Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 17, 2023

Cara Tepat Monitor Kompetitor Bisnis untuk Dukung Pengembangan Kualitas Maupun Pelayanan Lebih Baik

Demi bisa melakukan pengembangan bisnis secara maksimal baik itu dari segi pelayanan hingga kualitas produk, ada baiknya untuk mulai pelajari kompetitor bisnis secara mendalam.

Isi Artikel

Seperti yang kita tahu, melakukan pengamatan pada pergerakan kompetitor menjadi salah satu hal penting untuk bisa memperkuat bisnis. Pasalnya, dengan mempelajari seluk beluk kompetitor, Bos dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka. Sehingga lebih mudah membuat strategi untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas bisnis. Lalu, bagaimana cara mempelajari kompetitor bisnis yang tepat? 

Cara Mempelajari Kompetitor Bisnis 

1. Cobalah Kunjungi Toko Kompetitor

kompetitor bisnis
Gambar: freepik.com

Cara pertama, coba kunjungi toko kompetitor secara langsung baik itu online maupun offline. Apabila toko kompetitor offline, maka lakukan kunjungan secara rutin, untuk bisa mempelajari layanan hingga produk-produk pesaing. 

Sedangkan, jika kompetitor menjalankan bisnis online, maka lakukan sesering mungkin untuk mengunjungi website tokonya. Kemudian, pelajari bagaimana cara kompetitor melakukan pengelolaan situsnya. 

2. Ikuti dan Pantau Media Sosial Kompetitor

Cara kedua, ikuti dan pantau perkembangan media sosial kompetitor. Pasalnya, melalui media sosial ini, para Bos akan lebih mudah mengetahui informasi terbaru dari kompetitor secara real time dengan melihat postingan terbaru mereka.

3. Pantau Komentar Pelanggan Mereka di Internet

Cara ketiga, lakukan monitor terhadap komentar dari pelanggan terkait bisnis, karena biasanya pelanggan sering mengulas produk atau jasa yang digunakannya. Kamu bisa coba membaca kolom komentar di media sosial seperti Instagram atau melakukan pencarian secara langsung di Google.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Testimoni Pelanggan untuk Bisnis

4. Coba untuk Bertanya Tanggapan Pelanggan

Cara keempat, cobalah untuk bertanya kepada pelanggan, bagaimana pendapat mereka terkait dengan produk atau jasa bisnis. Bisa saja, ada kenalan yang menjadi pelanggan kompetitor, dari situlah kamu bisa mulai menggali informasi lebih dalam. 

5. Cobalah Jadi Pelanggan Mereka

kompetitor bisnis
Gambar: freepik.com

Cara kelima, cobalah jadi pelanggan mereka untuk bisa merasakan secara langsung bagaimana pelayanan yang diberikan dan kualitas produknya. Pasalnya, mencoba sendiri adalah cara paling ampuh untuk mempelajari kompetitor. 

Tak lupa lakukan pendaftaran membership untuk selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai penjualan dan event kompetitor. 

6. Jangan Lupa untuk Perhatikan Iklan atau Promosi yang Dilakukan Kompetitor

Terakhir, perhatikan juga iklan atau promosi yang dilakukan oleh kompetitor, baik itu online, media cetak, atau pun di media elektronik. Ini menjadi bagian penting yang juga tidak boleh dilupakan agar kamu bisa membuat kampanye promosi yang jauh lebih menarik dan juga efektif untuk merebut hati pelanggan.

Jadi, agar bisa lebih maksimal dalam mengembangkan bisnis, ada baiknya untuk pelajari kompetitor. Di mana nantinya, hasil dari riset tersebut bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kualitas atau pelayanan bisnis menjadi lebih unggul dari pesaing. 

Kemudian, untuk mendukung perkembangan bisnis, ada baiknya para Bos menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS yuk. Pasalnya, aplikasi ini memiliki beragam fitur canggih yang mampu bantu kelola bisnis, mulai dari pembuatan laporan, pencatatan transaksi, dan lain-lainnya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama