Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 27, 2024

Makeup Artist, Salah Satu Bisnis Jasa yang Keuntungannya Menjanjikan

Jasanya semakin banyak dibutuhkan oleh wanita maupun pria untuk berbagai acara, berikut tips memulai bisnis makeup artist dan potensinya. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di era digital yang serba canggih ini, industri kecantikan telah mengalami transformasi secara signifikan yaitu menciptakan peluang emas bagi para profesional di bidang makeup artist (MUA). Pasalnya, menjadi seorang makeup artist bukan hanya tentang keterampilan merias wajah, tetapi juga perlu memahami tren dan membangun brand yang kuat. 

Dengan permintaan yang terus meningkat akan jasa MUA, baik untuk acara pernikahan, photoshoot, maupun produksi media, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengeksplorasi potensi bisnis dalam dunia makeup. Artikel ini akan membahas berbagai aspek penting dalam membangun dan mengembangkan bisnis sebagai makeup artist, mulai dari persiapan awal hingga strategi pemasaran yang efektif.

Potensi Bisnis Makeup Artist

bisnis makeup artist
gambar: freepik.com/jcomp

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu bahwa makeup artist merupakan sebuah profesi di bidang kecantikan yang menggabungkan keahlian rias wajah dan juga senia. Nantinya makeup artist akan mengaplikasikan riasan sesuai permintaan klien, untuk membantu meningkatkan penampilan secara maksimal. 

Pada dasarnya, bisnis makeup artist ini termasuk musiman karena akan mengacu pada perubahan kondisi seperti momentum liburan atau acara-acara khusus. Oleh karena itulah, pendapatan makeup artist biasanya akan meningkat di momen-momen tertentu, awal atau akhir bulan yang biasanya banyak berlangsung acara pernikahan. Selain itu, ada juga momen lain yaitu wisuda, Hari Kartini, dan Hari Kemerdekaan.

Oleh karena itulah, kamu harus bisa memanfaatkan peluang bisnis makeup artist dengan baik. Cobalah untuk terus mengasah kemampuan dalam hal rias wajah serta mempromosikan bisnis dan membangun citra positif. Pahami bentuk wajah masing-masing klien, sehingga kamu mampu membuat riasan yang sesuai dengan hasil memuaskan. Pasalnya, setiap klien MUA umumnya akan tetap sama dalam jangka waktu lama. Hal itu disebabkan karena ciri khas make up yang berbeda, membuat klien berlomba-lomba menemukan paling sesuai dan biasanya tidak akan berpindah ke makeup artist lain. Berikut ini beberapa alasan bisnis makeup artist sangat menjanjikan untuk mendatangkan banyak keuntungan: 

  1. Permintaan yang Tinggi: Acara pernikahan, pesta, pemotretan profesional, dan produksi media selalu membutuhkan jasa MUA. Tren makeup yang terus berkembang juga mendorong permintaan akan profesional yang bisa mengikuti dan menerapkan teknik terbaru.
  2. Fleksibilitas: Sebagai MUA, kamu bisa memilih untuk bekerja secara freelance atau bergabung dengan salon atau studio kecantikan. Fleksibilitas ini memungkinkan untuk menyesuaikan jadwal kerja sesuai dengan kebutuhan pribadi.
  3. Penghasilan yang Menarik: Dengan keterampilan dan reputasi yang baik, seorang MUA bisa menghasilkan pendapatan yang signifikan. Tarif jasa yang kompetitif dan kemampuan untuk menangani beberapa klien dalam sehari dapat meningkatkan penghasilan secara substansial.
  4. Peluang Berkembang: Selain menyediakan jasa makeup, seorang MUA juga bisa menawarkan kelas makeup, menjadi influencer kecantikan, atau menciptakan produk kosmetik sendiri.

BACA JUGA: Diprediksi Sukses Hasilkan Cuan Berlimpah, Ini Deretan Tren Bisnis 2024!

Langkah-langkah Memulai Bisnis Makeup Artist

1. Pelatihan dan Sertifikasi

Meskipun bakat alami penting, mengikuti pelatihan profesional dan mendapatkan sertifikasi dapat meningkatkan kredibilitas sebagai MUA. Apalagi saat ini banyak sekali sekolah kecantikan yang menawarkan kursus sesuai dengan kebutuhanmu. 

2. Portofolio

Pastikan untuk membuat portofolio yang menarik dengan cara mengumpulkan seluruh foto-foto seluruh klienmu sendiri. Pasalnya dengan adanya portofolio yang kuat akan membantu menarik perhatian calon klien dan memudahkan dalam memasarkan jasa.

3. Pemasaran dan Branding

Buatlah brand yang kuat dengan logo dan identitas visual yang konsisten. Manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube untuk mempromosikan karya dan berinteraksi dengan audiens.

BACA JUGA: Apa Itu Product Knowledge dalam Pemasaran Bisnis?

4. Jaringan dan Kerjasama 

Jalin hubungan dengan fotografer, perencanaan acara, dan profesional lain di industri kecantikan, karena dapat membantu membuka peluang baru serta mendapatkan referensi.

Tips Sukses dalam Bisnis Makeup Artist

makeup artist
gambar: freepik.com/tirachardz

  1. Belajar dan terus berkembang. Tren dalam industri kecantikan memang selalu berubah cepat, sehingga kamu harus bisa beradaptasi dan mengembangkan keterampilan secara baik dengan mengikuti workshop atau seminar.
  2. Pelayanan Prima: Pelanggan yang puas adalah aset terbesar. Berikan layanan terbaik dengan memahami kebutuhan klien dan memberikan hasil yang memuaskan.
  3. Manajemen Keuangan yang Baik, maksudnya mengelola seluruh pendapatan bisnis dengan bijak. Catat semua pemasukan dan pengeluaran, dan sisihkan sebagian pendapatan untuk investasi kembali ke dalam bisnis.

Bisnis makeup artist menawarkan peluang yang menjanjikan bagi mereka yang memiliki passion di bidang kecantikan dan keterampilan makeup yang baik. Dengan strategi yang tepat, dedikasi, dan kreativitas, kamu bisa sukses membangun karier sebagai MUA serta meraih keuntungan yang signifikan. Namun, jangan lupa dukung kesuksesan bisnismu dengan menggunakan sistem digital Youtap POS untuk bantu kelola usaha lebih efektif dan praktis. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama