepatan dan kepercayaan dalam pelayanan. Memiliki pengintegrasian stok barang melalui sistem inventory membuat kamu lebih mudah memenuhi permintaan konsumen secara otomatis. Dengan penggunaan sistem inventory akan menjamin bahwa produk berada di tempat yang benar di waktu tepat. 

Jadi, tanpa harus memakan waktu yang lama perusahaan bisa merespon permintaan pelanggan secara cepat. Karena kamu sudah mengetahui ketersediaan item di gudang maupun toko.

3. Bisa mengontrol persediaan stok dan mengambil keputusan

Sistem persediaan stok perusahaan ini juga membuat fleksibilitas dari distribusi dan penyimpanan barang-barang secara menyeluruh. Tentu sistem inventory ini akan memungkinkan perusahaan memantau dan mengontrol persediaan sesuai dengan bisnis mereka.

cek stok barang
Ilustrasi pemilik bisnis cek stok barang. Gambar: Freepik

Tips Mengelola Inventory 

1. Membuat kategori inventory sesuai prioritas

Dalam mengatur persediaan atau melakukan penyimpanan pastikan kamu mengumpulkannya sesuai dengan kategori. Pengelompokkan bahan atau barang sesuai dengan kategorinya ini akan membantu kamu mengetahui penempatannya dengan jelas. Sehingga kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk mencari produk tersebut. 

2. Selalu lacak informasi produk secara detail

Selanjutnya kamu harus selalu melacak detail produk dalam inventaris. Beberapa informasi yang harus selalu dilakukan pengecekan adalah SKU, data barcode, pemasok, negara asal, dan nomor lot. Apalagi saat ini sistem managemen stok barang kini sudah bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan sistem inventory berbasis web hingga cukup dengan aplikasi sistem inventory

3. Melakukan audit persediaan secara berkala

Kemudian pastikan setahun sekali kamu melakukan penghitungan komprehensif. Dan sisanya secara berkala melakukan pemeriksaan mendadak pada barang-barang paling populer. Pemeriksaan ini bisa setiap bulan, mingguan, atau bahkan setiap hari.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

4. Ketahui tentang performa supplier

Dengan adanya sistem inventory barang ini kamu juga bisa mengetahui performa supplier. Jika supplier terus-menerus terlambat dalam pengiriman atau selalu kurang mengirimkan pesanan, sebaiknya bersiaplah untuk mengubah mitra bisnis. 

5. Melakukan restock 

Terakhir adalah kamu juga bisa melakukan restock persediaan sendiri pada bahan atau barang tertentu. Dengan cara seperti ini kamu bisa menghemat uang dan waktu. 

Itulah penjelasan lengkap apa itu sistem inventory, manfaat hingga tips mengelolanya dengan tepat. Dalam pelaksanaannya di era teknologi seperti ini, kamu tidak perlu lagi melakukannya secara manual tetapi bisa menggunakan aplikasi stok barang dari Youtap, yakni Belanja Stok.

Selain itu, kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan usaha dengan fitur terlengkap dan terpercaya.

CTA Banner Artikel


Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama
WA Kami
Sekarang