Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
February 27, 2023

Seputar WhatsApp Marketing: Pengertian dan Jenis-Jenis Pesan yang Bisa Dikirimkan Kepada Pelanggan

Dapat membantu promosi bisnis untuk hampir seluruh kegiatan seperti launching, promo dan lain-lain, berikut ini jenis pesan WhatsApp Marketing yang dapat digunakan.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Melansir penjelasan dari laman Qiscus, platform WhatsApp telah menduduki posisi pertama sebagai aplikasi pengiriman pesan secara instan yang memiliki 2 miliar user atau pengguna aktif dari seluruh dunia. Hal itu pun memengaruhi para marketer untuk berpindah menggunakan WhatsApp marketing karena dianggap lebih efektif. Lebih jelasnya, berikut ini pengertian WhatsApp marketing beserta jenis-jenisnya yang umum digunakan untuk kegiatan promosi bisnis. 

Pengertian WhatsApp Marketing

whatsapp marketing
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

WhatsApp marketing adalah sebuah platform pengiriman pesan instan untuk memenuhi kebutuhan promosi bisnis dengan beberapa fitur canggih yang telah disediakan, salah satunya seperti broadcast.

Namun seiring berkembangnya waktu, telah diluncurkan WhatsApp Business API untuk mengakomodir kebutuhan marketer, di mana tidak hanya fokus pada broadcast promosi saja, tetapi juga membangun komunikasi secara dua arah dengan pelanggan. 

Lebih menariknya lagi, bila bisnis yang kamu jalankan menggunakan WhatsApp Business API maka akan mendapatkan fasilitas centang hijau atau verifikasi pada akun mereka. Tanda centang hijau dari WhatsApp Business ini juga akan membuat pelanggan percaya tentang pesan yang dikirimkan oleh marketer. 

Tak hanya sampai disitu saja, dukungan lain yang diberikan oleh WhatsApp Business API untuk kebutuhan marketing juga dimaksimalkan dengan fitur data analytics. Fungsi dari fitur satu ini untuk melihat performa campaign yang sudah pernah dijalankan. Analytics yang akan ditampilkan nantinya termasuk jumlah klik rate pesan yang dikirimkan, maksudnya apakah pesan tersebut berdampak ke pembelian atau tidak.

Lalu, Apa Saja Jenis-Jenis WhatsApp Marketing Notification?

whatsapp marketing
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Selanjutnya adalah pengertian mengenai WhatsApp marketing notification yang akan membantu mengakomodasi jenis pesan-pesan apa saja yang bisa dikirimkan kepada pelanggan. Berikut beberapa jenis WhatsApp marketing notification yang bisa dikirimkan kepada pelanggan:

1. Pesan WhatsApp Tentang Promo di Hari-Hari Besar

Jenis WhatsApp marketing notification yang pertama adalah pesan tentang promo di hari-hari besar, di mana ini akan membantu menggaet lebih banyak pelanggan. Melalui WhatsApp marketing notification, para Bos bisa memberitahukan seberapa banyak diskon yang tersedia beserta syarat dan ketentuan yang ada. 

2. Pesan WhatsApp Tentang Loyalty Programs

Jenis kedua adalah pesan WhatsApp tentang loyalty program yang akan membantu membangun hubungan dengan pelanggan. Melalui pesan WhatsApp ini, para Bos bisa mengirimkan penawaran atau program menarik bagi pelanggan yang loyal.

3. Pesan Tentang Events

Jenis ketiga adalah pesan WhatsApp marketing untuk events yang fungsinya untuk mengirimkan undangan sebuah acara atau aktivasi marketing. Kemudian, para Bos juga bisa menggelar sebuah seminar atau webinar online dengan memberitahukan informasi acara dan link pendaftaran kepada pelanggan.

4. Pesan Tentang Launching Produk

Jenis keempat adalah pesan WhatsApp untuk memberitahukan launching produk bisnis. Seperti yang kita tahu ini merupakan sebuah fase penting dalam keberlangsungan sebuah produk, sehingga pastikan dalam mempromosikan ke masyarakat harus maksimal untuk mengenalkan secara jelas ke pasaran. Jangan lupa, untuk sematkan link pembelian atau link streaming launching produk baru bisnis agar mereka bisa melihat acara grand launching.

5. Pesan Tentang Survey untuk Kebutuhan Marketing

Jenis kelima adalah pesan WhatsApp tentang survey untuk kebutuhan marketing. Pada fitur survey ini, para Bos bisa menambahkan beberapa poin seperti penggunaan media, customer behaviour, dan yang sejenis lainnya. Nantinya, hasil dari survey tersebut akan membantu para Bos dalam menyempurnakan strategi marketing kedepannya.

Itulah beberapa hal seputar WhatsApp marketing yang perlu diketahui untuk membantu melakukan promosi bisnis. Mulai dari pengertian hingga jenis-jenis pesan WhatsApp marketing seperti apa yang bisa dikirimkan kepada pelanggan. 

Kemudian untuk mendukung perkembangan bis, BOS bisa menggunakan Aplikasi Kasir Digital Youtap POS yang di mana seluruh fitur canggihnya mempermudah seluruh kegiatan jadi lebih efektif. Caranya, cukup download Youtap POS di Google Play Store atau Apps Store.dan nikmati kemudahan dalam setiap transaksi usaha. 

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama