Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
January 6, 2023

Mau Coba Mulai Usaha Tanpa Modal? Praktekkan Tips Berikut Yuk!

Hingga saat ini masih banyak orang beranggapan mulai usaha harus punya modal banyak. Namun tidak melulu seperti itu, berikut tips-tips usaha tanpa modal berikut ini.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Tidak semua orang yang ingin mulai usaha memiliki modal cukup, sehingga demi merealisasikan rencana tersebut beberapa individu harus susah payah memutar otak dan menguras tenaga untuk mengumpulkan modal. Memang tidak mudah membangun usaha tanpa modal, tapi ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan seperti berikut. 

Tips Mulai Usaha Tanpa Modal Paling Jitu

1. Mulai Usaha dengan Menggunakan Keahlianmu

usaha tanpa modal
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Tips pertama untuk mulai usaha tanpa modal adalah menggunakan keahlianmu. Daripada mulai sesuatu yang asing atau belum diketahui sama sekali, lebih baik jelajahi bidang yang dimengerti. Pasalnya, dengan keahlian yang dimiliki tentu akan memudahkan menjalani usaha, sehingga tidak bergantung pada orang lain.

2. Hindari Pengeluaran yang Tidak Dibutuhkan 

Tips kedua adalah menghindari pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Pastikan untuk fokus pada tujuan membangun usaha tanpa modal dengan menggunakan cara sederhana seperti membuat kartu nama harga terjangkau. Tidak perlu malu untuk melakukan penghematan saat merintis usaha.

3. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial untuk Mempromosikan Usaha

usaha tanpa modal
Gambar: freepik.com/pikisuperstar

Seperti yang kita ketahui, media sosial saat ini memang banyak digunakan oleh masyarakat untuk membantu mempromosikan usaha. Promosi online akan membantu membuat usahamu terkoneksi dengan banyak media lokal. 

Tak hanya itu saja, dalam kegiatan promosi usaha secara online ini juga dibutuhkan membangun engagement yang baik dengan para konsumen agar terciptanya rasa percaya saat membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Pastikan untuk membangun sebanyak mungkin kerjasama dengan para media lokal untuk memperkenalkan usaha tanpa modal. Cara lain yang juga bisa digunakan yaitu menggunakan bantuan digital advertising dan email blast. Maka, brand yang sedang kamu bangun perlahan dapat dikenal oleh banyak orang secara lebih luas.

Ide Usaha Tanpa Modal yang Bisa Dicoba

1. Reseller atau Dropshipper

usaha tanpa modal
Gambar: freepik.com/benzoix

Ide usaha yang bisa kamu mulai adalah menjadi seorang reseller atau dropshipper. Lebih menariknya lagi, jenis usaha satu ini bisa kamu lakukan secara online di rumah dan tidak menutup kemungkinan juga tanpa modal. 

Ini bisa menjadi langkah tepat ketika kamu akan memulai usaha tanpa modal karena dapat menjual barang atau produk melalui media sosial yang nantinya supplier akan mengirimkan barang tersebut kepada customer. Tapi perlu diperhatikan, bahwa untuk bisa sukses menjalankan usaha, kamu harus tekun dan mampu mengelolanya dengan baik, ya. 

2. Copywriter

Lalu, bila kamu memilih kemampuan menyusun kata yang bersifat persuasif dan enak dibaca untuk sebuah iklan atau promosi, cobalah menjadi seorang copywriter. Jadi, copywriter adalah seseorang yang tugasnya membuat sebuah tulisan dengan tujuan untuk membangun kesadaran calon pembeli terhadap suatu produk. 

Sama halnya seperti reseller atau dropshipper, pekerjaan seorang copywriter juga bisa dilakukan online di rumah. Ini bisa menjadi ide usaha tanpa modal, karena kamu hanya membutuhkan kemampuan menulis yang baik.

3. Freelance Penulis Artikel Website

usaha tanpa modal
Gambar: freepik.com/rawpixel.com

Bila kamu memiliki kemampuan menulis sebuah cerita atau menyampaikan informasi tertentu, cobalah untuk menjadi freelance penulis artikel website. Pasalnya, kini banyak sekali website yang membutuhkan jasa penulisan artikel dengan tarif cukup beragam, mulai dari 30 ribu-50 ribu per artikel.

4. Graphic Designer

Graphic Designer juga menjadi salah satu pilihan usaha tanpa modal. Menariknya, pekerjaan ini juga memiliki rate harga yang cukup mahal per desainnya, dan dapat dilakukan secara online dan dari rumah. 

Seperti yang kita ketahui, kini banyak pelaku usaha ingin mempercantik website, online shop atau media sosial mereka sehingga akan membutuhkan jasa para graphic designer untuk mendesainnya. 

5. Influencer

usaha tanpa modal
Gambar freepik.com

Terakhir menjadi seorang influencer yang akhir-akhir ini banyak dilakukan oleh sebagian besar orang. Bagi yang belum terlalu paham, jadi influencer sendiri adalah seseorang yang memiliki kekuatan dalam memberikan pengaruh ke orang lain mengenai topik pembicaraan atau produk tertentu.

Influencer sendiri sebenarnya sangat beragam, kamu bisa menjadi YouTuber, Blogger, Selebgram, dan lain-lainnya. Agar bisa melakukan pekerjaan ini, kamu hanya membutuhkan modal rasa percaya diri yang besar dan kepandaian dalam berbicara di depan kamera. 

Selain itu, kamu juga harus bisa review secara menarik tentang produk usaha tertentu, agar orang-orang penasaran dan ingin membelinya. 

Jadi, itulah beberapa tips serta ide usaha tanpa modal yang bisa dilakukan. Dalam melakukan pengelolaan usaha bisa berjalan lebih efektif dan efisien, kamu bisa coba mulai menggunakan sistem Youtap POS

Melalui sistem ini, para Bos bisa menerima pencatatan laporan usaha secara otomatis,  pembayaran cashless, dan lain-lainnya. Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa fitur canggih lainnya yang bisa dinikmati untuk membantu kegiatan bisnis sehari-hari, lho.   

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama