Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
May 23, 2024

8 Manfaat Pola Hidup Sehat Jika Dilakukan Setiap Hari

Tidak hanya sekadar membantu tubuh terhindar dari risiko penyakit kronis, tapi berikut manfaat pola hidup sehat lainnya jika dilakukan setiap hari.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh mencakup fisik dan mental adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Ketahui bahwa melakukan pola hidup sehat setiap hari dan dimulai sejak dini sangat penting karena mampu membantu berbagai macam munculnya penyakit kronis. Selain itu ada juga beberapa manfaat pola hidup sehat lainnya yang akan dibahas dalam artikel ini. 

Pengertian Pola Hidup Sehat

 8 manfaat pola hidup sehat
gambar: freepik.com

Sebelum masuk dalam pembahasan inti, perlu dipahami dulu bahwa menurut penjelasan dari World Health Organization (WHO) pola hidup sehat adalah sebuah cara hidup yang akan membantu tubuh terhindar dari penyakit parah yang dapat menyebabkan kematian seperti jantung koroner, kanker paru-paru, diabetes, dan lain-lainnya. Tidak hanya itu saja, tapi melakukan pola hidup sehat juga akan membuat sejahtera secara fisik, mental hingga sosial. 

Arti dari sejahtera secara mental adalah terhindar dari rasa depresi dan stress sehingga kualitas hidup sosialmu dalam kehidupan sehari-hari akan berjalan baik. Bila dilakukan sejak dini dan setiap hari maka manfaat pola hidup sehat yang akan kamu rasakan pun lebih maksimal. 

Manfaat Pola Hidup Sehat Jika Dilakukan Setiap Hari

Dilansir dari National Library of Medicine dan Healthline, berikut beberapa manfaat pola hidup sehat yang akan kamu rasakan pada tubuh: 

1. Kondisi Tubuh Lebih Bugar

Manfaat pola hidup sehat yang pertama adalah membuat kondisi tubuh lebih bugar. Pasalnya, jika kondisi tubuh sehat maka akan energi yang kamu miliki untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tentu lebih prima. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam kehidupan sosial ketika harus berkomunikasi dan melakukan pekerjaan. 

2. Tubuh Terhindar dari Berbagai Penyakit Kronis 

Kemudian dengan pola hidup sehat, maka tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian. Contohnya terhindar dari penyakit seperti diabetes, kanker, hipertensi, jantung, dan lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa menjalani pola hidup sehat, bukan hanya sekadar menjaga asupan makan dan berolahraga tapi juga menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. 

3. Rasa Percaya Diri Lebih Meningkat

Melakukan pola hidup yang sehat tentu akan membantu kamu mendapatkan bentuk tubuh ideal dan kualitas hidup lebih baik. Tanpa disadari hal itu akan meningkatkan rasa percaya diri ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

4. Produktivitas dan Konsentrasi Jadi Lebih Baik

Ketika melakukan pola hidup sehat, maka kamu juga perlu memiliki waktu tidur yang cukup setiap harinya, bukan? Hal itu dapat membantu produktivitas dan konsentrasi jadi lebih meningkat setiap harinya. Perlu diketahui bahwa tidur yang cukup bisa membuat suasana hati dan fokus pikiran semakin membaik.

5. Jadwal Hidup Sehari-Hari Lebih Teratur

Saat menerapkan pola hidup sehat secara otomatis jadwal konsumsi makanan, olahraga, dan aktivitas sehari-hari jadi lebih teratur. Hal itu pun akan membantu kamu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup yang lebih sejahtera. Pasalnya, dengan jadwal hidup sehari-hari yang teratur, kamu tidak perlu melakukan pekerjaan dalam satu waktu yang sama. Di mana kegiatan tumpang tindih seperti itu justru bisa menimbulkan stres. 

6. Menikmati Hidup secara Maksimal

Adopsi pola hidup sehat yang jika dilakukan setiap hari juga mampu membantu seseorang menikmati hidupnya secara maksimal. Kondisi tubuh yang bugar, serta mental kuat dapat membantu mengurangi risiko penyakit. 

7. Kesehatan Kulit Lebih Terjaga 

Melakukan olahraga secara rutin dan juga konsumsi makanan sehat bernutrisi ternyata mampu menjaga kesehatan kulit. Di mana kondisi kulit lebih sehat dan terlihat glowing secara alami.

8. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

Pola hidup sehat juga dapat membantu menjaga berat badan ideal karena asupan makan terjaga dan rutin berolahraga. Memiliki berat badan ideal tentu akan membuat tubuh terasa jadi lebih ringan sehingga lebih leluasa melakukan banyak aktivitas.

BACA JUGA: Minum Susu Kedelai Setiap Hari Baik Bagi Tubuh Lho!

Contoh Melakukan Pola Hidup Sehat

8 manfaat pola hidup sehat
gambar: freepik.com/tirachardz

Ketika akan mengadopsi pola hidup sehat, maka pastikan kamu membuat tujuan yang jelas dan spesifik. Bila tujuannya menurunkan berat badan dalam kurun waktu tertentu, maka rencanakan hal apa saja yang perlu dilakukan. Hal-hal tersebut mencakup asupan makanan, olahraga dan aktivitas mendukung lainnya. Dengan adanya tujuan yang spesifik, tentu akan sangat membantu kamu mengorganisir jadwal pola hidup sehat sehari-hari

1. Konsumsi Makanan Sehat

Setelah adanya perencanaan dan tujuan jelas serta spesifik, maka kini saatnya kamu tentukan asupan sehat apa saja yang perlu dikonsumsi. Cobalah untuk konsumsi makanan bernutrisi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak. 

2. Rutin Berolahraga

Bagian lain yang juga penting dilakukan ketika melakukan pola hidup sehat adalah berolahraga. Ini akan sangat membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan mental. Namun, bila kamu sebelumnya jarang berolahraga dengan rutin, cobalah mulai dengan kegiatan ringan dan juga sesuai minat agar saat menjalaninya di kehidupan sehari-hari lebih konsisten. 

BACA JUGA: Wajib Tahu, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Organik

3. Kelola Stres

Salah satu hal yang akan memberikan dampak cukup buruk bagi kesehatan fisik dan mental adalah stres. Oleh karena itu, dengan menjalani pola hidup sehat kamu akan lebih mudah kelola stres karena adanya aktivitas-aktivitas yang menyenangkan. Contohnya seperti baca buku, olahraga, atau meditasi. 

4. Kurangi Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Banyaknya jadwal aktivitas pekerjaan, ternyata membuat banyak orang saat ini lebih memilih  makanan cepat saji yang murah dan proses pengolahannya pun praktis sehingga tidak memakan waktu lama. Namun, sayangnya makanan cepat saji seperti itu memiliki dampak negatif terhadap kesehatan. Berikut beberapa contoh jenis makanan tidak sehat yang sebaiknya dihindari dilansir dari BBC:  

  • Junk food, seperti keripik dan coklat karena tinggi kalori namun rendah nilai gizinya.
  • Makanan cepat saji, seperti hamburger dan ayam goreng yang disiapkan dan disajikan dengan cepat namun sangat tinggi lemak. 
  • Makanan ringan yang sering kali mengandung terlalu banyak garam dan gula.

5. Tidur yang Cukup

Tidur dengan waktu yang cukup juga hal penting dalam menjaga kesehatan dan kualitas hidup. Pastikan kamu tidur dengan waktu minimal tujuh hingga delapan jam setiap malamnya. Tidur yang cukup dapat membantu fokus lebih meningkat dan memperbaiki suasana hati. 

6. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan 

Cobalah untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Tujuannya agar mampu mendeteksi penyakit sejak dini sehingga dokter dapat memberikan penanganan yang tepat sebelum masuk dalam tahap serius. Ada baiknya melakukan pemeriksaan kesehatan setiap enam bulan atau satu tahun sekali. Setelah itu berkonsultasi dengan dokter bila mengalami keluhan tertentu. 

Terakhir cobalah untuk konsistensi dan disiplin ketika menjalankan pola hidup sehat agar hasilnya lebih maksimal. Kamu bisa tentukan jadwal untuk berolahraga dan konsumsi makanan sehat secara teratur. Selain itu, untuk memudahkan dalam persiapan makanan sehat, kamu bisa beli bahan-bahan sayuran atau daging segar hanya di Youtap BOS. Selain harganya lebih terjangkau, produk yang tersedia juga langsung dari supplier dengan kualitas terbaik. 

manfaat pola hidup sehat

Referensi: 

  • Healthline (2023) diakses pada 23 Mei 2024. Healthy Lifestyle Benefits: 5 Tips for Living Your Strongest, Healthiest Life Yet
  • BBC (2024) diakses pada 23 Mei 2024. What is a healthy lifestyle?
  • WHO (1998) diakses pada 23 Mei 2024. Healthy Living
  • Library of Medicine (2015) diakses pada 23 Mei 2024. Impact of Lifestyle on Health
AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama