Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 27, 2022

Tips Jitu Buka Usaha Rangkaian Bunga Sampai Hasilkan Banyak Keuntungan

Saat ini usaha rangkaian bunga sedang menjadi tren yang cukup dilirik di bidang bisnis. Bagi kamu yang ingin coba mulai usaha ini, simak penjelasannya berikut yuk.

Isi Artikel

Saat ini usaha rangkaian bunga tangan sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Rangkaian bunga ini terjual habis ketika ada acara-acara besar maupun kecil, seperti sidang skripsi, ulang tahun, anniversary, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang tertarik membangun usaha ini, simak penjelasannya berikut yuk. 

Alasan Harus Buka Usaha Rangkaian Bunga 

usaha rangkaian bunga
Gambar: freepik.com/storyset

Usaha rangkaian bunga ini lebih dikenal dengan sebutan buket bunga.Sebenarnya tingkat resiko usaha ini cukup tinggi, dikarenakan bunga adalah benda hidup yang lama-kelamaan bisa cepat layu dan mati. Namun jika mampu mengelola usaha rangkaian bunga ini dengan baik dan benar, maka resiko tersebut bisa diminimalkan.

Selain itu, usaha rangkaian bunga ini bisa dilakukan oleh semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran bahkan hingga ibu rumah tangga. Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini pun tidak terlalu besar. 

Agar bisa membangun usaha rangkaian bunga ini, kamu bisa mematok harga mulai dari 15 ribu saja. Perlu kamu ketahui bahwa modal awal yang dibutuhkan terbilang kecil, namun keuntungan yang dihasilkan bisa sangat besar.

Buket bunga ini selalu diminati banyak orang karena harga yang standar dan tidak mempengaruhi kualitas keindahannya. Dan berikut ini beberapa alasan lain mengapa kamu harus membuka usaha rangkaian bunga: 

  • Bahan-bahan untuk membuat buket bunga terbilang mudah ditemukan di pasar dan harganya yang murah.
  • Peluang usaha rangkaian bunga tangan ini akan bisa menjadi UMKM menjanjikan bagi para pelajar atau mahasiswa yang ingin menambah penghasilan secara mandiri.

Merangkai bunga agar terlihat menarik tentu tidak mudah karena dibutuhkan kreativitas, tetapi hal tersebut bisa berjalan lancar apabila kamu mencoba dan berlatih secara rutin. 

Tips Sukses Buka Usaha Rangkaian Bunga

Kamu juga bisa ikuti beberapa tips sukses membuka usaha rangkaian bunga berikut ini: 

1. Menentukan Target Pasar

Usaha rangkaian bunga
Gambar: freepik.com/lifestylememory

Sama halnya dengan jenis bisnis yang lain, bagi kamu yang ingin membuka usaha rangkaian bunga bisa tentukan target pasar terlebih dahulu.

Target pasar adalah orang-orang yang membutuhkan buket bunga untuk mengucapkan rasa selamat atau belasungkawa seperti, acara pernikahan, kematian, wisuda dan lain-lain. 

Target pasar dari usaha rangkaian bunga ini biasanya banyak yang membeli dari kelas ekonomi menengah ke atas. Umumnya, soal harga mereka tidak terlalu sensitif, apabila sebanding dengan kualitasnya dan dapat dipercaya. 

2. Kerjasama dengan Pemasok Bunga

Kerjasama merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis, kamu harus menemukan pemasok bunga agar usaha bisa berjalan dengan lancar. 

Sebelum bekerjasama, lakukanlah survei terlebih dahulu untuk menentukan pemasok bunga. Pilihlah pemasok bunga yang memiliki kualitas terbaik. 

Apabila kamu telah menemukan  pemasok bunga dengan kualitas dan distribusi yang baik sebaiknya jadikan mereka sebagai mitra. 

3. Sediakan Jasa Delivery

usaha rangkaian bunga
Gambar: freepik.com

Umumnya banyak juga pelanggan yang meminta untuk pesanan mereka diantarkan, oleh karena itu tak ada salahnya kamu menyediakan jasa antar atau delivery

Jasa pengiriman buket bunga merupakan pelayanan yang harus diperhatikan dengan sangat ketat. Apabila menggunakan bantuan karyawan dalam pengantaran buket, maka tekankan kepada karyawan pentingnya ketepatan waktu dan keamanan bunga selama pengiriman.

Agar bisa sampai tepat waktu sesuai permintaan pelanggan, kamu harus memahami jam-jam sibuk yang berpotensi mengalami kemacetan. Sebagai alternatif, kamu dapat mencari jalan pintas lain yang bisa dilalui saat proses pengiriman. 

Youtap Indonesia sebagai Aplikasi Usaha Gratis dengan berbagai produk dan fitur terlengkap mampu bantu kamu untuk mengelola usaha secara digital. Tak hanya untuk kelola usaha, tapi juga bisnis skala menengah bahkan hingga enterprise. 

Salah satu fitur Youtap yaitu pencatatan laporan penjualan yang sudah dilengkapi dengan grafik dapat memudahkan kamu melihat keuntungan secara keseluruhan, sehingga akan lebih mudah menentukan strategi kedepannya.

Selain itu, kamu juga bisa langsung Mulai Usaha apapun dengan Aplikasi Youtap yang memiliki berbagai solusi pengelolaan terlengkap dan terpercaya. Yuk, dapatkan juga banyak informasi, tips, promo, hingga event di Blog Youtap. 

Jadi, tunggu apalagi? Sekarang waktu yang tepat untuk bergabung jadi merchant Youtap dengan download aplikasi di Google Play Store atau Apps Store. #MulaiUsaha bersama Youtap Indonesia!

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama