January 31, 2022

7 Cara Paling Jitu Membangun Tim Kerja yang Solid

Membentuk tim kerja yang solid tentu tidak mudah. Lalu, agar bisa mencapai hal tersebut berikut ini beberapa cara paling jitu untuk membangun tim kerja yang solid.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Ketika bekerja di perusahaan, pasti kamu memiliki rekan atau tim kerja. Meskipun memiliki tugas atau tanggung  jawab kerja masing-masing, tim kerja sangat dibutuhkan untuk membantu dan mendukung target perusahaan.

Namun, untuk membentuk tim kerja yang solid tentu tidaklah mudah. Agar kamu bisa mencapai hal tersebut berikut ini beberapa cara paling efektif membangun tim kerja yang solid. 

Cara Jitu Membangun Tim Kerja yang Solid

tim kerja yang solid
Gambar: freepik.com/senivpetro

1. Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar bisa membangun rekan kerja yang efektif serta solid adalah menyamakan visi dan tujuan. Tak hanya anggota tim saja, tetapi juga perlu menyamakan visi dan tujuan bersama dengan  pimpinan. 

2. Membangun Rasa Kepercayaan di Dalam Tim

Rasa percaya menjadi salah satu kunci dari sebuah tim kerja yang efektif dan solid. Apabila antar anggotanya tidak saling percaya, hal itu akan rentan menimbulkan konflik. Tentu saja, dampaknya akan bisa mengarah ke masalah pribadi. 

Perlu kamu pahami bahwa adanya rasa saling percaya di dalam tim kerja, maka setiap orang bisa menerima dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. 

3. Bangun Komunikasi yang Baik di Dalam Tim 

Bangunlah komunikasi yang baik antar rekan dalam tim sehingga semua tugas bisa berjalan dengan lancar. Memiliki komunikasi yang baik tentu akan membentuk budaya positif kerja seperti memecahkan masalah atau kendala secara bersama sehingga mencapai keputusan bersama. Apalagi didukung dengan adanya teknologi, aplikasi chat memungkinkan kamu dan rekan kerja lainnya tetap bisa berinteraksi secara lebih cepat dan efektif.

4. Mengadakan Kegiatan Tim Kerja Secara Rutin  

tim kerja yang solid
Gambar: freepik.com/tirachardz

Dengan mengadakan kegiatan tim kerja secara rutin, ini dapat mempererat kedekatan atau chemistry antar rekan. Kamu bisa lebih memahami karakter dari tim sehingga ketika sedang melakukan diskusi pekerjaan bisa lebih mudah menemukan titik temunya. Kegiatan tim kerja tidak perlu yang mewah, namun bisa seperti makan atau olahraga bersama. 

5. Memahami Peran dan Tanggung Jawab Masing-Masing di Dalam Tim

Selain solid, kamu juga harus pastikan memiliki tim kerja yang efektif. Agar bisa mencapai hal tersebut sebaiknya pahami bahwa masing-masing anggota atau rekan kerja memiliki tanggung jawab yang sama. Sangat dibutuhkan pembagian kerja yang sesuai dengan kemampuan dan peran setiap rekan kerja. Tujuannya agar individu mampu lebih fokus dalam mengerjakan tugasnya masing-masing.

6. Menghormati dan Menghargai Antar Rekan Kerja

Dalam satu tim pasti terdapat beragam karakter dan ide yang ada, oleh karena itu sangat dibutuhkan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan. Hal ini dapat membentuk visi dan misi yang sama menjadi lebih mudah.

7. Melakukan Evaluasi

Terakhir yaitu melakukan evaluasi tim kerja. Melalui cara ini kamu dan tim menjadi lebih memahami mana yang tidak berjalan sesuai rencana dan perlu perubahan. 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Memilih Tim Kerja 

Tim kerja yang solid
Gambar: freepik.com/senivpetro

1. Memilih Tim Kerja yang Tidak Cepat Tanggap 

Sangat disayangkan memiliki tim kerja yang membutuhkan waktu lama untuk memahami setiap masalah. Jika tidak memiliki tim kerja yang cepat tanggap, kamu akan kehabisan banyak waktu, tenaga dan pikiran. Hal itu pun akan berdampak pada pekerjaan yang menyebabkan tempo kerja lambat atau membuat perusahaan lambat dalam berkembang.

2. Tim Kerja Tidak Kooperatif

Memiliki tim yang tidak kooperatif adalah hal yang sangat menghambat perkembangan bisnis. Sifat kooperatif ini sangat dibutuhkan untuk mendukung kemajuan perusahaan atau saat kondisi urgent. Pastikan juga bahwa tim kerja yang efektif dan solid berarti mau mendengarkan orang lain berbicara dalam menyampaikan pendapat. 

Itulah beberapa cara jitu membangun tim kerja yang solid dan efektif. Namun sebelum itu, pastikan juga bahwa kamu menghindari beberapa kesalahan di atas apabila ingin membangun tim kerja yang efektif. 

Selain memiliki tim kerja yang solid, dalam pengelolaan sebuah usaha atau bisnis tentu dibutuhkan teknologi canggih seperti penggunaan aplikasi Youtap. Selain itu, kamu juga bisa Mulai Usaha apapun dengan Youtap yang memiliki berbagai solusi terlengkap dan terpercaya.

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama