March 2, 2023

4 Tips Memilih Ecommerce Terbaik Bagi Kamu yang Ingin Buka Toko Online

Bagi kamu yang ingin membuka toko online dan ingin bergabung ke sebuah platform ecommerce, pastikan beberapa hal penting seperti poin-poin di bawah ini.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Bagi kamu yang ingin membuat toko online, pastikan memilih platform ecommerce terbaik dan terjamin sistem keamanannya, ya. Walaupun ada banyak sekali platform ecommerce yang bisa dipilih, namun masing-masing akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga sesuaikan dengan kebutuhanmu. Yuk, simak tips memilih ecommerce terbaik berikut. 

Tips Memilih Ecommerce 

1. Pastikan untuk Mempelajari Fitur Belanja dan Pemasarannya

tips memilih ecommerce
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips pertama, pastikan untuk mempelajari fitur belanja dan pemasaran pada platform ecommerce terlebih dahulu. Pasalnya, ketika toko online memiliki tampilan menarik dan fitur lengkap, maka lebih sering dikunjungi oleh audiens. 

Toko online yang memiliki desain menarik dan fitur lengkap dapat mempengaruhi keputusan audiens agar mereka yakin untuk melakukan pembelian. Bahkan lebih menguntungkannya lagi fitur serta pemasaran yang menarik dalam platform ecommerce juga akan menumbuhkan loyalitas para audiens saat menjadi konsumen.

Fitur-fitur penting yang harus dimiliki oleh sebuah platform ecommerce adalah ulasan produk (review). Sehingga para konsumen nantinya dapat melakukan perbandingan produk dan yakin untuk segera membeli di toko online milikmu. 

Bagi kamu yang mengharapkan jangkauan pasar lebih luas, cobalah untuk mencari platform dengan fitur-fitur lebih dari satu bahasa. Hal tersebut dapat memungkinkan kamu untuk menjangkau konsumen dengan pasar internasional.

Baca Juga: Rekomendasi Ecommerce di Indonesia yang Paling Populer Digunakan, Apa Saja?

2. Pastikan Hal-Hal yang Berkaitan dengan Perencanaan, Hosting, dan Website

Tips kedua, kamu juga harus memastikan beberapa hal seperti perencanaan, hosting hingga website toko online. Perlu diketahui bahwa salah satu indikator platform ecommerce yang baik yaitu dapat membantu dalam hal-hal seperti desain web untuk tampilan, hosting, bahkan hingga melakukan proses upload produk ke toko online

Tak hanya itu saja, platform ecommerce juga bisa dikatakan baik apabila dapat menunjang fitur SEO untuk tag produk. Tujuan dari fitur SEO tersebut untuk bisa memperoleh peringkat teratas di mesin pencari seperti Google, dan yang lainnya. Jadi, dapat menampilkan toko online milikmu direkomendasi paling atas dalam mesin pencarian dan tentunya dapat menunjang bisnis Anda dalam jangka panjang.

3. Pastikan Soal Sistem Privasi dan Keamanan Aplikasi Ecommerce

tips memilih  ecommerce
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips ketiga adalah memastikan soal privasi dan keamanan aplikasi ecommerce. Ini juga menjadi salah satu bagian penting ketika memilih ecommerce karena dalam transaksi online tentu akan adanya risiko privasi dan keamanan. 

Oleh karena itulah, pastikan fitur keamanan dan privasi aplikasinya sudah terjamin. Beberapa indikator yang bisa dilihat adalah sudah tersedianya PCI DSS Compliance sebagai standar keamanan yang diakui internasional, perlindungan Secure Socket Layer (SSL), dan kode atau sandi khusus untuk mengamankan transaksi. 

Apabila sudah tersedia beberapa fitur keamanan dan privasi yang disediakan tersebut, maka bisa dipastikan transaksi pada toko online milikmu bisa berjalan dengan aman.

4. Pastikan Ecommerce Memiliki Layanan Bantuan dan Dukungan yang Responsif

Tips terakhir adalah memastikan aplikasi ecommerce yang kamu pilih memiliki layanan bantuan dan dukungan yang baik atau responsif. Tujuan dari fitur layanan bantuan dan dukungan ini untuk berjaga-jaga apabila nantinya toko online mengalami kendala baik dalam sistem maupun dengan konsumen. 

Oleh karena itu, pastikan platform ecommerce memiliki layanan contact center, melalui email, telepon, maupun live chat. Lebih baik lagi jika platform menyediakan layanan dukungan 24/7, sehingga bisa mendapatkan akses bantuan kapan saja.

Itulah pembahasan mengenai 4 tips memilih ecommerce terbaik ketika kamu akan membuka toko online. Salah satu platform ecommerce terbaik saat ini untuk menjual produk-produkmu adalah Youtap BOS. Selain memenuhi keempat pertimbangan di atas, Youtap BOS juga menawarkan fitur canggih lainnya, sehingga toko online milikmu secara otomatis terintegrasi dengan sistem digital. 

Dapatkan juga macam-macam informasi seputar promo, tips, hingga event di Blog Youtap. Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama