September 22, 2022

Pekerjaan Kasir yang Perlu Diperhatikan Agar Bisnis Berjalan Lancar dan Sukses

Jadi tempat masuk dan keluar pendapatan bisnis, pekerjaan kasir tentu membutuhkan ketelitian. Agar bisnis selalu lancar, berikut pekerjaan kasir yang perlu diperhatikan. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Walaupun nampaknya mudah, namun pekerjaan kasir sebenarnya sulit, lho. Ada banyak sekali hal yang perlu dilakukan oleh kasir karena menjadi tempat masuk dan keluar pendapatan bisnis. Sehingga pekerjaan kasir harus dilakukan sebaik mungkin, agar dapat berjalan lancar dan juga sukses. Simak penjelasan selengkapnya berikut, yuk. 

Pengertian Kasir

pekerjaan kasir
gambar: freepik.com/drobotdean

Kasir merupakan individu yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terkait pembayaran dari pelanggan. Kemudian, memasukkan uang ke dalam mesin kasir. Umumnya, pekerjaan kasir seperti ini dapat dijumpai di toko swalayan, restoran, minimarket dan beberapa jenis usaha lainnya.

Tak hanya itu saja, kasir juga memberikan fasilitas transaksi yang dilakukan oleh pelanggan dengan berbagai bentuk pembayaran seperti uang tunai maupun non-tunai. Walaupun terlihat cukup mudah, namun pekerjaan kasir ini sebenarnya cukup sulit. 

Pekerjaan Kasir yang Perlu Diperhatikan

1. Kasir memberikan pelayanan untuk melakukan transaksi penjualan

Pekerjaan pertama adalah memberikan pelayanan untuk pelanggan saat akan melakukan transaksi penjualan. Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan mulai dari tunai, debit, atau kredit. Dalam melakukan proses transaksi, kamu dituntut untuk memiliki ketelitian yang baik. Alasannya karena kesalahan dalam memberikan uang kembalian ke pelanggan akan sangat berdampak pada laporan penjualan bisnis. 

2. Kasir memberikan pelayanan untuk packaging barang pelanggan

Pekerjaan kedua adalah memberikan pelayanan packaging barang pelanggan. Oleh sebab itulah kasir harus memiliki pengetahuan produk yang baik. Alasannya karena tidak semua barang bisa berada dalam satu bungkus yang sama. 

3. Kasir melakukan pemeriksaan dan mencatat data penjualan

Pekerjaan ketiga adalah melakukan pemeriksaan dan mencatat data penjualan. Ini menjadi bagian paling penting karena pencatatan dan pemeriksaan tersebut akan menjadi data valid untuk mengetahui barang mana yang paling banyak terjual serta menguntungkan. 

Sehingga nantinya bagian management bisa merencanakan untuk menambah stok barang tersebut dengan lebih terorganisir. Namun perlu diketahui bahwa pekerjaan kasir satu ini akan lebih mudah jika kamu menggunakan aplikasi kasir Youtap POS. Di mana pos kasir mampu membantu mencatat transaksi penjualan secara otomatis dari seluruh transaksi setiap harinya. 

4. Kasir melakukan pemeriksaan daftar harga produk

pekerjaan kasir
gambar: freepik.com

Pekerjaan keempat adalah melakukan pemeriksaan daftar harga produk. Ini juga bagian penting untuk dilakukan agar dapat mencegah terjadinya kesalahan penjualan barang yang tidak sesuai dengan harga.

5. Kasir melakukan pemeriksaan stok barang

Pekerjaan kelima adalah melakukan pemeriksaan stok barang yang akan dijual. Jadi, apabila stok barang di toko sudah menipis, nantinya kamu perlu untuk melakukan request kembali agar barang tersebut tidak kehabisan.

6. Kasir membuat laporan penjualan

Pekerjaan keenam adalah membuat laporan penjualan yang berisi total transaksi berdasarkan waktu. Baik itu per hari, per minggu, per bulan, hingga per tahun. Dalam menerapkan pembuatan laporan penjualan ini kamu juga bisa menggunakan software digital Youtap POS, lho. Dengan begitu pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien. 

Setelah penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa pekerjaan kasir tidak hanya memberikan pelayanan saat pelanggan akan melakukan pembayaran saja, tetapi juga mencakup pencatatan, pembuatan laporan, pengecekan stok barang dan lain-lainnya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama