Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 17, 2024

Bisnis Lapangan Futsal: Peluang dan Keuntungan Menjalankannya

Memiliki pasar yang luas karena peminat olahraga ini cukup banyak diminati di Indonesia, berikut peluang dan keuntungan bisnis lapangan futsal. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Olahraga futsal saat ini memang semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Popularitasnya yang terus meningkat ternyata membuka peluang bisnis cukup menjanjikan bagi para pengusaha. Memulai bisnis lapangan futsal bisa menjadi investasi yang menguntungkan jika dilakukan dengan perencanaan matang. Namun, apa saja yang perlu diperhatikan dan bagaimana cara memulainya? Dalam artikel ini, Youtap akan secara lengkap memberikan penjelasan mengenai keuntungan beserta contoh rincian perhitungan bisnis lapangan futsal. 

Keuntungan Menjalankan Bisnis Lapangan Futsal

bisnis lapangan futsal
gambar: freepik.com

Berikut beberapa keuntungan menjalankan bisnis lapangan futsal:

1. Memiliki Pasar yang Luas

Keuntungan pertama, bisnis lapangan futsal memiliki pasar yang luas. Pasalnya peminat bisnis ini tidak hanya anak-anak saja, tapi juga mencakup mahasiswa hingga para karyawan kantoran, lho. Seperti yang kita tahu, bahwa orang Indonesia memang lebih suka dengan olahraga sepak bola. Tidak hanya sebagai sarana untuk melatih kebugaran jasmani, tapi banyak juga yang memanfaatkan waktu olahraga ini untuk berkumpul dengan kolega atau teman-teman. 

2. Minim Biaya Perawatan

Keuntungan kedua, bisnis lapangan futsal juga minim biaya perawatan karena seluruh peralatan utama yang dibutuhkan seperti lantai, lampu, jaring, dan bola umumnya dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Hal itu yang membuat biaya perawatan tidak terlalu banyak dibutuhkan setiap bulannya. 

3. Fleksibilitas Operasional

Keuntungan ketiga, bisnis lapangan futsal memungkinkan untuk memiliki fleksibilitas dalam operasionalnya. Maksudnya kamu bisa mengatur jadwal penggunaan lapangan sesuai dengan permintaan pelanggan, baik untuk latihan rutin, pertandingan persahabatan, atau acara komunitas.

4. Peluang Kerjasama

Keuntungan keempat, kamu juga bisa memanfaatkan bisnis ini untuk menjalin kerjasama dengan sekolah, perusahaan, atau komunitas lokal agar dapat digunakan secara rutin.  Kerjasama ini tentu bisa menjadi sumber pendapatan tambahan yang stabil.

BACA JUGA: Cara Memanfaatkan Peluang Usaha Secara Inovatif dan Kreatif

Contoh Rincian Perhitungan Modal Bisnis Lapangan Futsal

Bisnis lapangan futsal ini memang membutuhkan modal yang banyak bahkan bisa mencapai ratusan juta. Namun, bila dilakukan pengelolaan yang baik, tentu saja dapat berjalan lancar hingga menghasilkan banyak keuntungan. Sebagai gambaran, berikut contoh perincian perhitungan: 

  • Modal konstruksi baja untuk tiang dan lainnya: Rp 180 juta
  • Modal pondasi serta lantai: Rp 90 juta
  • Modal untuk rumput sintetis: Rp 80 juta
  • Modal untuk peralatan lapangan: Rp 15 juta
  • Total modal bisnis lapangan futsal: Rp 365 juta

Setelah seluruh perhitungan modal untuk membangun lapangan futsal selesai, berikut gambaran keuntungan yang akan kamu dapat dengan asumsi harga per jam sebesar Rp 75 ribu (untuk di pagi sampai siang hari), sedangkan Rp 150 ribu (malam hari). Bila dihitung dengan gambaran tersebut maka: 

  • Rp 80 ribu x 5 = Rp 400 ribu (penghasilan pagi sampai siang dalam satu hari)
  • Rp 100 ribu x 4= Rp 400 ribu (penghasilan di waktu malam dalam satu hari) 

Maka jika dijumlahkan, total penghasilan per hari sebesar Rp 800 ribu. Apabila melihat total penghasilan per bulannya bisa mencapai Rp 24 juta. Bahkan pendapatan ini juga bisa bertambah apabila kamu menjual makanan atau minuman di sekitar lapangan futsal. 

BACA JUGA: Laporan Perubahan Modal Pada Bisnis

Jenis-Jenis Lapangan Futsal

bisnis lapangan futsal
gambar: freepik.com

Setelah mengetahui keuntungan dan perincian modal awal untuk menjalankan lapangan futsal di atas, kini kamu perlu memahami jenis-jenisnya agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki: 

1. Jenis Lapangan Futsal Rumput Sintetis

Jenis pertama, lapangan futsal rumput sintetis yaitu saat ini cukup banyak diminati oleh penggemar olahraga. Selain lebih aman untuk para pemain karena bahannya empuk dan membantu meminimalisir terjadinya cedera, bola juga akan lebih mudah dikuasai karena jalannya tidak terlalu cepat. 

Namun sayangnya, untuk bisa menggunakan lapangan ini setiap pemain disarankan memakai sepatu khusus agar rumput tidak cepat rusak. Kemudian, bila ingin menggunakan jenis lapangan ini sebaiknya dibuat dalam ruangan indoor soccer

2. Jenis Lapangan Futsal Vinyl

Jenis kedua, lapangan futsal vinyl yang juga tidak kalah diminati oleh penggemar olahraga karena terbuat dari bahan karet sehingga cukup lembut untuk permukaannya. Bila menggunakan lapangan berbahan dasar vinyl, bola akan lebih mudah meluncur, termasuk cukup aman saat ada pemain yang jatuh, bahkan kamu bisa menggunakan sepatu dengan sol karet sehingga tidak membutuhkan alas kaki khusus. 

Tetapi, tentu ada pertimbangan lain yang juga perlu diperhatikan yaitu biaya perawatannya akan lebih banyak karena jika digunakan dalam waktu lama ternyata dapat menimbulkan lapangan tidak rata. 

3. Jenis Lapangan Futsal Taraflex

Jenis ketiga, lapangan futsal taraflex yang terbuat dari plastik kesat dan cukup nyaman digunakan. Tingkat rata pada lapangan jika menggunakan bahan ini juga terbilang baik dan membuat permukaannya tidak licin. 

Hanya saja ada kekurangan yang perlu diperhatikan, yaitu besar kemungkinan beberapa permukaan cepat terlepas sehingga membutuhkan biaya perawatan yang lebih banyak. 

4. Jenis Lapangan Futsal Parquette

Jenis keempat, lapangan futsal parquette yang memang tidak memiliki banyak peminat di Indonesia. Tetapi jenis lapangan ini justru cukup populer di beberapa lain seperti Eropa dan Amerika Latin. Kelebihan yang dimiliki oleh lapangan jenis ini adalah permukaannya paling kesat jika dibandingkan dengan lainnya, serta lebih rata secara menyeluruh. 

Tapi yang harus diperhatikan adalah permukaannya akan cukup keras karena terbuat dari kayu, faktor cuaca dan kelembapan akan sangat memengaruhi. 

Itulah penjelasan mengenai peluang bisnis lapangan futsal, keuntungan hingga contoh perhitungan modalnya. Kemudian, untuk mendukung seluruh pengelolaan bisnis seperti pencatatan transaksi, proses pembayaran dengan berbagai metode, analisis penjualan hingga pembuatan laporan bisa menggunakan Aplikasi Kasir Youtap POS.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama