March 26, 2024

Mau Bisnis Stabil Usai Lebaran? Intip Tipsnya Di Sini Yuk!

Apabila kamu menginginkan penjualan hingga keuntungan bisnis stabil usai lebaran, maka ikuti beberapa tips penting di bawah ini ya. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Di bulan Ramadan ini biasanya peluang untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar dari biasanya. Hal itu dikarenakan daya beli masyarakat semakin meningkat karena kebutuhan selama bulan Ramadan pun juga tergolong banyak. Namun, peningkatan penjualan tersebut biasanya akan menyusut secara drastis apabila lebaran telah usai. Apabila kamu tetap ingin mempertahankan penjualan bisnis stabil usai lebaran, berikut beberapa tipsnya. 

Tips Bisnis Stabil Usai Lebaran

bisnis stabil usai lebaran
gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Lakukan Evaluasi dan Analisis Penjualan

Setelah lebaran usai, pastikan melakukan analisis penjualan terlebih dahulu. Coba cek jumlah produk yang telah terjual selama periode Ramadan. Selain itu lihat pendapatan produk yang paling laku dan tidak laku, serta produk yang paling banyak ditanya oleh pelanggan. 

Sebagai tambahan lakukan juga analisis terhadap promo-promo yang paling efektif. Apabila analisis beberapa poin di atas telah selesai dilakukan, kini saatnya untuk mengevaluasi hal-hal tersebut dan menentukan strategi mana yang paling efektif untuk bisa tetap menarik banyak pelanggan setelah Lebaran.

2. Buatlah Promosi Khusus Setelah Lebaran

Upayakan agar promosi penjualan tidak hanya dilakukan saat Ramadan berlangsung saja, tapi juga setelah lebaran. Pasalnya, apapun promosi yang ditawarkan hal ini tentu akan menarik calon konsumen untuk membeli produk bisnismu. Oleh karena itu, pastikan tetap menjalani promosi yang memang penawarannya sesuai dengan target pasar bisnis. Di mana penentuan promosi ini baru bisa ditentukan apabila data-data dari hasil analisis di langkah pertama sudah dilakukan. 

Contoh promosi khusus ini, kamu bisa menawarkan paket bundling ke konsumen. Coba untuk tawarkan beberapa produk yang sebelumnya kurang diminati dengan mengkombinasikan stok paling diminati atau menggabungkannya pada produk termurah. Cara ini tentunya dapat membantu menghabiskan stok tanpa harus membuangnya begitu saja. Jadi, pemasukan bisnis setelah lebaran pun masih tetap stabil. 

3. Upayakan Selalu Aktif dan Responsif di Media Sosial

Demi memberikan pelayanan terbaik, kamu juga harus tetap aktif dan responsif di seluruh channel media sosial bisnis. Ini bertujuan agar konsumen yang berniat melakukan pembelian pada produk milikmu merasa terbantu dan semakin yakin dengan kualitas produk maupun layanan bisnis. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengunggah konten-konten menarik yang memikat minat followers agar mereka secara aktif  respons atau berkomentar. Hal ini dapat meningkatkan engagement bisnis secara online. 

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menarik minat calon konsumen baru terhadap bisnis milikmu adalah melakukan giveaway. Sebagai contoh sederhana, ajaklah para followers untuk mengunggah foto dengan properti menggunakan produk milikmu ditambah adanya ketentuan penulisan caption yang menyesuaikan konsep giveaway. Cara ini tidak hanya dapat menjaga interaksi dengan followers, tapi juga memperluas jangkauan bisnis secara online. 

BACA JUGA: 22 Ide Bisnis Ramadan 2024, Dijamin Cuan!

4. Berikan Pelayanan ke Pelanggan dengan Cara yang Lebih Personal 

Selain responsif dan aktif, penting juga untuk memberikan pelayanan dengan cara yang lebih personal ke pelanggan. Apabila mendapatkan pelayanan yang istimewa hal ini tentunya membuat pelanggan merasa nyaman dan pasti ingin kembali lagi ke toko milikmu. Salah satu caranya dengan menyisipkan atau mengirim kartu ucapan ke pelanggan yang telah membeli produkmu atau pada saat momen-momen di hari besar. 

Alternatif lain, kamu juga bisa menyisipkan kode kupon khusus pembelian dan promo lain yang bisa digunakan pada periode tertentu. Cara ini tentunya akan membantu menarik minat belanja konsumen di toko milikmu. 

5. Luncurkan Produk atau Varian Baru

Terakhir adalah cobalah untuk meluncurkan varian baru atau bahan produk baru yang memang sesuai dengan kebutuhan konsumen di pasaran saat ini. Namun, pastikan tidak langsung menjualnya di toko begitu saja ya, agar lebih menarik kamu bisa mulai dengan sistem pre-order terlebih dahulu. Sebenarnya cara ini juga untuk mengecek kondisi pasar apakah produk atau varian baru ini cukup diminati atau tidak. Sebagai tambahan, setiap pembelian produk baru tawarkan juga promo diskon ya. 

Itulah beberapa strategi bisnis yang bisa dilakukan agar tetap stabil usai lebaran. Lalu, agar menunjang seluruh kegiatan bisnis pastikan juga mulai menerapkan sistem digital menggunakan Aplikasi Kasir Youtap POS. Di mana sistem ini memiliki berbagai macam fitur canggih seperti pencatatan transaksi, analisis penjualan hingga bantu membuat laporan keuangan. Jadi, seluruh kegiatan bisnis pun bisa tetap berjalan efektif, praktis dan cepat, lho. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama