June 9, 2022

6 Langkah Awal Buka Warung Makan Kecil dan Ide Desain yang Menarik

Tidak hanya sekadar membutuhkan modal yang cukup, namun ada juga beberapa langkah dan ide desain yang perlu dipahami untuk buka warung makan kecil. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika ingin menjalankan sebuah bisnis kuliner tentu akan ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Selain modal yang cukup, kamu juga harus memikirkan dengan matang konsep desain tempat makan yang ingin dijalankan. Sebagai langkah awal, berikut beberapa cara buka warung makan kecil dan ide desain yang menarik. 

Bagaimana Langkah Awal Buka Warung Makan Kecil?

warung makan kecil
Gambar: freepik.com

Bagi kamu yang belum tahu, warung makan ini adalah jenis usaha dibidang jasa. Namun, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal agar bisa berjalan sukses dan mendatangkan banyak keuntungan: 

1. Melakukan riset sederhana 

Pertama, sebelum kamu membuka warung makan sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu. Kumpulkan banyak informasi tentang bidang usaha yang akan dijalani secara rinci. 

2. Tentukan dan pilih lokasi strategis

Kedua, memilih lokasi strategis untuk warung makan milikmu. Dengan memilih lokasi yang tepat, berarti ada potensi warung makan milikmu akan didatangi oleh banyak pengunjung. 

3. Ketahui target pelanggan warung makan

Ketiga, mengetahui target pelanggan warung makan. Ini menjadi hal penting agar kamu bisa menyesuaikan menu apa yang akan dijual, harga untuk setiap makanan, serta beberapa aspek lain seperti fasilitas di tempat makan. 

4. Jenis makanan yang akan dijual 

Keempat, pahami jenis makanan yang akan dijual di warung milikmu. Tetapkan terlebih dahulu menu masakan apa saja. Pastikan makanan yang dijual sesuai dengan target konsumen. 

5. Memilih bahan baku

Kelima, memilih bahan baku yang memiliki kualitas terbaik. Pasalnya semakin baik kualitas bahan baku, maka rasanya pun semakin lezat untuk disantap.

6. Pemasaran

Terakhir, mempersiapkan strategi pemasaran warung makan kecil agar banyak dikenal oleh masyarakat atau target pasar yang sudah ditentukan. Pasalnya kegiatan promosi yang efektif bisa mendatangkan banyak pelanggan ke warung. Sehingga keuntungan pun lebih maksimal. 

Ide Desain Warung Makan Kecil

warung makan kecil
Gambar: freepik.com/fabrikasimf

1. Warung makan dengan konsep lesehan

Konsep warung makan lesehan ini memang sangat cocok untuk kamu yang memiliki anggaran terbatas. Jadi, tidak perlu membuat alokasi dana terlalu banyak untuk kebutuhan warung seperti membeli furniture. 

2. Warung makan dengan konsep area terbuka

Konsep outdoor atau area terbuka juga cocok untuk menarik minat banyak pelanggan. Dengan konsep seperti ini dapat membuat para pelanggan merasa lebih leluasa saat berada di warung makan. 

3. Warung makan dengan konsep gerobak

Terakhir menggunakan konsep gerobak, di mana mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan, sehingga bisa jadi pilihan yang tepat. Gerobak di rumah makan ini juga bisa didesain lebih modern, sehingga adanya kesan unik dan autentik. 

Berapa Modal yang Dibutuhkan untuk Membuka Warung Makan Kecil?

Bila tertarik membuka warung makan kecil, berikut perkiraan modal yang dibutuhkan:

  • Meja makan panjang dan etalase untuk konsumen: Rp 1 juta
  • Beli perlengkapan memasak: Rp 200 ribu
  • Beli peralatan untuk di dapur: Rp 800 ribu
  • Beli bahan baku: Rp 8 juta
  • Biaya transportasi: Rp 500 ribu
  • Biaya retribusi, keamanan, dan kebersihan: Rp 500 ribu/bulan
  • Biaya untuk membeli tabung gas: Rp 200 ribu
  • Beli perlengkapan usaha untuk kemasan makanan: Rp 400 ribu
  • Biaya tambahan lain: Rp 400 ribu

Itulah perkiraan modal usaha untuk membuka warung makan kecil yang diperlukan, yaitu sekitar Rp 12 juta. 

Itulah beberapa langkah awal memulai warung makan kecil, ide konsep desainnya, hingga perkiraan modal yang dibutuhkan. Jika kamu sudah berhasil menentukan beberapa hal di atas,  pastikan juga untuk memulai mengelolanya secara digital menggunakan Aplikasi Youtap.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama