April 16, 2024

6 Ide Bisnis Setelah Lebaran dan Tips Melakukannya!

Momen setelah lebaran juga bisa jadi peluang bagi kamu yang ingin mulai bisnis, lho. Berikut ide bisnis setelah lebaran dan tips melakukannya.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Setelah melakukan serangkaian kewajiban ibadah, kini tiba saatnya sampai di penghujung Ramadan. Di mana ini menjadi awal baru yang dinanti-nanti oleh sebagian masyarakat. Tidak hanya sekadar awal baru bagi kehidupan pribadi yang lebih baik, tapi juga berlaku untuk para pelaku bisnis. Hal ini pun bisa jadi momen tepat bagi kamu yang ingin mulai bisnis setelah lebaran. Penjelasan lengkapnya simak yuk beberapa ide bisnis setelah lebaran dan tips melakukannya berikut. 

Ide Bisnis Setelah Lebaran

ide bisnis setelah lebaran
gambar: freepik.com/azerbaijan_stockers

1. Bisnis Oleh-Oleh Khas Daerah di Lokasi Wisata 

Ide bisnis setelah lebaran yang pertama adalah berjualan oleh-oleh khas daerah. Namun, pastikan kamu menjualnya di lokasi wisata tertentu yang ramai pengunjung, ya. Seperti yang kita tahu bahwa di momen Lebaran, biasanya hampir seluruh tempat wisata mengalami lonjakan jumlah pengunjung karena arus mudik. 

Melihat lonjakan jumlah pengunjung setelah lebaran itulah yang bisa jadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kamu bisa menjual beragam oleh-oleh khas, mulai dari makanan hingga barang-barang unik sesuai khas daerah masing-masing. 

2. Bisnis Kuliner Makanan Sehat 

Selanjutnya, kamu bisa menjalankan bisnis kuliner makanan sehat. Selama Ramadan pola makan tentu berubah menjadi lebih sehat, namun sayangnya nutrisi yang masuk ke tubuh berbeda-beda tergantung masing-masing makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itulah, dengan menawarkan menu makanan sehat setelah lebaran bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena dapat membantu orang-orang menjaga kadar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sehingga lebih mudah dikontrol. 

3. Bisnis Mainan Anak 

Tradisi bagi-bagi THR untuk keponakan yang masih bersekolah memang masih dilakukan oleh banyak orang hingga saat ini. Momen lebaran tersebut ternyata membuat anak-anak umumnya mendapatkan uang jajan cukup banyak dan mereka ingin menggunakannya untuk beli barang-barang tertentu, salah satunya seperti mainan. 

4. Bisnis Hewan Kurban 

Setelah lebaran selesai, 3 bulan kemudian biasanya umat muslim akan kembali merayakan Idul Adha. Momen ini biasanya orang-orang akan banyak mencari hewan kurban seperti sapi atau kambing. Permintaan yang tinggi tentu membuat harga hewan kurban pun jadi ikut naik dan bisa memberikan banyak keuntungan untukmu. 

5. Bisnis Laundry 

Padatnya aktivitas selama lebaran membuat sebagian orang tidak sempat melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci baju. Melihat hal itu membuat kamu bisa memanfaatkan peluang untuk melakukan bisnis laundry yaitu mencuci dan setrika baju. Bisnis ini akan memiliki banyak customer, apalagi di kota-kota besar karena kebanyakan asisten rumah tangga pulang kampung sehingga solusi terbaik untuk mencuci baju kotor dengan laundry. Apabila kamu ingin menjalankan bisnis laundry, bisa baca tips selengkapnya di sini

6. Jasa Servis dan Cuci Kendaraan 

Ide bisnis terakhir adalah jasa servis dan cuci untuk kendaraan. Tidak sedikit orang melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, namun untuk bisa mengecek apakah dalam kondisi yang prima dan bersih, mereka mempertimbangkan menggunakan layanan servis dan cuci di bengkel. Melihat hal itu tentu bisa jadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dengan membuka jasa servis dan cuci kendaraan. Bisnis satu ini akan memiliki cukup banyak customer baik sebelum lebaran hingga setelahnya, melihat aktivitas banyak orang yang semakin padat. 

Tips Agar Kegiatan Bisnis Tetap Berjalan Maksimal

ide bisnis setelah lebaran

1. Pastikan Memberikan Waktu Isi Ulang Tenaga Karyawan

Sebelum fokus pada kerja lapangan bisnis, pastikan sebelum itu kamu telah memberikan waktu isi ulang tenaga saat libur lebaran. Hal ini pun akan berdampak pada kegiatan operasional bisnis setelah lebaran, sehingga mereka lebih giat dalam melakukan penjualan produk. 

2. Pastikan Terhubung Online

Setelah itu, pastikan kamu telah melakukan evaluasi dan menerapkan beberapa strategi baru agar penjualan bisnis pasca lebaran tetap stabil. Lalu, kamu juga harus tetap terhubung secara online secara maksimal dengan para pelanggan, di mana pemberitahuan kapan bisnis mulai buka kembali setelah lebaran dan info terkait promo menarik lainnya. Hal ini tentu akan menarik pelanggan untuk melihat produk-produkmu hingga melakukan pembelian. 

3. Harus Konsisten 

Selama bulan Ramadan, pasti kamu sebagai pelaku bisnis banyak membuat konten-konten yang sifatnya lebih personal. Hal itulah yang mengharuskan kamu untuk tetap terikat dengan audiens agar bisa membangun hubungan baik yang konsisten.  

Itulah ide bisnis setelah lebaran dan tips melakukan kegiatan operasionalnya agar lebih maksimal. Momen setelah lebaran ini pun ternyata juga bisa jadi peluang bisnis cukup menjanjikan dengan beberapa menjalankan beberapa ide di atas. Namun, jangan lupa untuk gunakan sistem berbasis digital Youtap POS untuk membantu mencatat seluruh transaksi secara otomatis dan real time, melakukan analisis penjualan hingga menyediakan metode pembayaran cashless yang akan memudahkan pelanggan. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama