Youtap BOS
Platform B2B Marketplace sebagai solusi belanja grosir online terlengkap, termurah, dan tercepat untuk kebutuhan usahamu
Solusi untuk BOS UMKM
Buka Youtap BOS
Alisa Youtap
Typically replies in a few hours
Alisa Youtap
Halo! Ada yang bisa Alisa bantu?
Start Whatsapp Chat
April 22, 2024

Tantangan Bisnis Pasca Lebaran yang Harus Diantisipasi

Sebagai langkah antisipasi agar penjualan tidak menurun secara drastis, maka pelajari beberapa tantangan bisnis pasca lebaran berikut.

POST EVENT 7.7 MOBILE
Isi Artikel

Setiap tahun, suasana Idul Fitri di Indonesia memang menjadi momen paling ditunggu oleh seluruh umat muslim. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa balik rasa bahagia tersebut, ada sebagian kelompok pelaku bisnis yang justru mengalami tantangan serius pasca Idul Fitri. Apalagi bagi mereka yang menjadi pedagang musiman, tentu saja penurunan penjualan akan lebih signifikan karena permintaan pasar yang telah berhenti bila momennya berakhir. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tantangan bisnis pasca lebaran yang berpotensi akan dihadapi. 

Tantangan Bisnis Pasca Lebaran

tantangan bisnis pasca lebaran
gambar: freepik.com/

Pasca lebaran biasanya permintaan akan produk atau layanan tertentu akan menurun drastis secara alami. Seperti yang kita tahu apabila permintaan pasar menurun, maka akan berdampak juga pada pendapatan bisnis secara keseluruhan. Agar bisa mengantisipasi terjadinya penurunan pendapatan bisnis, maka kamu harus mulai waspada pada beberapa tantangan berikut: 

1. Persaingan Bisnis yang Semakin Ketat

Tantangan bisnis yang perlu diwaspadai pasca lebaran adalah persaingan antar pedagang akan semakin ketat. Biasanya, akan banyak sekali pelaku bisnis yang mulai menerapkan berbagai macam strategi marketing untuk bisa menarik konsumen dengan harga terjangkau dan promosi besar-besaran. Hal ini pun akan membuat para pelaku bisnis harus lebih kreatif dan inovatif dalam menjaga daya tarik produk atau layanan. 

2. Resiko Kehilangan Modal Bisnis

Tantangan kedua yang akan dialami oleh bisnis pasca lebaran adalah berisiko kehilangan modal. Umumnya, para pelaku bisnis melakukan investasi modal dalam jumlah besar untuk mempersiapkan barang dagangan mereka menjelang Idul Fitri. Namun, risiko tersebut berpotensi hilang begitu saja atau rugi apabila barang-barang tidak laku terjual pasca lebaran, sehingga mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan.

3. Ketidakpastian Kondisi Ekonomi

Tantangan kedua bisa terjadi karena adanya faktor eksternal seperti fluktuasi ekonomi dan inflasi. Selain itu, juga bisa disebabkan karena dampak pandemi yang juga memberikan tekanan tambahan pada keuangan perusahaan. 

4. Perubahan Permintaan Konsumen Pasca Lebaran

Ketika dihadapkan pada situasi ekonomi yang tidak pasti, maka permintaan konsumen di pasar pun juga bisa berubah-ubah menyesuaikan kondisi keuangan masing-masing orang. Selain itu, setelah lebaran biasanya konsumen juga mulai kembali fokus pada kegiatan sehari-hari, sehingga permintaan khusus selama bulan Ramadan terhadap barang-barang tertentu seperti parsel, baju baru, atau hiasan rumah juga akan menurun secara drastis.Oleh karena itu, ada baiknya para pelaku bisnis mulai merencanakan strategi pemasaran bisnis yang efektif agar bisa relevan di mata konsumen pasca lebaran. 

Walaupun momen pasca lebaran seringkali diwarnai dengan berbagai tantangan bisnis yang penjualannya menurun drastis, tapi perlu diketahui bahwa ada juga peluang yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, nih

Salah satu peluang bisnisnya adalah potensi pasar untuk produk-produk yang berhubungan dengan kebutuhan pasca lebaran akan kembali meningkat. Contohnya seperti perlengkapan sekolah atau rumah tangga untuk kebutuhan sehari-hari. Apabila kamu mampu mengidentifikasi dan menyesuaikan dengan perubahan tren pasar pasca lebaran maka berpotensi penjualan tetap stabil, lho. Kamu juga bisa pelajari strategi agar bisnis tetap stabil pasca lebaran di sini

BACA JUGA: Tips Atur Keuangan Bisnis Setelah Lebaran

Apa Saja Peluang Bisnis Pasca Lebaran?

tantangan bisnis pasca lebaran
gambar: freepik.com/

Berikut beberapa peluang bisnis pasca lebaran yang bisa kamu pertimbangkan agar penjualan bisnis tetap stabil: 

1. Diversifikasi Produk

Diversifikasi produk adalah salah satu cara untuk menyediakan produk-produk beraneka ragam, tidak hanya untuk perayaan lebaran saja, tapi juga kebutuhan sehari-hari seperti bahan pokok atau barang-barang yang memang sedang tren. Dengan begitu, masyarakat tentu akan tetap membeli produkmu karena memang sesuai dengan kebutuhan mereka. 

2. Memaksimalkan Penggunaan Teknologi

Kemudian, kamu juga bisa mulai memaksimalkan penggunaan teknologi dengan meningkatkan visibilitas produk secara online di berbagai media sosial. Hal ini tentu memudahkan konsumen menjangkau bisnis milikmu sehingga penjualan baik offline maupun online tetap berjalan. 

3. Lakukan Kerjasama Antar Pelaku Bisnis 

Terakhir, lakukan kerjasama antar pelaku bisnis. Ini juga bisa jadi peluang bisnis karena dapat berkolaborasi dalam melakukan pemasaran produk atau promo. Apabila kolaborasi terjadi maka juga berpotensi meningkatkan daya saing secara kolektif dan memperluas jangkauan pasar. 

Itulah beberapa tantangan bisnis pasca lebaran yang harus diantisipasi. Pastikan kamu mulai merencanakan strategi promosi apa yang perlu dilakukan agar penjualan bisnis tetap stabil setelah lebaran. Lalu, apabila kamu ingin menyediakan produk-produk bisnis yang lebih beraneka ragam, maka bisa lakukan belanja stok barang di Youtap BOS. Berbagai produk untuk penuhi kebutuhan usahamu lengkap tersedia dari supplier terbaik, selain itu jangan lupa gunakan sistem digital Aplikasi Kasir Youtap POS ya. 

Melalui Youtap POS kamu akan lebih mudah mengelola bisnis karena seluruh pencatatan transaksi akan dilakukan otomatis menggunakan sistem dan real time. Tidak hanya itu, tapi juga dapat membantu melakukan analisa penjualan, pembuatan laporan keuangan dan lain-lainnya. 

AriantiK

Penulis profesional sejak tahun 2019 dengan spesialisasi penulisan terkait bisnis, UMKM, lifestyle, dan topik lainnya.

Komentar Kamu

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Responses
--
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Name
2 days ago

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Suspendisse varius enim in eros elementum tristique. Duis cursus, mi quis viverra.

ReplyDelete
Silahkan isi form untuk mendownload e-book!
Link download akan muncul otomatis setelah mengisi data.
Terima kasih! Silahkan download e-book berikut.
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Postingan Terkait

Kembali ke Halaman Utama