Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
June 5, 2024

Waspada QR Palsu! Ini Metode Penipuan Quishing

Apabila ingin terhindar dari penipuan quishing yaitu pencurian identitas dan uang melalui kode QR palsu, maka simak yuk beberapa tips berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Kini kejahatan cyber yang semakin marak ternyata terus terjadi secara berulang, karena  pemahaman di lingkungan masyarakat masih sangat minim. Salah satu kejahatan cyber yang sedang viral diperbincangkan adalah quishing, di mana metode penipuan ini menimbulkan berbagai macam kerugian, tidak hanya sebatas identitas tapi juga mencakup pencurian uang dari rekening bank. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya quishing saat sedang bertransaksi menggunakan metode pembayaran kode QR, simak beberapa tips di bawah yuk. 

Pengertian Penipuan Quishing

qr palsu metode penipuan
gambar: freepik.com

Melansir dari University of Colorado, quishing adalah penggunaan kode QR yang mengarahkan user atau pengguna ke situs web palsu. Begitu berada di situs tersebut, maka penjahat dunia maya akan langsung mencuri informasi pribadi sekaligus keuangan. Sederhananya, quishing ini merupakan bentuk penipuan yang dilakukan melalui penggunaan kode QR palsu. 

Istilah quishing sendiri sebenarnya berasal dari penggabungan antara kode QR dan metode penipuan phishing. Di mana modus penipuan ini menggabungkan teknik phishing dengan teknologi QR saat seseorang melakukan transaksi elektronik. Tujuan dari quishing sendiri untuk mencuri informasi seperti data keuangan, identitas pribadi, bahkan hingga hal-hal kredensial (password, PIN, sampai user ID). 

Waspada, Ini Ciri-Ciri QR Palsu Metode Penipuan Quishing

Berikut ini beberapa ciri-ciri metode penipuan quishing yang perlu diwaspadai: 

1. Kode QR Palsu 

Ciri pertama adalah kode QR palsu yang justru mengarahkan ke website atau dokumen tidak dikenal. Biasanya QR palsu ini tidak hanya digunakan untuk transaksi saja, tapi juga promo atau penawaran tertentu namun sumbernya tidak terverifikasi. 

2. Memaksa Calon Korban untuk Scan Kode QR

Ciri kedua biasanya para pelaku kejahatan akan memaksa calon korban untuk melakukan scan kode QR yang telah dipersiapkan. Biasanya pelaku memaksa para korban untuk scan QR dengan urgensi atau adanya kebutuhan mendesak tertentu dan menggiring mereka melakukan tindakan yang sudah direncanakan. 

3. Menggunakan Website dengan Domain Tidak Resmi

Ciri ketiga adalah menggunakan website dengan domain tidak resmi. Biasanya pelaku kejahatan quishing ini menggunakan kode QR palsu yang mengarahkan korban mengunjungi website khusus yang domainnya tidak resmi. 

4. Website Tidak Memiliki Sertifikat Keamanan SSL

Ciri keempat adalah website tidak memiliki sertifikat keamanan SSL (Secure Sockets Layer). Dimana situs website ini menunjukkan tidak memiliki perlindungan keamanan yang memadai bagi user atau pengguna. 

5. Adanya Kesalahan Penulisan Alamat Website

Ciri kelima adanya kesalahan penulisan alamat website. Jadi, sebagai user perhatikan dengan teliti alamat website, pastikan ejaan suatu brand sesuai dengan seharusnya, ya. 

6. Pengguna Akan Diminta Mengisi Informasi Pribadi

Ciri terakhir adalah pengguna biasanya akan diminta untuk mengisi informasi pribadi seperti password data keuangan. Apabila setelah scan QR kamu curiga pada website yang ditampilkan, maka hindari memberikan informasi sensitif dan waspada pada hal-hal yang mungkin menyebabkan penipuan. 

Lalu, Bagaimana Cara Aman Terhindar dari Quishing? 

qr palsu penipuan quishing
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Di balik kemudahan dan kecepatan transaksi elektronik, terdapat ancaman yang perlu diwaspadai, salah satunya adalah quishing. Oleh karena itulah, kamu perlu untuk mengetahui cara aman terhindar dari quishing, yaitu: 

1. Verifikasi Kode QR

Langkah pertama adalah memverifikasi kode QR yang akan discan, maksudnya lebih teliti apakah sumbernya resmi dan sesuai dengan tujuan pembayaran yang diinginkan. Selain itu, lihat dengan teliti nama atau identitas pedagang yang tertera pada aplikasi QRIS agar bisa memastikan transaksi berjalan dengan lancar. 

2. Periksa Informasi Transaksi

Langkah kedua adalah melakukan pemeriksaan informasi transaksi. Maksudnya, konfirmasi pembayaran dan pastikan seluruh data yang ditampilkan di perangkat sudah sesuai dengan jumlah seharusnya. Perhatikan dengan seksama jumlah pembayaran hingga detail transaksi yang sesuai dengan yang sebenarnya. 

3. Jangan Berikan Informasi Pribadi yang Sensitif

Langkah ketiga adalah jangan memberikan informasi pribadi secara asal. Penting untuk menggunakan saluran transaksi yang aman agar seluruh informasi pribadi tetap terjamin keamanannya. Dalam hal ini, kamu bisa gunakan aplikasi atau platform resmi dari lembaga keuangan yang terpercaya seperti Youtap POS

4. Pastikan Aplikasi Perbankan Sudah Update

Langkah keempat adalah memastikan aplikasi perbankan sudah update dengan versi terbaru agar keamanan aplikasi selalu terjamin. Perlu dipahami bahwa aplikasi yang sudah update dengan versi terbaru, biasanya akan meningkatkan sistem keamanan sehingga mengurangi celah kejahatan cyber. 

5. Gunakan Koneksi Internet yang Sistem Keamanannya Terjamin

Langkah kelima adalah menggunakan koneksi internet dengan sistem keamanan yang terjamin. Sebaiknya menghindari penggunaan jaringan Wi-Fi publik yang tidak terlindungi karena dapat meningkatkan risiko pencurian data. 

6. Apabila Ada Aktivitas Mencurigakan Segera Laporkan 

Langkah terakhir adalah melaporkan aktivitas mencurigakan ke pihak aplikasi yang bersangkutan ketika sedang bertransaksi menggunakan kode QR. pasalnya, laporan ini akan sangat membantu mengidentifikasi dan mengatasi potensi ancaman quishing dengan efektif.

Setelah memahami langkah-langkah di atas, maka kamu akan lebih mudah mengantisipasi penipuan dengan metode quishing yang mana cara ini untuk mencuri informasi pribadi dan keuangan. Oleh karena itulah, pastikan kamu menggunakan sistem pembayaran yang sudah pasti terjamin sistem keamanannya yaitu Aplikasi Kasir Digital Youtap POS

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama