Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 8, 2022

9 Manfaat Penggunaan Kasir Digital untuk Bisnis

Tak hanya memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi, berikut ini beberapa manfaat penggunaan kasir digital untuk bisnis yang perlu diketahui.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Tak lagi seperti dulu, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini kamu perlu menggunakan kasir digital untuk bisnis. Tujuannya agar proses bertransaksi menjadi lebih mudah dan praktis baik untuk penjual maupun pembeli. Selain itu, ada juga beberapa manfaat penggunaan kasir digital lainnya sebagai berikut. 

Pengertian Kasir Digital

Kasir digital atau sering disebut juga sebagai Point of Sales (POS) merupakan sebuah sistem elektronik yang dapat membantu mencatat seluruh transaksi jual beli dalam bentuk digital. Sederhananya, seluruh catatan transaksi dapat diakses melalui smartphone atau laptop secara online. Biasanya, pelaku bisnis yang biasa menggunakan kasir digital adalah pemilik restoran, penyedia jasa dan lain-lainnya. 

Manfaat Penggunaan Kasir Digital 

kasir digital
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

1. Aplikasi Kasir Dapat Mencatat Pesanan Secara Otomatis

Aplikasi kasir Youtap POS menawarkan fitur pencatatan menu atau lebih tepatnya kamu bisa melihat e-menu melalui smartphone. Sehingga dapat diakses dimanapun dan kapan saja. Dengan adanya e-menu ini kamu juga bisa memanfaatkan fitur pencatatan pesanan. Jadi, ketika pembeli ingin melakukan pemesanan di toko milikmu, tinggal klik pada daftar menu dan tambahkan jumlah pesanannya.

2. Dapat Membantu Melakukan Rekap Transaksi 

Melakukan rekap laporan transaksi atau penjualan penting untuk dilakukan. Namun apabila masih dilakukan secara manual, kemungkinan terjadi kesalahan atau human error bisa terjadi. Oleh karena itu, untuk mengurangi terjadinya kesalahan pada rekap transaksi penjualan kamu bisa menggunakan fitur canggih dari aplikasi kasir Youtap.  Dengan adanya teknologi tersebut, seluruh riwayat transaksi bisnis bisa dicatat secara otomatis dan lebih mudah dalam melakukan rekap laporan. 

3. Adanya Data Laporan Transaksi dan Barang yang Terjual

Selain itu, kamu juga dapat melihat laporan transaksi harian serta barang-barang yang terjual. Dari data transaksi harian tersebut kamu bisa melakukan pengecekan berapa penjualan yang sudah dilakukan, total pendapatan kotor, hingga jumlah produk yang terjual. Sebagai bahan evaluasi stok barang, kamu juga bisa mempelajari barang apa saja yang laris terjual di pasaran. 

Baca Juga: Job Desk dan Pekerjaan Kasir

4. Lebih Mudah Melakukan Pengecekan Transaksi Harian 

Banyak kasus terjadi di mana penjual lupa total transaksi yang sudah terjadi selama seharian. Padahal total transaksi tersebut sangat berdampak pada cash flow usaha yang tidak seimbang atau kondisi terburuknya bisa mengalami kerugian. Namun, dengan adanya aplikasi kasir Youtap kamu tidak perlu lagi repot-repot menghitung manual jumlah transaksi harian. 

5. Dapat Membantu Melakukan Pengecekan Stok 

Selain itu kamu juga bisa melakukan pengecekan stok barang dengan melihat item apa saja yang sudah terjual.  Jadi, tanpa harus bolak-balik ke gudang atau tempat penyimpanan, kamu dapat dengan mudah melihat catatan lengkap produk apa saja yang sudah terjual, sekaligus kuantitasnya hanya melalui aplikasi.  

6. Mengurangi Biaya Perawatan dan Perbaikan

Kehadiran aplikasi kasir Youtap ini dapat membantu mengurangi biaya perawatan dan perbaikan alat-alat toko. Kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus karena dengan penggunaan aplikasi kamu hanya perlu download melalui gadget seperti tablet atau ponsel. Apabila terjadi error pada sistem aplikasi yang perlu kamu lakukan adalah hanya menghubungi customer service. 

7. Pelayanan Pelanggan Lebih Cepat

Penggunaan kasir digital ini juga sangat membantu meningkatkan kualitas pelayanan toko, karena mengurangi risiko antrean panjang. Melalui sistem canggih yang dimiliki oleh Youtap POS maka seluruh sistem pembayaran bisa berjalan lebih cepat, praktis dan efisien.

8. Lebih Praktis dan Mudah Kelola Cabang 

Apabila bisnis yang kamu jalankan memiliki cabang di beberapa tempat, maka dengan adanya kasir digital tentu sangat membantu pengelolaan seluruh kegiatan baik itu dalam hal pencatatan laporan, riwayat transaksi setiap harinya dan hal-hal lainnya. Kasir digital yang memiliki sistem backend ini juga membuat kamu dapat memantau semua transaksi yang terjadi secara otomatis. 

9. Lebih Mudah Melakukan Analisis Bisnis

Terakhir, kasir digital dapat membantu melakukan analisis bisnis jadi lebih mudah karena melalui sistem yang tersedia, semua laporan sudah tertata dengan rapi berdasarkan data-data transaksi valid. 

Apa Perbedaan Kasir Digital dan Konvensional?

Kasir Digital
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Meskipun kasir digital dan konvensional sama-sama berfungsi untuk mencatat transaksi jual beli, namun sebenarnya ada perbedaan mencolok antara mesin kasir konvensional dan juga digital. Perbedaan pertama dari kasir digital dan konvensional adalah sistem pencetakan struk. Jika menggunakan mesin kasir konvensional, maka bukti transaksi yang dipakai adalah struk dalam bentuk kertas. Seperti yang kita tahu, jika kertas mudah hilang atau rusak, sehingga tidak memiliki back up data yang tersimpan. 

Namun dengan mesin kasir digital, seluruh data transaksi akan tersimpan dalam server dan bisa diakses secara online. Sehingga, ketika struk transaksi hilang atau rusak sewaktu-waktu, maka data transaksi masih bisa dilihat dalam server dan dapat dicetak ulang. 

Perbedaan kedua adalah kasir digital juga jauh lebih fleksibel karena bisa diakses melalui  smartphone atau laptop, sehingga dapat dibawa ke mana-mana sambil melayani pelanggan. Sedangkan mesin kasir konvensional yang biasanya membutuhkan tempat tersendiri karena alatnya memiliki ukuran cukup besar. Sehingga mesinnya tidak bisa dibawa. 

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat penggunaan kasir digital untuk bisnis di era serba online seperti sekarang ini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk download sekarang juga Youtap POS yang memiliki berbagai macam produk dan fitur terlengkap. Salah satu fitur Aplikasi Kasir Youtap yaitu mampu membantu kamu melakukan pembayaran online, pencatatan riwayat transaksi secara real time, bisa Cetak Struk Sekali Tap dan lain-lainnya.  

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa langsung mulai usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga acara-acara menarik di  Blog Youtap.  Buruan gabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama