September 21, 2022

4 Tips Jitu Agar Toko Kelontong Sukses Bersaing di Era Modern

Agar mampu bersaing secara maksimal dan lebih sukses penjualannya, berikut beberapa tips jitu buat toko kelontong jadi lebih modern serta menarik. Simak selengkapnya di bawah ini, ya. 

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Usaha toko kelontong memang jadi salah satu peluang yang cukup menjanjikan, karena setiap harinya pasti banyak orang membutuhkan produk-produk kebutuhan pokok. Walaupun peminat toko kelontong sendiri sudah banyak, tapi pastikan kamu tetap selalu update dengan produk terbaru yang memang dibutuhkan masyarakat, ya. Agar lebih maksimal dan sukses penjualannya, simak tips jitu toko kelontong sukses jadi lebih modern berikut, yuk. 

Tips Agar Toko Kelontong Sukses Jadi Lebih Modern 

1. Wajib untuk Selalu Up to Date dengan Produk Baru

toko kelontong sukses
gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips pertama adalah selalu up to date dengan produk baru. Dalam melakukan hal ini, kamu bisa memaksimalkan teknologi yang kini sudah semakin canggih, cobalah untuk mencari berbagai macam informasi tentang produk-produk modern apa yang disukai oleh target pasarmu.

Bagi yang belum terlalu paham dengan produk modern yang dimaksud adalah produk-produk terbaru yang memang menjadi selera dan kebutuhan masyarakat saat ini. Dengan selalu menyediakan produk terbaru sesuai kebutuhan masyarakat saat ini, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan toko kelontong dengan jumlah banyak. 

2. Pastikan Toko Memiliki Tampilan yang Lebih Modern 

Tips kedua adalah membuat tampilan serta suasana toko juga jadi lebih modern. Seperti yang kita tahu, bahwa umumnya toko kelontong memiliki konsep tradisional. Namun, di era modern banyak orang lebih menyukai suasana yang trendy, jadi cobalah untuk membuat mereka nyaman saat berbelanja di toko kelontong milikmu. 

Bagi yang ingin mengubah tampilan dan suasana toko menjadi lebih modern, coba ikut beberapa cara ini: 

  • Dahulukan penataan produk agar lebih rapi. Kategorikan produk sesuai jenis, ukuran hingga warnanya agar terkesan estetik. 
  • Tambahkan permainan grafis dengan menerapkan psikologi warna, serta desain grafik yang menarik.
  • Tambahkan penerangan yang cukup terang untuk toko.

3. Tampilkan Produk Terbaru dengan Menarik Setiap Hari

Kamu juga harus menampilkan produk terbaru dengan menarik setiap harinya. Apabila, kamu melihat toko kelontong menjual berbagai kebutuhan pokok secara lengkap tentu akan sangat menarik, bukan? 

Jadi pastikan untuk selalu menyediakan produk-produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Beberapa contoh produk yang menjadi kebutuhan pokok adalah makanan fresh food, alat-alat kebersihan rumah tangga, perlengkapan kantor dan lain-lainnya.

4. Sediakan Alat Transaksi Modern dengan Youtap POS

toko kelontong sukses
gambar: freepik.com

Terakhir, kamu juga harus mulai menyediakan berbagai pilihan pembayaran agar seluruh transaksi dengan pelanggan jadi lebih mudah dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi kasir digital yaitu Youtap POS yang memiliki banyak sekali fitur seperti QRIS dan semua cashless, selain itu ada juga analisa pintar, cetak struk kalkulator, pencatatan riwayat transaksi, hingga lain-lainnya. 

Jadi selain meningkatkan kualitas produk, pastikan juga kamu mulai perbarui sistem operasional toko kelontong agar bisa memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Pasalnya saat ini banyak orang lebih memilih metode pembayaran cashless karena dianggap lebih praktis, cepat dan mudah.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama