March 2, 2023

Rekomendasi Ecommerce di Indonesia yang Paling Populer Digunakan, Apa Saja?

Mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia untuk beli kebutuhan pribadi maupun usaha, berikut ini beberapa rekomendasi ecommerce yang paling populer digunakan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Saat ini kegiatan belanja online melalui ecommerce Indonesia memang sedang menjadi tren tersendiri bagi seluruh lapisan masyarakat. Ecommerce sendiri adalah platform jual beli produk di sebuah website secara online, biasanya menjual berbagai macam produk seperti kebutuhan rumah tangga, fashion, elektronik dan lain-lainnya. 

Karena minat konsumen dalam berbelanja online terus meningkat, tentu saja setiap ecommerce memiliki penawaran menariknya masing-masing. Di mana akan ada macam-macam promosi dan layanan tertentu untuk bisa menarik minat beli masyarakat agar langsung melakukan transaksi di toko online pilihan mereka.

Berikut beberapa pilihan platform ecommerce Indonesia yang memiliki banyak peminat dan sedang berkembang dari tahun ke tahun. Simak yuk deretan rekomendasi ecommerce terbaik untuk para Bos yang ingin belanja kebutuhan sehari-hari: 

Rekomendasi Ecommerce di Indonesia yang Terpercaya

rekomendasi ecommerce
Gambar: freepik.com/tirachardz

Melansir data dari Populix, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi eCommerce di Indonesia yang populer digunakan oleh masyarakat: 

1. Shopee

Pertama, ada aplikasi ecommerce Shopee yang tidak hanya bisa diakses melalui website, tapi juga melalui smartphone. Dalam aplikasi Shopee sendiri terdapat berbagai macam produk-produk kebutuhan rumah, teknologi, otomotif, dan lain sebagainya. Lalu, jika dilihat dari data responden hasil riset Populix untuk Bisnis, Shopee ternyata menjadi platform ecommerce paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

2. Tokopedia

Kedua, ada Tokopedia yang merupakan aplikasi jual beli milik PT. Dwitama dan telah didirikan sejak 17 Agustus 2009. Aplikasi satu ini memang hampir sama dengan Shopee, di mana menawarkan berbagai macam pilihan produk yang bisa penuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga Tokopedia sendiri menjadi aplikasi nomor dua dalam kategori paling diminati.

3. Lazada

Ketiga, ada Lazada yang merupakan platform ecommerce dari Singapura sejak tahun 2011. Lazada sendiri mulai masuk ke Indonesia dan bersaing dengan ecommerce lainnya sejak Maret 2012. 

4. Bukalapak

Keempat, ecommerce Bukalapak yang telah didirikan sejak tahun 2010 silam dan sudah berhasil meraih status Unicorn pada tahun 2017. Lalu, jika dilihat dari segi fitur dan produk yang disediakan oleh Bukalapak memang tidak jauh berbeda dengan lainnya. Bahkan menariknya, hingga saat ini aplikasi ecommerce satu ini berhasil menjadi wadah bagi jutaan penjual, lho

5. Blibli

Kelima, ada aplikasi ecommerce Blibli yang sudah didirikan sejak tahun 2011 dan fokus bisnisnya sendiri yaitu pada B2C, B2B, dan B2B2C.

Selain itu, kini juga telah hadir Youtap BOS dari Youtap Indonesia. Aplikasi ecommerce satu ini juga menyediakan berbagai macam produk untuk penuhi kebutuhan usaha maupun pribadi. Kamu bisa temukan produk-produk tersebut dengan mudah, cukup mengunjungi laman berikut https://bos.youtap.id/home atau bisa langsung download aplikasinya melalui Google Play Store atau Apps Store.

Apa Saja Jenis Ecommerce di Indonesia?

rekomendasi ecommerce
Gambar: freepik.com/snowing

1. Jenis Ecommerce Business to Consumer (B2C)

Jenis pertama, ada Business to Consumer adalah jenis ecommerce yang dimana satu company menjual produk baik berupa barang atau jasa kepada pelanggan. 

2. Jenis Ecommerce Business to Business (B2B)

Jenis kedua, Business to Business atau B2B adalah ketika sebuah perusahaan menawarkan produk mereka kepada perusahaan lainnya. Sebagai contoh sederhana agar lebih mudah dimengerti, ketika sebuah perusahaan menjual layanan perangkat lunak atau software tertentu untuk bisa digunakan pada bidang bisnis lainnya.

3. Jenis Ecommerce Consumer to Consumer (C2C)

Jenis ketiga, Consumer to Consumer atau C2C dimana seorang pelanggan yang akan saling melakukan transaksi jual beli dengan consumer lainnya. Contohnya adalah penjual barang-barang thrift, yang akan menjual koleksi pribadi mereka ke consumer lain. 

4. Jenis Ecommerce Consumer to Business (C2B)

Jenis keempat atau yang terakhir adalah ecommerce Consumer to Business atau C2B. ini merupakan jenis bisnis dimana seorang pelanggan menjual produknya baik itu berupa barang atau jasa kepada perusahaan. Contoh bentuk C2B adalah influencer

Seperti Apa Perkembangan Ecommerce di Indonesia?

Setelah melihat penjelasan mengenai deretan rekomendasi ecommerce dan jenis-jenisnya di atas, mungkin ada juga sebagian orang yang penasaran, sejak kapan jenis bisnis ini mulai muncul dan berkembang pesat di Indonesia, bukan? Menurut pembina asosiasi e-commerce Indonesia, Daniel Tumiwa yang dilansir dari laman Populix, Internet Service Provider atau ISP komersial sudah hadir pertama kali di Indonesia sejak tahun 1994.

Lalu, untuk perkembangan ecommerce di Indonesia sendiri mulai berjalan pesat sejak munculnya KasKus pada tahun 1999 dan salah satu aplikasi e-commerce Indonesia terbaik yaitu Tokopedia pada 2009. Hal itu pun memicu berkembangnya ecommerce lain Indonesia dan menariknya hampir semua aktif digunakan oleh pelanggan.

Apa yang Membuat Masyarakat Lebih Memilih Ecommerce?

rekomendasi ecommerce
Gambar: freepik.com/tirachardz

Berdasarkan dari data riset Populix, masyarakat Indonesia lebih memilih berbelanja di ecommerce karena adanya penawaran berbagai macam promo diskon. Diketahui bahwa sebanyak 40 persen dari responden laki-laki dan 30 persen dari responden perempuan telah menyetujui alasan tersebut. Lalu, ada juga bahan pertimbangan lainnya mereka lebih memilih belanja di ecommerce karena: 

  1. Adanya penawaran promo gratis ongkos kirim dari setiap pembelian produk. 
  2. Tersedianya produk-produk kebutuhan sehari-hari yang lengkap. 
  3. Tampilan interface atau antarmuka layanan dari aplikasi ecommerce itu sendiri. 

Itulah penjelasan mengenai rekomendasi ecommerce beserta jenis-jenis dan perkembangannya di Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Bagi kamu yang ingin belanja kebutuhan usaha maupun sehari-hari bisa langsung berbelanja secara online di Youtap BOS. Tak hanya lengkap produknya, tapi juga kualitasnya terjamin serta transaksi lebih mudah dilakukan bersama Youtap. 

Selain itu, dapatkan juga macam-macam informasi seputar promo, tips, hingga event di Blog Youtap. Tunggu apalagi? Yuk, segera bergabung jadi merchant Youtap, caranya hanya dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama